Back

Ciri-Ciri Pribadi Yang Proaktif

Pernahkah Anda mengalami ketika sedang melihat sosial media, beberapa teman Anda mengupload cerita kesuksesan mereka? Seperti mereka sedang berada di luar negeri, atau usaha online shop mereka sedang ramai pembeli? Anda mungkin akan langsung mengingat kenangan, atau kesan Anda ketika bertemu dan berteman dengan mereka dahulu. Perasaan seperti itu mungkin terbersit di benak Anda. Anda lalu penasaran, apa yang mereka lakukan sehingga menjadi seperti sekarang. Kemudian anda mulai memeriksa akun medsos mereka, dan mencari tahu perjalanan hidup mereka hingga bisa sampai seperti sekarang.

Tahukah Anda bahwa hidup yang sekarang kita jalani ini berasal dari berbagai macam bentuk keputusan yang kita buat di masa lalu. Beberapa pencapaian mungkin telah direncanakan, dan sebagian mungkin berasal dari inisiatif atau hal spontan yang Anda lakukan. Misalnya, hari ini Anda memiliki smartphone baru karena Anda telah menabung selama 1 tahun, Itu adalah salah satu contoh yang direncanakan.

Sikap untuk mencapai kesuksesan ini seringkali dikenal dengan istilah proaktif, Menurut Stephen Covey dalam bukunya berjudul The 7 Habits of Highly Effective People, proaktif berarti suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Kesuksesan anda ditentukan oleh kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Apa yang Anda lakukan hari ini akan memengaruhi hidup Anda dimasa depan.

Ciri-ciri orang yang bersikap proaktif adalah mereka tidak mudah tersinggung, selalu bertanggungjawab terhadap pilihannya sendiri, berpikir sebelum melakukan tindakan, selalu mencari jalan keluar dari setiap permasalahan, fokus terhadap segala sesuatu yang dapat mereka ubah, dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat diubah. Orang yang proaktif tidak akan menyalahkan kondisi lingkungan seandainya ada yang tidak sesuai dengan keinginannya. Selain itu, orang yang proaktif juga mampu mengambil keputusan yang tepat walaupun situasinya sulit.

Di dalam hidup, Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang harus Anda ambil. Menjadi proaktif berarti Anda memiliki kebebasan untuk memilih pilihan yang ada di hadapan Anda dan bertanggung jawab penuh terhadap pilihan tersebut. Jika Anda telah menetapkan pilihan terhadap hidup Anda, maka Anda harus menjalaninya dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab terhadap hasil yang diberikan.

Untuk dapat menjadi proaktif, Anda perlu memilih respons yang Anda ambil ketika menghadapi situasi atau kondisi tertentu. Contohnya adalah ketika Anda sedang mengendarai motor ke kampus, lalu ada orang yang menyenggol spion Anda, apa yang akan Anda lakukan? Kebanyakan orang akan langsung marah, dan menegur orang tersebut, hal itu menandakan Anda tidak memiliki sikap yang proaktif. Ketika Anda memiliki sikap yang proaktif, Anda akan berhenti sejenak untuk memilih apa respon yang akan Anda ambil untuk situasi tersebut. Anda dapat meminta orang tersebut berhenti di pinggir jalan yang agak sepi, dan menyelesaikan masalah terkait spion tersebut. Anda dapat mendengarkan penjelasan dari orang yang menabrak tadi terlebih dahulu, kemudian memikirkan bagaimana melakukan penyelesaiannya.

Itulah ciri dan cara yang dapat anda lakukan untuk menjadi proaktif. Ketika Anda melatih sikap proaktif ini, Anda akan menjadi pribadi yang lebih mempertimbangkan segala sesuatu di segala kondisi yang membuat Anda lebih matang dalam memikirkan pilihan yang terbaik dalam hidup Anda sendiri.