Back

Teknik Komunikasi sesuai Tipe Kepribadian DISC

Salah satu teknik komunikasi yang paling efektif adalah dengan memahami kepribadian Anda sendiri maupun lawan bicara. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menentukan cara berkomunikasi yang paling tepat bagi kedua belah pihak. Sehingga, pesan pun dapat tersampaikan dengan baik dan lancar.

Apa Itu Teknik Komunikasi?

Teknik bisa dibilang sebagai cara, pengetahuan, dan kepandaian untuk membuat sesuatu. Sedangkan komunikasi, yaitu memberi dan menerima pesan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Jadi, bisa disimpulkan bahwa teknik komunikasi adalah cara, pengetahuan, dan kepandaian yang dimiliki seseorang untuk memberi dan menerima pesan.

Anda perlu mempelajari berbagai teknik komunikasi agar dapat berkomunikasi secara baik dan efektif dengan orang lain. Salah satu tekniknya adalah dengan memahami kepribadian yang Anda miliki maupun lawan bicara Anda.

Hubungan Kepribadian dan Komunikasi

Kepribadian merupakan sifat alamiah manusia yang dapat membentuk emosi, perilaku dan persepsi seseorang terhadap lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, kepribadian dapat memengaruhi cara atau gaya seseorang dalam melakukan komunikasi dengan orang lain.

Apa Itu DISC?

William Moulton Marston, seorang Psikolog Fisiologis dalam bukunya yang berjudul “Emotions of Normal Peope” menjelaskan bagaimana emosi dapat menentukan perilaku manusia terhadap lingkungan sekitarnya.  Marston membagi perilaku emosi ini ke dalam empat tipe kepribadian manusia yang disingkat menjadi DISC. 

DISC merupakan kepanjangan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Menurut penelitian, masing-masing orang umumnya memiliki dua tipe dari empat tipe di atas yang lebih menonjol.

Dua Dimensi Gaya Kepribadian DISC

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa setiap manusia memiliki dua tipe kepribadian “DISC”.  Dua tipe ini memiliki kecenderungan terhadap dua dimensi gaya kepribadian. Gaya yang pertama ini menyangkut gaya berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Gaya yang kedua menyangkut orientasi seseorang berdasarkan derajat prioritasnya.

Gaya berkomunikasi seseorang dikelompokkan ke dalam dua tipe, yaitu ekstrovert dan introvert. Sedangkan orientasi derajat prioritas membagi manusia ke dalam dua tipe, yaitu manusia yang berorientasi pada tugas dan manusia yang berorientasi pada manusia.

4 Tipe Kepribadian DISC

Dari kedua dimensi ini, maka tercipta empat tipe kepribadian yang disebut dengan DISC. Sekarang, mari bahas satu persatu keempat tipe tersebut.

  1. Dominant

Orang dengan tipe kepribadian dominant adalah orang yang ekstrovert dan mudah bergaul. Ia biasanya cenderung mengutarakan sesuatu secara langsung tanpa basa basi. Orang ini akan merasa antusias saat menemukan sesuatu hal yang baru, sehingga menyukai lingkungan yang interaktif. Selain itu, tipe dominant memiliki pengaruh yang kuat untuk menentukan sesuatu.

Tipe kepribadian ini cenderung berorientasi pada tugas dan pekerjaan, sehingga terlihat gigih dan tekun. Hebatnya lagi, orang ini memiliki problem solving yang kuat, berani mengambil risiko, dan mandiri.

Jika berbicara mengenai kekurangan dari tipe kepribadian dominant, maka orang ini termasuk keras kepala, memiliki ego yang tinggi, tempramental, dan tidak sensitif, sehingga dapat berbicara tanpa memikirkan perasaan orang lain.

 

  1. Influence

Secara garis besar, tipe kepribadian ini adalah kombinasi dari gaya komunikasi ekstrovert dan berorientasi pada manusia. Maka dari itu, orang dengan kepribadian influence terkenal ramah dan hangat, sehingga mudah bergaul dengan orang lain bahkan dengan orang yang baru ia kenal.

Kemampuan bicara yang di atas rata-rata membuat seorang influence mampu memengaruhi orang lain, sehingga opininya mudah didengar dan diterima. Selain itu, ia memiliki sikap yang optimis dan penuh percaya diri. Sehingga, ia memiliki daya kreativitas dan imajinasi yang tinggi, serta hebat dalam bernegosiasi maupun menengahi konflik.

Jika dalam dunia kerja, sang influence akan sangat termotivasi jika ada yang memujinya. Ia pun menyukai lingkungan yang ramah dan fleksibel dalam penerapan aturan atau regulasi.

Akan tetapi, kekurangan tipe kepribadian cenderung tidak disiplin dalam deadline dan ceroboh. Sering bersikap berlebihan dan tidak suka mendengarkan hal-hal negatif apalagi tentang dirinya sendiri.

 

  1. Steadiness

Tipe kepribadian steadiness adalah kombinasi antara gaya komunikasi introvert dan berorientasi pada manusia. Alhasil, orang dengan tipe kepribadian ini menyukai situasi yang tenang, lebih suka menyendiri, dan reflektif terhadap apa yang ia lakukan.

Sifatnya yang berorientasi pada manusia, membuat orang ini cenderung mementingkan orang lain dibandingkan dengan dirinya sendiri. Selain itu, ia memiliki kemampuan mendengarkan yang baik, maka tak heran jika banyak orang yang senang untuk bercerita kepadanya.

Dalam dunia profesional, steadiness adalah orang yang setia, tekun, patuh, teliti, teratur, efisien, dan dapat diandalkan. Akan tetapi, kekurangan yang dimilikinya, yaitu terlalu senang berada di zona nyaman dan sering menolak perubahan yang terjadi. Butuh waktu lama untuk beradaptasi dan lambat dalam mengambil keputusan. Ia pun cenderung memilih jalan damai saat berada dalam permasalahan.

 

  1. Compliance

Tipe kepribadian compliance adalah orang yang tidak banyak bicara, tenang, senang menyendiri, dan reflektif terhadap apa yang ia lakukan. Orang ini sangat akurat, kritis, dan berpikir analitis, sehingga sangat cermat dan teliti.

Compliance cenderung berorientasi pada tugas atau pekerjaannya. Segala hal harus berdasarkan fakta dan sistematis, sehingga ia memiliki standar yang tinggi tentang suatu pekerjaan. Ia senang mengumpulkan data, mengkritik, dan menguji kebenaran atas informasi yang ia dapatkan.

Jika berbicara tentang kekurangannya, tipe kepribadian compliance ini sangat kaku dan berpegang teguh pada prosedur yang berlaku. Sehingga, butuh waktu lama dalam mengambil keputusan. Ia juga terkesan rumit di mata orang lain.

Teknik Komunikasi sesuai Tipe Kepribadian DISC

Sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi yang efektif sesuai dengan tipe kepribadian DISC. Ini akan berguna bagi Anda untuk menentukan cara berkomunikasi yang paling tepat agar komunikasi berjalan dengan lancar serta pesan dapat disampaikan atau diterima dengan baik.

  1. Teknik Komunikasi dengan Tipe Kepribadian Dominant

Hal yang perlu Anda lakukan saat berkomunikasi dengan tipe kepribadian dominant, yaitu:

  • Bicara langsung ke intinya
  • Bertindak cepat dalam memberikan jawaban
  • Batasi bersosialisasi agar tidak timbul konflik
  • Jangan fokus pada hal yang negatif
  • Meminta keputusan mereka
  • Berikan alternatif agar dominant dapat membuat keputusannya sendiri
  • Jika Anda tidak sepakat dengan sang dominant, fokuslah pada fakta bukan kepribadiannya

 

  1. Teknik Komunikasi dengan Tipe Kepribadian Influence
  • Pertahankan suasana yang positif
  • Bantu mereka untuk mencapai popularitas atau pengakuan
  • Biarkan ia untuk berekspresi
  • Luangkan waktu untuk mengobrol dengannya
  • Anda harus lebih ekspresif dan terlihat antusias saat berbicara dengannya
  • Fokus pada gambaran besar
  • Fokus pada aspek manusia

 

  1. Teknik Komunikasi dengan Tipe Kepribadian Steadiness
  • Lakukan sesuatu dalam urutan yang logis saat berbicara dengan steadiness
  • Lakukan komunikasi dalam kecepatan yang lebih lambat
  • Ajukan pertanyaan yang spesifik untuk menemukan apa yang orang steadiness butuhkan
  • Beri waktu kepada mereka untuk berefleksi
  • Ajukan pertanyaan yang spesifik dan jangan menginterupsinya
  • Jangan memaksa mereka untuk membuat tanggapan atau keputusan dengan cepat

 

  1. Teknik Komunikasi dengan Tipe Kepribadian Compliance
  • Bicara dengan tenang dan hati-hati
  • Sertakan semua informasi yang bisa Anda temukan
  • Bicara lebih lambat dari biasanya
  • Dengarkan compliance dengan saksama
  • Jangan ajak compliance berdiskusi dalam kelompok yang besar
  • Hindari bersikap informal. Jadilah tegas dan profesional
  • Jika Anda tidak setuju dengannya, maka buktikan dengan data, fakta ataupun testimoni dari sumber yang terpercaya

Saat Anda mampu mengenali dan memahami DISC, maka Anda pun akan mudah menerapkan teknik komunikasi yang sesuai dengan tipe kepribadian orang lain. Silakan untuk menerapkannya.