Back

Tips menggunakan scoreboard untuk mencapai tujuan dengan efektif

Tujuan ataupun visi yang ingin Anda capai hanya bisa didapatkan ketika Anda disiplin dalam berusaha mencapainya. Disiplin yang dimaksud adalah discipline for accountability atau bisa disebut juga sebagai disiplin dengan penuh rasa tanggung jawab. Dalam peran kepemimpinan, akuntabilitas bisa berupa pengetahuan dan pertanggungjawaban terhadap tiap tindakan, produk, keputusan & kebijakan, serta pelaksanaan proses dalam lingkup peran kerja.

Dapat dikatakan, pemimpin dalam peran discipline for accountability memiliki kewajiban untuk melaporkan, menjelaskan setiap konsekuensi dari hasil yang ada. discipline for accountability dapat Anda lakukan dengan melakukan meeting pada awal dan akhir bekerja setiap hari, membuat laporan harian secara rutin untuk mengevaluasi kinerja dan membuat perbaikan keesokan harinya, serta menggunakan scoreboard dalam menjalankan discipline for accountability.

Pentingnya Scoreboard

Bayangkan Anda seorang pemain sepak bola yang sedang berada dalam pertandingan bola. Pada pertandingan pertama tidak terdapat papan skor dan setiap gol yang dilakukan tidak dihitung. Sedangkan pada pertandingan kedua, terdapat papan skor dan ketika Anda berhasil memenangkan pertandingan, maka Anda dapat memenangkan hadiah jalan-jalan ke Eropa. Pertandingan manakah yang akan memotivasi Anda untuk bermain dan mengerahkan seluruh tenaga Anda? Tentunya Anda akan memilih pertandingan kedua.

Seperti itu juga fungsi papan skor atau scoreboard di tempat kerja. Ketika Anda mampu merancang scoreboard yang menarik, maka setiap anggota tim Anda akan termotivasi untuk meningkatkan kinerja mereka.

Paradigma baru mengatakan, bahwa Anda hanya baru serius untuk mencapai tujuan ketika Anda membuat scoreboard untuk mengukur kinerja Anda dalam mencapainya. Tidak hanya itu, dengan membuat scoreboard,Anda dapat mempermudah untuk mensosialisasikan tujuan maupun visi kepada orang lain.

Ketika Anda mensosialisasikan sebuah tujuan, hanya akan ada 50% orang yang mendengarkan Anda. Kemudian, hanya 50% dari 50% tadi yang memahami apa maksud dari tujuan yang Anda sampaikan tersebut. Tidak sampai disitu, hanya 50% dari yang paham tadi yang akan mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Dan, hanya 50% dari yang mengerjakan tugas akan mampu mencapai target.

Jadi, apabila terdapat 15 orang bawahan, maka hanya akan ada 8 orang yang mendengar, 4 orang yang mengerti, 2 orang yang mengerjakan dan mungkin hanya akan ada 1 orang saja yang berhasil mencapai target. Maka dari itu, Anda membutuhkan scoreboard untuk tetap menjaga orang-orang Anda sadar akan goals dan pencapaian kerja mereka

Untuk bisa memiliki tim yang hebat dan mampu terus melakukan kinerja yang maksimal, maka tim tersebut harus mengetahui di mana posisi mereka saat ini, apakah dalam posisi yang menguntungkan atau tidak. Karena dengan begitu, tim akan mengetahui apa yang perlu dilakukan agar dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Scoreboard berfungsi untuk menunjukkan posisi tim saat ini. Scoreboard yang baik dapat memberitahu kondisi hanya dengan membacanya dalam waktu singkat. Berikut adalah kriteria dari merancang scoreboard yang efektif.

  1. Pastikan scoreboard mampu memotivasi yang membacanya. Sebuah scoreboard yang baik dapat menunjukkan posisi sekarang dan posisi ideal yang diinginkan.
  2. Scoreboard harus simple, dimana pembaca dapat memahami kondisi yang sedang dihadapi hanya dalam waktu 5 menit saja.
  3. Scoreboard harus dapat selalu di update, pastikan bahwa Anda merancang scoreboard yang dapat diperbarui dengan mudah
  4. Scoreboard juga harus memperlihatkan lead dan lag measure
  5. Scoreboard harus mudah diakses, dimana seluruh anggota tim dapat melihat dengan mudah scoreboard sesering yang mereka inginkan.

Untuk memastikan scoreboard terpakai dengan efektif, maka Anda perlu melakukan dua hal berikut secara konsisten, yaitu. Pertama, Anda perlu membuat scoreboard tersebut dengan menarik dan mampu memotivasi semua anggota tim untuk mencapainya. Kedua, Anda perlu melakukan update pada scoreboard secara teratur. Hanya merancang scoreboard dan memajangnya tanpa melakukan update secara berkala hanya merupakan tindakan yang sia-sia saja.

Dengan adanya scoreboard, Anda mungkin tidak perlu secara langsung menegur bawahan yang masih jauh dari target. Karena mereka dapat melihat posisi mereka dan menggugah mereka menyentuh sisi kekhawatiran karena tertinggal dari rekan kerjanya yang lain.

Itulah mengapa membuat scoreboard itu penting dan seperti apa isi dari scoreboard yang efektif. Ketika Anda menerapkan dan membuat scoreboard untuk pekerjaan Anda, maka Anda dapat meningkatkan kinerja tim sehingga bisa mencapai tujuan dengan lebih baik.