Back

Mindfulness Solusi Meningkatkan Fokus Anda

Apakah Anda kerap merasa khawatir dengan apa yang terjadi di masa depan? Meskipun penting tetapi fokus memikirkan masa depan dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus tentang masa kini. Perlu Anda sadari bahwa waktu bisa mengubah banyak hal sehingga berpikir terlalu jauh ke depan mungkin hanya akan membuang-buang waktu Anda.

Mereka yang terlalu terpaku pada perencanaan jangka panjang seringkali kehilangan fokus tentang hari ini dan gagal untuk menyelesaikan apa yang seharusnya dikerjakan. Padahal penting bagi Anda untuk menikmati hidup sekarang, saat ini dan di sini. Cara terbaik untuk mempersiapkan masa depan adalah dengan hidup di masa sekarang.

Bagaimana fokus pada hari ini bisa meningkatkan kualitas hidup Anda? Berikut adalah fakta dan cara untuk fokus pada hari ini:

1. Berhenti Mencemaskan

Memikirkan masa depan terlalu intens dapat membuat Anda merasa cemas. Jika dalam kadar yang wajar, ini bisa menjadi motivasi Anda tetapi jika berlebihan akan menyebabkan gangguan psikologis. Sebaiknya Anda mulai kurangi fokus pada apa yang ada dalam pikiran Anda, kurangi waktu untuk mendengar suara-suara negatif yang muncul di benak Anda dan mulailah fokus dengan kegiatan Anda hari ini. Dengan fokus untuk saat ini, Anda akan lebih siap saat menghadapi kejadian tidak mengenakkandan membuatnya jadi tidak terlalu mengancam.

2. Untuk menghindari kekhawatiran tentang masa depan, fokuslah pada saat ini

Rasa khawatir muncul karena Anda memikirkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Padahal belum tentu apa yang Anda khawatirkan akan menjadi kenyataan. Saat rasa itu datang, maka sejatinya pikiran Anda akan terbelah dan bisa jadi Anda kehilangan momen akan saat ini. Padahal jika Anda fokus dengan kegiatan Anda hari ini, maka waktu untuk melamun akan berkurang. Otomatis kekhawatiran Anda terhadap masa depan juga akan menghilang.

3. Penerimaan akan rasa sakit yang Anda rasakan

Kecenderungan alami pikiran saat menghadapi rasa sakit adalah berusaha menghindarinya dengan mencoba menahan pikiran, perasaan, dan sensasi yang tidak menyenangkan. Tetapi dalam banyak kasus, perasaan dan situasi negatif tidak dapat dihindari karena melawannya hanya akan memperbesar rasa sakit. Solusinya adalah penerimaan dan membiarkan emosi Anda berada di sana. Artinya, terbuka pada keadaan setiap saat tanpa mencoba memanipulasi atau mengubah pengalaman, tanpa menghakimi, atau mendorongnya menjauh. Mencoba mengubahnya hanya akan membuat Anda frustrasi dan lelah. Penerimaan membebaskan Anda dari penderitaan ekstra yang tidak perlu ini.

4. Ketahuilah bahwa Anda tidak tahu.

Sebagai manusia, sangat wajar jika Anda berada dalam momen autopilot. Anda melakukan sesuatu dalam kondisi pikiran yang tersesat sehingga tidak menyadari pengalaman Anda saat ini. Akibatnya, hidup berlalu begitu saja. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah mengembangkan kebiasaan untuk selalu memperhatikan hal-hal baru dalam situasi apa pun yang Anda hadapi. Memperhatikan hal-hal baru menempatkan Anda dengan tegas di sini dan saat ini.

Sebagai manusia wajar jika Anda sulit untuk menekan kecemasan dan kekhawatiran yang muncul dalam pikiran Anda terutama jika menyangkut masa depan. Mengkhawatirkan masa depan akan membuat pikiran Anda mengembara dan bisa berakibat Anda melupakan apa yang harus dikerjakan saat ini. Apalagi ada banyak pikiran yang mungkin saja muncul bersamaan dan harus Anda singkirkan agar konsentrasi Anda kembali datang.

Untuk memilih dan menyingkirkan pikiran yang tidak perlu, Anda dapat mencoba latihan gelembung pikiran di bawah ini:

1. Bayangkan gelembung-gelembung besar sedang melayang di langit. Pertahankan gambar ini selama satu menit.

2. Bayangkan bahwa setiap pikiran yang Anda miliki bisa melayang di salah satu gelembung itu.

3. Biarkan pikiran Anda mengembara. Setiap kali sebuah pikiran muncul di kepala Anda, bayangkan itu hanyut dalam gelembung. Terus lakukan ini selama beberapa menit. Anda mungkin memiliki banyak pikiran atau sangat sedikit.

Latihan ini dapat membantu Anda melepaskan pikiran yang mengembara dan dapat menghambat kinerja termasuk ketakutan Anda tidak bisa menyelesaikan tugas. Membawa diri Anda kembali hadir memikirkan apa yang terjadi saat ini.

Selain pikiran yang mengembara, pikiran negatif turut menjadi biang keladi akan hilangnya momen saat ini dari hidup Anda. Pikiran negatif ini tentu saja akan berpengaruh terhadap perubahan kesejahteraan mental yang memburuk dan berdampak pada penurunan kualitas kinerja Anda. Pikiran negatif berpengaruh pada emosi, sensasi tubuh, dan kemampuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menyadari keyakinan negatif tersebut dan melihatnya apa adanya hanya sebagai pikiran.

Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan pikiran negatif? Anda bisa mencoba melatih otak Anda Anda secara bertahap dan konsisten. Gunakan latihan berikut untuk mengatasi kondisi pikiran Anda saat menilai sesuatu secara negatif. Anda dapat mengatasi pikiran negatif Anda dengan mengikuti tiga langkah sederhana berikut:

1.Perhatikan pikiran Anda. Berfokuslah terutama pada pikiran yang tidak membantu tentang diri Anda, orang lain, atau tempat kerja Anda.

2. Mundur dari pikiran Anda. Lihat mereka sebagai proses mental yang muncul dalam pikiran Anda yang belum tentu benar. Anda dapat membayangkannya di awan, dalam gelembung, atau melayang seperti dedaunan di sungai. Idenya adalah untuk menciptakan jarak antara Anda dan pikiran Anda dan bukan hanya untuk menyingkirkannya.

3. Fokuskan kembali perhatian Anda pada tugas atau orang di depan Anda . Semakin banyak latihan kesadaran yang Anda latih, semakin baik otak Anda dalam menangani pikiran negatif.

Ini adalah 3 langkah yang sederhana tetapi memiliki efek jangka panjang setelah menjadi kebiasaan Anda. Jangan ragu untuk melatih menghilangkan pikiran negatif agar hidup Anda lebih baik dan fokus Anda kembali hadir saat menyelesaikan pekerjaan.

Minfulness sebagai solusi

Banyak ahli menyatakan bahwa cara terbaik untuk membuat Anda fokus dengan perkerjaan dan hidup pada hari ini adalah dengan berlatih mindfulness. Hidup dengan mindfulness akan melahirkan kewaspadaan yang membuat Anda dapat memberikan respon yang tepat pada setiap kejadian. Mindfulness membuat orang merasa lebih terhubung dengan orang lain dan memiliki tingkat empati yang lebih tinggi. Berfokus pada saat ini akan menghidupkan kembali pikiran Anda sehingga dapat merespons dengan bijaksana.

Memusatkan fokus pada hari ini memang tidak mudah karena pikiran seringkali sulit untuk dikontrol dan lebih senang mengembara. Bahkan untuk seseorang yang mempraktikkan mindfulness pun kerap merasa pikiran teralihkan. Padahal fakta berkata sebaliknya. Melakukan latihan jangka panjang juga akan memberikan dampak positif permanen di otak. Hasilnya menunjukkan kecenderungan yang lebih besar untuk berada di saat sekarang bahkan saat dalam keadaan istirahat.

Dalam psikologi, fokus disebut juga sebagai atensi, yakni sebuah kondisi saat Anda berusaha memproses segala informasi yang hadir di sekeliling. Memiliki fokus menjadi penting saat Anda mengerjakan sesuatu karena menjadi pintu bagi proses berpikir Anda mulai dari sudut pandang, ingatan, memecahkan masalah, serta pengambilan keputusan.

Saat Anda mendapatkan fokus maka Anda dapat meningkatkan kualitas hasil pekerjaan Anda. Gangguan dapat datang dari dalam diri melalui suara-suara di benak Anda dan dapat muncul dari suara di sekeliling Anda. Gangguan yang datang ini bisa memicu Anda mengalihkan perhatian dan membuat pekerjaan terhenti. Tapi fokus bisa membantu Anda menghilangkan distraksi sehingga tugas Anda bisa selesai lebih cepat dan hasilnya lebih maksimal.

Pernahkah Anda merasa melakukan kesalahan dalam pekerjaan? Sebetulnya hampir semua orang pernah melakukan kesalahaan saat bekerja. Walau ini menjadi bagian penting dalam pengembangan diri tapi tidak mengulangi kesalahan dapat membuat beban pikiran anda lebih ringan. Caranya adalah dengan mengandalkan fokus Anda. Sehingga penting untuk melatih fokus Anda guna meminimalisir kesalahan.

Memiliki fokus akan membuat Anda dapat berpikir lebih jernih terutama saat dihadapkan pada pilihan. Pikiran yang fokus akan membantu Anda memilih hal penting yang dapat meningkatkan produktivitas untuk Anda prioritaskan. Sehingga Anda tak lagi terjebak dalam deadline yang berkepanjangan dan menyebabkan stres. Selain itu, saat pikiran jernih maka Anda dapat membuat keputusan yang tidak akan pernah Anda sesali di kemudian hari.

Mengutip dari buku Daniel Goleman berjudul Focus: The Hidden Driver of Excellence (Harper Paperbacks), disebutkan bahwa penggunaan teknologi yang terus-menerus, seperti email dan pesan teks, telah membuat anak muda semakin teralihkan. Namun hasil penelitian saat ini menunjukkan bahwa latihan kesadaran memungkinkan otak untuk memperbaiki dirinya sendiri dan menjadi lebih fokus.

Dalam buku tersebut, Goleman mengidentifikasi tiga jenis fokus yang diperlukan untuk berbagai jenis tugas:

Konsentrasi: Berfokus pada satu hal saja dan memblokir gangguan untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan perhatian penuh Anda.

Kehadiran terbuka: Menerima semua informasi yang masuk secara proporsional. Apalagi jika Anda berada dalam posisi kepemimpinan yang mengharuskan Anda melihat gambaran besarnya dan mengidentifikasi bagaimana semua aktivitas yang berbeda membantu organisasi mencapai tujuannya

Asosiasi: Melepaskan ide-ide lama Anda dan membiarkan pikiran Anda melayang untuk memanfaatkan kreativitas Anda dan mendapatkan ide-ide baru.

Jika Anda dapat memiliki ketiga fokus ini maka kinerja Anda akan terjaga, tugas-tugas akan selesai tepat pada waktunya dan berujung dengan tercapainya tujuan Anda. Nah, untuk bisa medapatkan ketiga fokus ini, Anda memerlukan latihan mindfulness. Berikut ini latihan mindfulness yang dapat Anda lakukan.

1. Lakukan latihan yang melibatkan fokus secara bertahap. Mulailah dari waktu yang Anda rasa mencukupi, misalnya 30 menit atau 1 jam dan tambahkan terus setiap harinya.

2. Gunakan momen bebas apa pun dalam sehari untuk memusatkan perhatian Anda pada sensasi tubuh dan pernapasan atau penciuman, rasa, dan pemandangan. Pada saat tertentu ketika Anda biasanya membiarkan pikiran Anda mengembara, pilih salah satu dari yang sebelumnya dan amati. Fokuskan perhatian Anda hanya pada satu hal itu.

3. Catat pengamatan Anda. Apa yang Anda temukan atau perhatikan? Apakah pikiran Anda lebih jernih dan fokus? Bagaimana Anda mengatasi gangguan yang diciptakan pikiran Anda?

Menjadi lebih fokus tidak dapat Anda capai dalam waktu cepat tapi dengan melakukan latihan terus-menerus Anda akan mendapatkannya. Fokus yang baik akan mengantarkan Anda meraih puncak performace dalam karir Anda.

Itulah beberapa tips dan latihan yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan fokus Anda dan mengembalikan kesadaran Anda untuk hidup hari ini. Hal ini akan membebaskan Anda dari kekhawatiran yang berlebihan tentang masa depan. Tapi ingat bahwa memiliki mimpi dan tujuan akan masa depan tetap perlu Anda lakukan untuk memacu Anda menjadi lebih produktif, hanya saja dipikirkan dalam kadar yang tepat.