Back

Cara Mudah Dikenal sebagai Penjual Yang Baik

Butuh proses dan usaha untuk membuat Anda dikenal sebagai penjual yang baik oleh para pelanggan. Anda bisa mencapai hal tersebut jika melakukan dua hal di bawah ini.

Manfaat Dikenal sebagai Penjual yang Baik

Pernahkah Anda mencari seseorang saat memerlukan bantuan? Anda mencari orang tersebut karena memiliki kemampuan untuk memahami sesuatu secara mendalam. Selain itu, orang tersebut pun dapat memberikan solusi yang efektif. Kurang lebih, seperti itulah kondisi yang perlu Anda capai atau targetkan di mata para pelanggan.

Jika pelanggan mengetahui bahwa Anda memiliki suatu keahlian, maka mereka akan selalu mencari Anda ketika membutuhkan bantuan dalam bidang tersebut. Maka dari itu, Anda harus menguasai industri yang Anda pilih. Selanjutnya, tunjukkan dan buktikan kepada semua orang jika Anda adalah seorang ahli yang benar-benar mahir.

Cara Menjadi Penjual yang Baik

Salah satu cara untuk membuat nama Anda dikenal sebagai penjual yang baik, yaitu dengan menjadi pembicara secara aktif. Anda akan mendapatkan peluang untuk menunjukkan keahlian yang dimiliki.

Berikut ini dua cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa dikenal sebagai penjual yang baik:

  1. Berbicara dalam Grup Lokal

Grup lokal bisa berupa grup dari organisasi dermawan, grup perumahan tempat anda tinggal atau grup agama di sekitar Anda. Biasanya grup-grup ini akan mencari pembicara yang mampu membahas topik beragam. Durasinya sekitar 15 hingga 20 menit sebelum rapat pimpinan komunitas atau bisnis dimulai.

Tentunya, topik yang dibahas tidak harus selalu berhubungan dengan bisnis Anda. Bisa saja, Anda membicarakan tentang hal yang menarik, misalnya hobi, pengalaman merawat anak atau hal lainnya selama mampu membuat kegiatan menjadi menyenangkan.

Menjadi pembicara di acara grup seperti ini dapat memberikan peluang untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitas yang Anda miliki. Tentu saja hal ini terjadi dihadapan begitu banyak pemangku keputusan. Kemungkinan terjalinnya hubungan bisnis dengan mereka pun akan semakin besar.

  1. Berlatih Berbicara Dihadapan Banyak Orang

Sebagian besar penjual merasa lebih nyaman ketika berbicara dengan individu atau kelompok kecil. Sayangnya, takut untuk berbicara dengan kelompok yang lebih besar.

Anda harus mencoba untuk menghadapi rasa takut tersebut dengan mengikuti terapi CBT atau Cognitive Behavioral Therapy. Terapi ini berguna untuk membantu anda mengatasi rasa takut berbicara di hadapan umum.

Ketika anda sudah merasa mampu untuk berbicara dihadapan banyak orang, maka anda perlu merancang speech atau apa yang anda ingin bahas berdasarkan tiga tujuan. Tujuan tersebut, yaitu cara untuk membuat penonton terlibat, menghibur dan mengedukasi penonton.

Anda harus mencoba dan berusaha membuat penonton merasa terhubung dengan Anda. Selanjutnya,sampaikan informasi yang penting dan berarti bagi mereka. Ketika Anda berhasil melakukan hal tersebut, maka penonton akan mendapatkan pengalaman berharga dan akan selalu mengingat anda.

Jika Anda sudah dikenal luas oleh banyak orang, maka mempromosikan bisnis Anda akan jauh lebih mudah. Jika produk dan pelayanan Anda pun sama memuaskannya, maka Anda akan di kenal sebagai penjual yang baik.

Itulah dua cara yang bisa Anda lakukan agar dikenal sebagai penjual yang baik oleh pelanggan maupun calon pelanggan. Memang berbicara di depan khalayak umum bukan hal mudah. Akan tetapi, seorang pebisnis memang harus terjun langsung untuk mempromosikan usaha yang dibuatnya. Selamat mencoba.