Back

8 Cara Membangun Kebiasaan Positif

Membangun kebiasaan baru merupakan sebuah tantangan, apalagi jika Anda ingin membangun kebiasaan yang positif. Tetapi, tidak ada hal yang mustahil, Anda bisa mulai membangun kebiasaan positif dengan menerapkan delapan cara berikut ini.

Apa itu Kebiasaan?

Menurut Merriam-Webster Dictionary, kebiasaan adalah perilaku yang dilakukan dengan intensitas tinggi atau berkali-kali. Sehingga, tubuh dan otak terbiasa dengan perilaku tersebut dan melakukannya tanpa sadar.

Cara kerja dari kebiasaan tidaklah rumit, ada tiga proses yang dapat menjadikan suatu perilaku menjadi kebiasaan. Temukan pemicu yang bisa membuat Anda ingin menjadikan suatu perilaku sebagai kebiasaan. Setelah itu pemicu tersebut akan memicu sebuah rutinitas yang akhirnya akan mempertemukan Anda dengan hasil yang Anda inginkan.

8 Cara Membangun Kebiasaan Positif

Untuk membangun kebiasaan positif dan mempertahankannya untuk waktu yang lama, Anda perlu melakukan beberapa hal. Berikut ini delapan cara membangun kebiasaan positif yang bisa Anda lakukan:

1.   Membuat Rencana

Anda perlu pendekatan yang direncanakan dengan matang agar bisa membangun kebiasaan yang positif. Mulailah dengan menentukan tujuan yang ingin Anda capai. Tuliskan tujuan tersebut secara SMART. SMART adalah sebuah metode dalam merencanakan sesuatu, biasanya digunakan untuk merencanakan proyek.

SMART terdiri dari lima unsur yang harus ada dalam perencanaan yaitu, spesifik (spesific), terukur (measurable), realistis (achievable), relevan (relevant) dan memiliki batas waktu yang jelas (time bound-goals). Dengan menggunakan metode ini, rencana Anda akan lebih jelas dan terarah. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk melaksanakan rencana tersebut.

Kemudian, temukan kebiasaan yang bisa mendukung tercapainya tujuan Anda, lalu lakukan perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Carilah motivasi untuk membuat Anda terus bersemangat melakukan kebiasaan itu.

Maka dengan begitu, Anda bisa terbiasa untuk melakukannya dan akhirnya perilaku tersebut menjadi kebiasaan.

2.   Mulailah dari Hal yang Kecil

Dalam melakukan perubahan segala sesuatunya harus dimulai dari hal-hal kecil. Begitupun dalam membangun kebiasaan yang positif. Anda tidak perlu memulai dari hal-hal yang besar dan sulit. Mulailah dari suatu hal yang kecil, namun rutin untuk Anda lakukan.

Buatlah kebiasaan positif Anda dari hal yang sederhana dan lakukan berulang kali. Sehingga kebiasaan sederhana tersebut menjadi hal yang istimewa, karena telah menjadi bagian dari diri Anda yang baru.

3.   Identifikasi Halangan

Untuk membangun kebiasaan positif, Anda perlu mengetahui halangan apa saja yang akan Anda temukan di depan sana. Dengan mengetahui halangannya terlebih dahulu, maka Anda bisa menyiapkan diri untuk mengatasinya.

Setiap Anda ingin berubah atau memulai kebiasaan yang baik, pasti akan ada banyak rintangan yang datang menghampiri. Namun, hal tersebut tidak bisa menjadi alasan bagi Anda untuk berhenti melakukan kebiasaan baik yang Anda inginkan.

4.   Konsentrasi

Jika Anda ingin membangun kebiasaan positif, maka Anda harus fokus untuk melakukannya setiap hari secara teratur. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk membuat perilaku yang Anda inginkan menjadi kebiasaan dalam rutinitas Anda sehari-hari.

5.   Berkomitmen

Tak hanya konsentrasi untuk melakukannya secara rutin, Anda juga harus berkomitmen untuk terus melakukan kebiasaan positif walaupun tujuan Anda telah tercapai. Adanya komitmen yang kuat akan mendorong Anda untuk terus berusaha menjadikan kebiasan positif menjadi keseharian Anda.

6.   Apresiasi Pencapaian

Mengapresiasi dan merayakan pencapaian Anda sekecil apapun, akan memberi Anda motivasi untuk mencapai hal yang jauh lebih besar. Saat Anda menghargai diri sendiri, maka Anda akan merangsang otak untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Selain itu, dengan memberi apresiasi untuk setiap pencapaian kecil Anda, maka kemungkinan untuk kembali melakukan kebiasaan buruk akan berkurang. Justru, hal ini bisa menjadi dorongan agar Anda bisa menjadikan kebiasaan positif sebagai bagian dari hidup Anda.

Jadi, tak ada salahnya untuk menerapkan cara membangun kepercayaan ini untuk meningkatkan kekuatan Anda guna mewujudkan tujuan yang Anda impikan.

7.   Selalu Berpikir Positif

Jangan pernah berhenti berpikir positif, dengan selalu berpikir positif, maka hanya hal-hal positif saja yang akan menghampiri Anda. Berpikir positif memiliki arti untuk memberikan tanggapan dan reaksi yang positif. Walaupun hal tersebut tidak menyenangkan.

Jadi, bersikaplah positif dan jauhi segala pikiran negatif. Karena dengan mindset yang positif, Anda bisa melakukan banyak hal, walaupun hal yang mustahil sekalipun.

8.   Mempertahankan Kebiasaan Positif

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam membangun kebiasaan positif adalah mempertahankannya. Pertahankan kebiasaan positif Anda untuk waktu yang lama agar mendapatkan banyak manfaat darinya.

Jika Anda menerapkan delapan cara membangun kebiasaan positif di atas, maka memiliki kebiasaan baru yang positif bukan lagi hal yang mustahil. Lakukan segera dan pertahankan kebiasaan positif Anda agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

Cititation:

https://weekplan.net/tips-to-develop-good-habits

https://www.lifehack.org/508085/how-to-build-good-habits