Back

7 Ciri-Ciri Orang Yang Percaya Diri

Apakah anda orang yang percaya diri? Atau mungkin anda orang yang kurang percaya diri tetapi ingin meningkatkan kepercayaan diri anda? Berikut ini adalah 7 ciri-ciri dari orang yang percaya diri. Anda dapat melihat apakah anda sudah memiliki beberapa ciri-ciri yang ada dan mencari tahu ciri mana yang perlu mulai anda tingkatkan. Jika anda merasa tidak memiliki satu pun, maka tidak perlu khawatir, karena ketujuh ciri ini dapat anda bangun sehingga anda pun bisa menjadi orang yang percaya diri.

 

  1. Yakin akan kemampuan diri sendiri

    Ketika anda percaya diri, maka anda akan memiliki keyakinan yang tinggi atas kemampuan yang anda miliki dalam melakukan segala hal yang sesuai dengan bidangnya. Anda akan selalu produktif dan aktif dalam melakukan pekerjaan, tidak akan takut mencoba hal-hal baru serta mengambil resiko. Ketika anda percaya diri maka anda akan menganggap bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir, melainkan langkah awal menuju keberhasilan. Anda akan belajar dari kegagalan dan menggunakannya sebagai batu pijakan untuk mencapai kesuksesan. Tidak hanya itu, kepercayaan diri dapat membuat anda menyelesaikan tugas secara mandiri dan lebih cepat tanpa memerlukan bantuan orang lain.

  2. Optimis dan positif

    Percaya diri akan membuat anda selalu optimis dengan apa yang akan dilakukan. Ketika anda percaya diri maka anda akan menjauhkan pola pikir “saya tidak bisa” atau “ini akan gagal” terutama jika belum dicoba. Tentunya anda perlu memikirkan terlebih dahulu secara matang sebelum menjalankan tugas atau melakukan hal yang beresiko. Tetapi dengan pola pikir yang positif, orang yang percaya diri akan mampu mencari ide atau cara yang dapat memaksimalkan usaha dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Menjadi percaya diri juga membuat anda memiliki attitude atau sikap yang positif. Hal ini terlihat dari tindakan dan kinerja yang juga positif dan cenderung menghasilkan hasil yang maksimal

  3. Objektif dan realitis

    Meskipun optimis, ketika anda percaya diri maka anda juga akan bersikap objektif dan realistis. Hal ini dikarenakan anda tahu kekurangan serta kekuatan yang anda miliki. Dengan mengetahui kekurangan yang dimiliki anda dapat menjadikannya sebagai catatan bahwa ada hal-hal yang bisa dilakukan dan ada hal dimana anda membutuhkan bantuan orang lain agar dapat menyelesaikannya. Ketika anda percaya diri, maka anda akan menerima diri anda apa adanya. Dengan begitu anda jadi tidak mudah tertekan, karena anda tahu bahwa tidak semuanya dapat dilakukan dengan sempurna terlebih lagi dalam waktu cepat. Tidak hanya itu anda juga tidak akan mementingkan diri anda sendiri, melainkan tetap memikirkan kebutuhan orang lain dan berusahalah untuk membantu mereka. Ketika ada anggota yang memerlukan bantuan, maka anda akan dengan senang hati membantu orang tersebut menjadi lebih baik dan mengajarkan agar ke depannya dapat melakukannya sendiri.

  4. Berani menjadi diri sendiri dan bertanggung jawab

    Menjadi percaya diri berarti berani menjadi diri sendiri. Anda tidak akan terdorong dengan peer pressure untuk melakukan suatu hal yang diluar nilai-nilai yang anda yakini atau tidak disukai hanya agar diterima oleh lingkungan. Anda akan dapat melakukan segala hal yang sesuai dengan keyakinan dan berani bertanggung jawab atas segala hal yang anda lakukan. Anda juga akan penuh dengan inisiatif, dimana anda cenderung melakukan sesuatu bahkan sebelum diperintahkan. Ketika anda menghadapi kesulitan, anda akan tetap mencari cara untuk melaluinya. Ketika anda melakukan kesalahan, anda tidak akan melemparkan tanggung jawab kepada orang lain tetapi mengakuinya dan ikut bertanggung jawab.

  5. Pengendalian diri yang baik

    Kepercayaan diri dapat membantu anda untuk mengendalikan diri mereka dengan baik. Anda sadar bahwa emosi atau perasaan yang dirasakan bukanlah fakta. Anda juga dapat jujur kepada diri sendiri mengenai apa yang anda rasakan dan berani untuk menertawakan diri sendiri. Ketika anda gagal mencapai suatu tujuan, anda tidak akan berlarut-larut dan akan menjadikannya sebagai pengalaman yang dapat dipelajari sehingga mereka mampu mencoba lagi dan mencapai tujuan.

    Tidak hanya itu, ketika anda percaya diri, anda tidak akan iri atau takut atas keberhasilan orang lain. Anda akan turut senang dengan hasil yang dicapai rekan kerja dan mungkin akan menjadikan pengalaman baik yang didapatkan oleh rekan sebagai pelajaran dan menjadikannya sebagai dorongan untuk menjadi lebih baik lagi. Anda juga tidak akan takut atau segan untuk bertanya mengenai tips-tips apa saja yang dapat dilakukan agar bisa mencapai keberhasilan tersebut.

  6. Mampu menerima pujian dan kritik dengan positif

    Seringkali kita kesulitan atau tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika seseorang memberikan pujian, atau mungkin kita akan menjadi sombong atau besar kepala. Tetapi ketika anda percaya diri, maka anda akan mampu menerima pujian dengan rendah hati. Selain itu anda juga akan mampu menerima kritik dengan lapang karena anda tahu bahwa kritik ada bukan untuk menjatuhkan tetapi membantu menjadi lebih baik lagi. Melalui kritik, anda tahu apa saja yang seharusnya dilakukan agar bisa mencapai hasil yang maksimal.

  7. Beradaptasi dengan perubahan

    Kepercayaan diri dapat membuat anda mampu untuk melalui dan menghadapi segala perubahan yang muncul disekitar anda, baik itu lingkungan kerja, rekan sejawat dalam timnya, atau perubahan beban tugas yang diemban. Anda akan menghadapinya dengan keyakinan atas kemampuan yang dimiliki. Ketika anda merasa bahwa kemampuan mereka tidak memadai, anda tidak akan berhenti dan mengasihani diri, tetapi akan mencari tahu dan mempelajari kemampuan tersebut sehingga anda mampu menyelesaikan tugas yang diberikan. Anda juga tidak segan untuk meminta bantuan atau bertanya ketika ada hal yang tidak dipahami atau tidak dimengerti.

    Itulah 7 ciri-ciri orang yang percaya diri, jika anda merasa belum memiliki ciri-ciri tersebut, maka anda dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga anda pun bisa menjadi individu yang percaya diri.