Back

Mengenal Job enrichment, Metode Pengembangan Karyawan Kelas Dunia

Sekarang ini, job enrichment telah menjadi metode yang banyak perusahaan lakukan untuk karyawannya. Hal ini tidak terlepas dari kegunaan job enrichment untuk meningkatkan performa SDM, sehingga dapat meningkatkan bisnis perusahaan. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang job enrichment dan manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan metode ini untuk mengembangkan karyawan.

Apa itu Job enrichment?

Job enrichment merupakan sebuah proses yang berawal dari menambahkan aktivitas atau tugas kepada karyawan yang berguna untuk lebih memotivasi mereka. Misalnya, menambahkan tugas tambahan, meningkatkan variasi keterampilan, menambahkan makna pada pekerjaan, menciptakan otonomi, dan memberikan umpan balik.

Tujuan utama dari penerapan job enrichment ini adalah untuk menciptakan pekerjaan yang bisa memotivasi. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengubah sebuah pekerjaan yang terkesan ‘membosankan’ dan menambahkan tanggung jawab ekstra yang membuat pekerjaan itu lebih bermakna bagi pekerja.

Salah satu alasan mengapa Anda perlu melakukan job enrichment adalah karena dengan melakukannya Anda tidak perlu repot mencari karyawan baru. Anda hanya perlu memberikan motivasi kepada karyawan yang telah bekerja dalam perusahaan Anda dan memberikan aneka ragam pekerjaan untuk membuatnya termotivasi.

 

 4 Contoh Program Job enrichment

Job enrichment memiliki beberapa jenis program yang bisa Anda terapkan kepada karyawan Anda untuk membantu memotivasi dan mempertahankan karyawan tersebut. Berikut ini daftar empat jenis program tersebut.

1.     Memberikan Aneka Jenis Tugas

Salah satu program yang bisa Anda lakukan kepada karyawan adalah untuk memberikan berbagai tugas guna membantu memperluas cakupan tugas pekerjaan yang harus mereka kerjakan. Misalnya memberi karyawan tugas terkait dengan posisi mereka yang dapat membantu menambah variasi pada hari mereka.

2.     Mengembangkan Karyawan

Anda bisa melakukan program ini dengan memberikan pelatihan dan pendidikan terhadap karyawan pada perusahaan Anda. Seiring pertumbuhan perusahaan Anda, Anda akan membutuhkan karyawan untuk mengisi peran baru dalam organisasi.

Daripada harus mencari karyawan baru dan menghabiskan biaya dan waktu, lebih baik Anda menawarkan pelatihan pada karyawan Anda. Dengan menawarkan kesempatan pelatihan dan pendidikan kepada karyawan yang ada, Anda membantu menciptakan jalur karier dan peluang yang akan membuat karyawan tetap termotivasi.

3.     Memberikan Insentif

Selain memberikan motivasi dan tambahan pelatihan, Anda bisa memberikan reward atau insentif terhadap karyawan dengan memberikan insentif. Misalnya, gaji tambahan, cuti berbayar atau hadiah seperti liburan untuk karyawan yang berproduksi tinggi.

Pemberian insentif serta pengakuan terhadap karyawan ini akan memungkinkan karyawan untuk melacak kemajuan mereka terhadap tujuan perusahaan. Bahkan, karyawan akan berusaha untuk melampaui tujuan tersebut untuk mendapatkan penghargaan lainnya

4.     Rotasi Shift

Menggunakan beberapa shift pada suatu pekerjaan akan meningkatkan hubungan antara para karyawan. Karena, karyawan bisa berhubungan dengan rekan kerja lainnya yang berbeda setiap kali shift berubah.

Selain itu, adanya rotasi shift ini juga akan membantu karyawan memiliki variasi produksi yang berbeda dari setiap shift. Sehingga, hal ini dapat memberi mereka kesempatan untuk berhubungan dengan berbagai manajer serta bisa menjadi karyawan yang proaktif dan meningkatkan peluang kenaikan gaji atau promosi dengan tampil di level puncak dalam berbagai supervisor.

 

6 Manfaat Job enrichment

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dan karyawan Anda dapatkan dari menerapkan job enrichment pada lingkungan kerja. Berikut ini tujuh manfaat dari penerapan job enrichment.

1.     Peningkatan Kepuasan Kerja Karyawan

Manfaat yang satu ini merupakan hal yang terpenting dari penerapan job enrichment. Karena, peningkatan kepuasan kerja karyawan akan berdampak baik pada perusahaan. Karena, saat karyawan diminta untuk melakukan pekerjaan tambahan, terutama pekerjaan dengan tanggung jawab yang lebih besar yang memberi mereka wewenang dan kekuatan untuk membuat keputusan, maka mereka merasa bersemangat untuk mengambil tanggung jawab tersebut.

Karyawan yang melakukan tugas secara efektif memberi mereka perasaan pencapaian dan memberi mereka kepuasan kerja. Akibatnya mereka senang menjadi bagian dari organisasi.

2.     Menurunkan Kemungkinan Karyawan Pindah

Kebanyakan perusahaan berharap agar karyawannya yang berbakat dan memiliki performa baik untuk tidak meninggalkan perusahaannya. Namun, perusahaan tidak dapat menghentikan karyawan untuk pindah karena keinginannya sendiri.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa karyawan meninggalkan pekerjaan mereka karena kebosanan atau pekerjaan yang tidak menantang. Hal ini bisa Anda atasi dengan menerapkan job enrichment.

Dengan menerapkan job enrichment, karyawan diminta untuk melakukan tugas pekerjaan manajemen tingkat atas, dan mereka diberi wewenang untuk mengambil keputusan penting. Sehingga, karyawan tidak akan merasa bosan atau monoton saat bekerja.

3.     Biaya Pelatihan yang Lebih Rendah

Penerapan job enrichment akan memberikan karyawan pelatihan sesuai yang mereka inginkan. Karyawan akan mendapatkan pelatihan mengenai keterampilan yang sesuai dengan kebutuhannya dengan biaya yang lebih rendah daripada biasanya.

Sehingga, tidak harus pergi ke sekolah pelatihan untuk mempelajari keterampilan baru dan tidak perlu menyewa pelatih terpisah untuk memberikan kelas pelatihan. Oleh karena itu, job enrichment akan membantu mengurangi pengeluaran pelatihan perusahaan.

4.     Memiliki Komunikasi yang Lebih Baik antara Manajemen dan Karyawan

Menerapkan job enrichment pada perusahaan Anda akan menciptakan komunikasi yang sehat antara manajemen dan karyawan. Karyawan mencari bantuan manajemen untuk mempelajari keterampilan dan metode yang tepat untuk melakukan pekerjaan ditugaskan kepada mereka.

Tentunya, kegiatan ini akan meningkatkan pemahaman karyawan akan pekerjaan manajemen, sehingga karyawan akan lebih berempati terhadap mereka.

5.     Menjadi Cara untuk Memilih Manajer dengan Baik

Biasanya, sebuah perusahaan akan memilih manajer dari karyawan yang memiliki kemampuan dan kegigihan dalam bekerja. Untuk bisa mendapatkan manajer yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menerapkan job enrichment.

Anda bisa menerapkan job enrichment dengan meminta karyawan melakukan pekerjaan yang dilakukan oleh manajer. Dengan mengevaluasi kinerja mereka, Anda dapat membandingkan keterampilan karyawan dan efisiensi mereka untuk melakukan pekerjaan.

6.     Meningkatkan Produktivitas

Job enrichment akan membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas para karyawan di perusahaan. Karena, saat tugas manajer didelegasikan kepada karyawan, maka manajer memiliki waktu luang untuk melakukan pekerjaan yang lebih penting. Sehingga, produktivitas karyawan menjadi lebih tinggi.

Itulah pengertian dan manfaat dari penerapan job enrichment pada perusahaan Anda. Dengan menerapkan metode job enrichment, perusahaan akan lebih cepat maju dan berkembang, karena karyawannya telah berkembang terlebih dahulu.

 

Referensi:

https://smallbusiness.chron.com/types-job-enrichment-10770.html

https://www.marketing91.com/job-enrichment/

https://www.digitalhrtech.com/job-enrichment/