Back

Mengapa Hubungan Yang Positif Dengan Pelanggan Penting

Pelanggan tidak hanya memutuskan membeli berdasarkan apa yang anda jual, tetapi juga dengan mempertimbangkan reputasi yang anda miliki. Untuk itu, anda perlu dapat mempromosikan diri dengan baik sehingga anda bisa memastikan keberhasilan dalam penjualan. Kebanyakan orang memilih untuk membeli sesuatu dari orang yang mereka kenal dan percaya. Ketika anda mempromosikan diri dengan baik, maka anda bisa menciptakan gambaran serta impresi yang anda inginkan di benak orang lain. Untuk bisa melakukannya, anda perlu mengidentifikasi apakah unique selling point yang anda miliki serta melakukan branding pada diri secara efektif.

Mengidentifikasi unique selling point yang anda miliki adalah mencari tahu sesuatu mengenai diri anda yang unik atau menciptakan sebuah persona yang mudah diingat. Hal ini dapat membantu ketika calon pelanggan memikirkan produk atau jasa yang anda jual, mereka juga akan langsung memikirkan anda sehingga mereka pun memutuskan untuk membeli dari anda. Kemudian, anda bisa menyesuaikannya dengan seperti apa anda ingin membranding diri anda dan tunjukkan hal tersebut baik itu secara langsung dengan menggunakan business card atau kartu nama, di media dengan mengiklankan diri di koran, majalah, atau stasiun tv dan radio lokal, serta mengiklankan diri anda di internet baik itu melalui website, blog, atau sosial media.

Selain itu, dalam berjualan anda perlu mampu menciptakan hubungan yang produktif dan bermanfaat, dimana kedua belah pihak bisa memberikan nilai atau kontribusi ke dalam hubungan tersebut. Ketika anda secara aktif memastikan bahwa setiap orang yang memiliki hubungan dengan anda itu sukses, maka anda bisa mendapatkan beragam manfaat, seperti:

  • Return business: pelanggan yang puas akan cenderung kembali pada anda ketika mereka memerlukan sesuatu dalam pasar produk atau jasa anda.
  • Meningkatkan volume penjualan: pelanggan bisnis yang sukses akan memiliki lebih banyak uang untuk bisa membeli lebih banyak produk dan jasa dari anda
  • Referral positif: ketika pelanggan bahagia, mereka cenderung menyarankan produk dan jasa anda pada orang lain yang mereka kenal
  • Testimoni positif: Ketika anda mendapatkan testimoni positif, anda bisa menggunakannya pada strategi marketing lainnya.
  • Meningkatkan peluang: fokus pada kesuksesan pelanggan seringkali membuat anda terbuka atas gagasan baru atau produk dan jasa tambahan.

Untuk itu bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, berikut adalah 3 hal yang dapat anda lakukan agar setiap orang di sekitar anda bisa berhasil atau sukses.

1. Membuat pelanggan anda sukses

Kesuksesan pelanggan anda adalah kesuksesan anda juga. Hal ini berarti anda perlu mampu membantu pelanggan anda untuk bisa memanfaatkan apa yang anda jual secara maksimal sehingga bisa membantu mereka dengan lebih baik. Anda juga bisa saja diminta untuk memberikan nasihat atau pendapat gratis, memberikan mereka referral kepada perusahaan lain tentang produk atau jasa yang tidak anda jual, dan mencoba untuk memposisikan diri anda sebagai pelanggan dan melihat seperti apa sudut pandang yang mereka miliki.

2. Membuat pelanggannya pelanggan anda sukses

Salah satu hal penting yang dapat anda lakukan agar pelanggan anda sukses adalah juga berkontribusi dalam kesuksesan pelanggannya pelanggan anda. Untuk itu, anda juga perlu memikirkan mengenai mereka saat menawarkan barang dan jasa atau membantu pelanggan anda mencapai kesuksesan.

3. Berdamai dengan kompetitor

Tentunya berdamai dengan kompetitor bukan berarti menyerah, tetapi anda perlu bertanding secara adil. Anda tidak pernah tahu apakah suatu saat kompetitor anda bisa membantu pada saat-saat tertentu, atau bahkan anda mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama. Tetaplah berjuang untuk menjadi yang terbaik, tetapi tetaplah menjaga agar hubungan tetap baik.

Itulah apa saja manfaat serta hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga agar hubungan dengan pelanggan tetap positif dan bermanfaat. Ketika anda memahami dan menerapkannya, maka anda bisa lebih mudah untuk membantu orang-orang disekitar anda untuk menjadi sukses dan terciptalah hubungan yang produktif.