Back

5 Cara Menetapkan Urutan Poin Utama dalam Materi Presentasi

Pernahkah Anda merasa kesulitan saat menyusun materi sebuah presentasi? Atau malah membuatnya asal jadi? Jika iya, maka Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai.

Presentasi memang memakan waktu singkat namun perlu disiapkan dengan matang terutama dalam menyusun materi presentasi.  Garr Reynolds dalam bukunya berjudul Presentation Zen menjelaskan bahwa sehebat apapun penampilan Anda saat presentasi, seberapa menariknya desain powerpoint Anda, presentasi tidak akan berhasil jika tidak dibuat berdasarkan pesan yang solid.

Keberhasilan presentasi dihitung dari apakah pesan yang Anda sampaikan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan audience, apakah audience dapat menangkap pesan yang Anda maksud, dan apakah presentasi Anda sudah memiliki struktur yang tepat.

 

Pentingnya menentukan poin utama dalam slide presentasi

Tahukah Anda penelitian menunjukkan bahwa audience menyimpan informasi terstruktur 40% lebih akurat daripada informasi yang tidak terstruktur.

Sekarang coba Anda ingat-ingat beberapa presentasi hebat yang telah Anda lihat. Jika Anda merasa terinspirasi dengan topik yang dibahas, faktor utamanya bukan terletak pada pembicaranya yang hebat tetapi karena si pembicara tahu betul bagaimana menyusun poin utama dan pesan secara sederhana dan logis sehingga dapat ditangkap dengan mudah oleh audience.

Memiliki poin utama yang terstruktur rapi dalam slide presentasi juga dapat membantu Anda lebih rileks, tetap fokus pada topik, dan menghindari keheningan yang membuat canggung.

Berikut ini 5 cara yang dapat Anda lakukan dalam menetapkan urutan dari penyampaian poin utama yang efektif.

  1. Susun urutan masalah hingga solusi

Dalam menyusun urutan masalah ke solusi, Anda dapat menjelaskan masalah yang dihadapi terlebih dahulu, kemudian menyampaikan rekomendasi solusi sambil menekankan bagaimana solusi tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah.

  1. Membuat kronologis

Menjelaskan presentasi berdasarkan kronologis kejadian dari hal yang ingin dipresentasikan. Jika Anda menyajikan data pada presentasi yang memiliki penjelasan tahun dan tanggal, sebaiknya disusun berdasarkan kronologis kejadian, dimulai dari tanggal paling lama hingga tanggal paling baru.

  1. Menyusun informasi dari general ke spesifik

Susunlah alur informasi dari yang sifatnya general ke informasi utama yang dijelaskan dengan detail. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memulainya dengan membahas tentang suatu gagasan utama, yang kemudian bergerak menjelaskan lebih detail mengapa gagasan tersebut dapat berjalan dengan baik.

  1. Menyusun informasi sesuai skala kepentingan

Setiap informasi, atau topik yang Anda berikan akan menjadi latar belakang dari topik yang akan muncul selanjutnya. Tingkatkan kepentingan dari setiap topik secara bertahap sampai akhirnya mencapai kesimpulan yang paling penting.

  1. Menyusun topik dengan alur yang logis

Ketika Anda perlu menyampaikan informasi dari topik yang beragam, Anda dapat menyusunnya dalam urutan tertentu agar urutan pembahasan dapat masuk akal dan mudah dipahami.

Nah, itu dia 5 cara untuk menentukan urutan poin utama agar terlihat lebih terstruktur saat membuat materi presentasi. Pastikan Anda memilih cara terbaik yang sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan saat presentasi.

 

Sumber:

  1. https://www.instagram.com/p/CRxOx4Klb-Y/
  2. https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2021/07/19/pesan-presentasi-yang-sistematis-7-langkah-menyusun-pesan-presentasi-yang-memukau-bagi-audiens-anda/
  3. https://virtualspeech.com/blog/how-to-structure-your-presentation