Back

Goal Setting. Strategi Sederhana untuk Sukses

Salah satu cara paling sederhana yang dapat membantu anda untuk menjalani kehidupan adalah dengan menetapkan tujuan atau goal setting. Dengan memiliki tujuan dapat mempermudah anda untuk menghadapi segala rintangan dan hambatan kehidupan sehingga anda tidak ragu untuk melangkah maju. Untuk bisa merancang tujuan yang efektif, terdapat 10 langkah sederhana untuk membantu anda dalam mencapai tujuan yang anda ciptakan.

  1. Memiliki keinginan

    Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah untuk memiliki keinginan yang kuat. Untuk dapat menentukan apa tujuan yang ingin anda capai, anda perlu mencari tahu apakah keinginan yang paling anda inginkan. Keinginan ini harus berasal dari dalam diri anda sendiri, bukan merupakan keinginan orang lain. Hal ini akan berdampak di tengah dan akhir perjalanan anda, karena pada pencapaian setiap tujuan anda pasti akan menghadapi rintangan dan hambatan. Ketika dorongan keinginan atau tujuan ini berasal dari diri anda sendiri, maka anda tidak akan mudah menyerah atau akan terus gigih dan berjuang untuk mencapainya.

    Keinginan ini juga merupakan hal yang jelas dan spesifik. Tujuan yang ingin anda capai harus dapat diukur dan terukur, bukan sesuatu yang mengambang dan tidak jelas, apakah anda sudah mencapainya atau belum. Kemudian tujuan juga harus merupakan sesuatu yang masuk akal, meskipun begitu anda harus tetap membuat tujuan setinggi mungkin.

  2. Percaya bahwa tujuan dapat tercapai

    Langkah kedua adalah mempercayai bahwa tujuan yang anda rancang dapat tercapai. Ketika anda percaya dan yakin bahwa anda pantas mendapatkan serta mencapai tujuan ini, maka anda akan dengan sendirinya menemukan jalan untuk mencapai tujuan tersebut. Buang jauh-jauh segala pola pikir negatif atau pikiran bahwa anda tidak mampu mencapai tujuan yang sudah anda tetapkan. Ubahlah konsep diri yang anda miliki menjadi lebih positif, yakinlah dengan kemampuan yang anda miliki. Jika anda merasa kurang, maka tidak ada kata terlambat untuk mempelajari dan melatihnya.

  3. Tuliskan tujuan

    Tujuan yang anda miliki harus anda tulis dengan jelas, spesifik, dan detail. Hal ini untuk mempermudah anda memantau progress pencapaian yang sudah anda lakukan. Tulisan anda ini perlu diulas kembali secara berkala, bisa harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Sebaiknya anda tetap memiliki panduan untuk memantau dan mengukur keberhasilan serta pencapaian-pencapaian kecil anda menuju tujuan akhir. Tertulisnya tujuan anda adalah untuk menjaga agar tidak ada hal yang terlewatkan oleh anda dan mengukur progress perjalanan pencapaian anda.

  4. Tetapkan titik awal

    Sebelum anda memulai, tentunya anda perlu mengetahui dimana titik awal anda berdiri. Anda tidak akan mengetahui apakah anda sudah mencapai tujuan atau sudah setengah jalan jika anda tidak tahu titik awal anda bermula. Cari tahu dimana posisi anda sekarang dan jadikan itu baseline anda. Cobalah jujur dengan diri anda sendiri demi mendapatkan catatan perjalanan atau progress yang valid dan pada akhirnya akan membawa anda pada hasil pencapaian yang maksimal.

  5. Ketahui mengapa anda menginginkannya

    Langkah berikutnya yang perlu anda lakukan adalah menuliskan alasan-alasan apa saja yang mendorong anda menginginkan untuk mencapai tujuan yang sudah anda tetapkan. Hal ini akan menjadi motivasi anda untuk ke depannya ketika anda merasa terhambat atau menghadapi rintangan yang menghentikan langkah anda. Tuliskan alasan sebanyak-banyaknya. Bayangkan apa saja yang akan anda dapat ketika anda berhasil mencapai tujuan anda, dan tuliskanlah. Baca ulang daftar ini setiap kali anda menghadapi rintangan yang sulit dan membuat anda ingin menyerah. Jika anda lakukan berulang-ulang, maka anda akan perlahan merasa termotivasi dan bertindak seperti orang yang sudah berhasil mencapai tujuan tersebut, dimana pada akhirnya anda akan melakukan self-fulfilling prophecy dan kemudian mencapai tujuan anda dengan sendirinya.

  6. Tetapkan tenggat waktu

    Untuk dapat mencapai tujuan, anda perlu menetapkan tenggat waktu terjadinya pencapaian tersebut. Ketika anda memiliki tujuan tetapi tidak memiliki tenggat waktu yang jelas dan pasti, anda hanyalah berangan-angan. Anda juga bisa saja menjadi terlena dan berakhir menunda-nunda untuk mencapainya karena anda tidak memiliki tenggat waktu yang pasti. Hal ini untuk menjaga komitmen anda dalam mencapai tujuan yang sudah anda buat. Tetapkan target anda dengan jelas dan waktu yang sudah pasti. Tidak usah khawatir jika anda belum berhasil mencapai tujuan pada saat tenggat waktu datang, anda hanya perlu membuat tenggat waktu baru dengan hasil ukuran sebelumnya.

  7. Identifikasi hambatan

    Untuk dapat mencapai tujuan anda dengan efektif, tentunya anda perlu mengenali musuh anda. Musuh yang dimaksud adalah hambatan-hambatan apa saja yang akan menghadang anda. Hambatan yang dimaksud dapat berasal dari 2 hal. Yang pertama adalah internal, atau hal-hal yang berasal dari diri anda, baik itu motivasi, pola pikir, atau kelemahan yang anda miliki. Tidak usah takut gagal, kelemahan bukan berarti anda tidak akan bisa maju ke depan. Yang perlu anda lakukan adalah meningkatkan kemampuan diri anda atau jika memang tidak bisa dihindari, mencari cara lain untuk mengatasinya, seperti meminta bantuan orang yang dapat mengkompensasi kekurangan tersebut.

    Sedangkan yang kedua adalah eksternal, yaitu hambatan yang berasal dari luar diri anda, bisa saja itu situasi, atau orang-orang yang membuat perjalanan anda mencapai tujuan terhambat. Hal ini dapat diatasi dengan mencari solusi dan rencana lain dalam mencapai tujuan. Perjalanan mencapai tujuan bukanlah sebuah garis lurus, melainkan jalan yang berliku. Jangan takut untuk melakukan putaran demi mencapai tujuan anda. Selama perjalanan anda positif dan tidak melawan keyakinan yang anda miliki, maka anda dapat melakukannya demi mencapai tujuan anda.

  8. Tentukan pengetahuan dan keterampilan tambahan yang dibutuhkan

    Langkah berikutnya adalah untuk menentukan apa saja pengetahuan dan keterampilan tambahan yang perlu anda tambahkan. Hal ini dapat melengkapi kelemahan anda atau mengatasi kelemahan anda. Langkah ini adalah langkah yang mengingatkan bahwa proses belajar itu tidak pernah henti. Setelah anda menetapkan apa saja pengetahuan dan keterampilan yang anda perlu pelajari, teruslah berlatih setiap hari. Anda bisa meluangkan waktu untuk belajar atau membaca setiap hari, atau jika anda sangat sibuk atau terlalu menghabiskan waktu terlalu lama di perjalanan, anda bisa mendengarkan podcast atau audiobook untuk tetap belajar dan meningkatkan pengetahuan anda. Anda juga dapat melakukan dengan mengikuti seminar yang relevan. Jangan lupa untuk terus berlatih keterampilan yang anda ingin tingkatkan setiap harinya.

  9. Tentukan orang-orang yang bantuannya anda butuhkan

    Mencapai tujuan bukan menutup kemungkinan atau melarang anda untuk meminta bantuan orang lain. Manusia adalah makhluk sosial, sudah pasti anda akan terus berhubungan dengan orang lain demi mencapai tujuan atau menghadapi rintangan. Perbanyaklah jaringan dan hubungan positif yang anda miliki dengan orang lain. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga dan membangun hubungan yang harmonis serta hangat dengan keluarga anda dan teman-teman anda. Jagalah sikap anda dan menjadi ramah serta sopan terhadap semua orang. Perlakukan orang-orang sebagaimana anda ingin diperlakukan.

  10. Buat rencana

    Untuk mempermudah pencapaian tujuan, serta untuk dapat melakukan tindakan pencapaian dengan sistematis dan terstruktur, anda perlu menyusun rencana bagaimana anda akan melangkah. Tuliskan rencana anda dengan jelas dan rinci, buatlah daftar dari setiap tugas atau kegiatan yang perlu anda lakukan. Identifikasikan elemen apa saja yang penting dan vital bagi rencana sehingga anda dapat memfokuskan diri ke hal-hal tersebut. Jangan sampai hal-hal ini terlewatkan. Tetapi anda juga jangan takut untuk gagal, anda perlu membayangkan atau berpikir bahwa anda pasti akan gagal saat pertama kali mencoba. Hal ini akan menyiapkan anda untuk menghadapi segala situasi dan tidak terpuruk ketika anda benar-benar menghadapi kegagalan. Sehingga anda dapat belajar dari kegagalan tersebut dan mampu bangkit kembali untuk bisa mencapai tujuan dengan baik

Itulah 10 langkah yang dapat anda lakukan dalam membuat goal setting. Ketika anda menerapkannya, maka anda dapat merancang sebuah tujuan yang efektif dan dapat membantu anda dalam menjalankan kehidupan.