Back

3 Cara Membangun Budaya Perusahaan Agar OKR Bisa Berkembang

OKR bukanlah sebuah alat yang bisa menaklukan segalanya. OKR tidak akan dapat menggantikan keputusan yang bijaksana, kepemimpinan yang kuat, atau budaya perusahaan yang kreatif. Untuk bisa membudayakan OKR, anda memerlukan budaya perusahaan yang kuat, terbuka, serta kreatif. Berikut adalah cara membangun budaya perusahaan dimana OKR bisa berkembang:

1. Menyelaraskan pemikiran menuju tujuan dan inovasi

OKR berfungsi sebagai pelacak tujuan apa yang penting untuk diperhatikan, serta membantu anda mencapai tujuan perusahaan. OKR juga akan menciptakan maksud, penyelarasan, serta fokus dalam mencapai tujuan yang mendorong perusahaan untuk bisa mencapai hal-hal yang jauh lebih tinggi lagi. Diskusi dan pembahasan mengenai OKR harus membahas mengenai hal-hal yang memang anda inginkan dan pedulikan.

2. Mengatasi rasa takut akan kegagalan.

Salah satu manfaat dari OKR adalah membantu perusahaan mencapai tujuan yang paling agresif sekalipun. Tentu untuk bisa maju dan mencapai tujuan yang sulit anda perlu menerima kemungkinan terjadinya kegagalan. Ketika anda takut dengan kegagalan, maka anda tidak akan berani untuk bergerak maju. Anda maupun karyawan akan dengan sengaja menetapkan tujuan yang bernilai rendah untuk memastikan tercapainya keberhasilan yang fana. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang bisa membuat karyawan merasa nyaman dalam mengambil risiko dan berani jujur ketika mereka gagal. Hal ini dapat dilakukan dengan memisahkan OKR dengan review kinerja individu dan kompensasi.

3. Luangkan waktu untuk percakapan yang berarti

OKR perlu disandingkan dengan sistem CFR yang berkala. Dengan adanya CFR dapat mendorong percakapan jujur dan teratur antara karyawan serta pemimpin. Percakapan harus tetap berfokus pada kemajuan serta peningkatan apa saja yang perlu dilakukan di masa mendatang. CFR juga dapat membantu untuk tidak melewatkan segala bentuk keberhasilan tidak peduli apapun ukurannya. Tetapkan metode CFR seperti apa yang paling tepat untuk digunakan dalam perusahaan anda.

Secara idealnya, CFR dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dalam menyuarakan gagasan mereka. CFR dibutuhkan untuk menghindari terjadinya percakapan yang hanya terbatasi dan seputar mengenai apakah anda mencapai tujuan atau tidak. OKR memerlukan manajemen kinerja yang berkala untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kritikal. Dengan menggunakan CFR, ketika individu atau tim terjebak dalam sesuatu yang sulit, maka akan dengan mudah diidentifikasi dan ditangani. Begitu juga ketika OKR tidak memotivasi, maka dengan cepat dan mudah dapat diperbaiki dan menetapkan OKR yang jauh lebih memotivasi.

Itulah 3 cara yang dapat anda lakukan untuk membangun budaya yang tepat agar OKR dapat berkembang dengan baik.

 

citation
Doerr, J. (2018). Measure what matters. New York: Portfolio/Penguin