Back

6 Tips Mengatasi Bicara Gagap saat Presentasi

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa berbicara di depan umum, melakukan presentasi dapat menjadi hal yang menakutkan. Di mana, mereka sering berbicara gagap saat presentasi. Lalu, bagaimana cara mengatasi bicara gagap saat presentasi?

Sebenarnya, kondisi gagap saat presentasi atau berbicara di depan umum sering terjadi karena Anda mencoba untuk mengucapkan kata-kata dengan lebih cepat daripada kapasitas yang bisa dilakukan oleh mulut Anda. Sehingga, tubuh Anda memberi sinyal untuk melarikan diri, padahal diri Anda tahu bahwa seharusnya Anda berbicara dengan perlahan.

Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menghindari gagap berbicara saat presentasi, seperti berlatih, mengatur nafas, dan lain-lain. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai enam tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bicara gagap saat presentasi.

 

6 Tips Mengatasi Bicara Gagap saat Presentasi

Saat Anda mengetahui cara untuk mengatasi kecenderungan bicara gagap saat presentasi, maka Anda dapat melakukan presentasi yang memukau para audiens. Berikut ini enam tips yang dapat membantu Anda berbicara dengan jelas dan lebih rileks saat presentasi:

1.    Rajin Latihan Sebelum Presentasi

Kunci utama untuk mengatasi gagap saat berbicara di depan umum atau presentasi adalah latihan. Semakin sering Anda berlatih, maka semakin Anda terbiasa untuk berbicara di depan umum. Anda bisa berlatih di depan audiens yang sudah Anda kenal, atau merekam audio dan video sendiri. Dengan begitu, Anda bisa berbicara dengan lancar dan jelas saat presentasi nanti.

2.    Bayangkan Hal yang Positif

Membayangkan sesuatu yang positif akan membuat diri Anda menjadi rileks dan dapat melakukan presentasi dengan maksimal. Dengan membayangkan hal-hal positif dan menyenangkan bagi diri Anda, maka Anda dapat menghindari rasa gugup yang ada pada diri Anda sendiri.

Ada banyak hal positif yang bisa Anda bayangkan, seperti membayangkan keberhasilan Anda berbicara di depan umum dan membayangkan momen-momen yang menyenangkan.

3.    Tarik Nafas yang Panjang

Sebelum memulai presentasi, Anda perlu fokus pada kecepatan pernapasan Anda. Mulailah dengan menghirup dan menghembuskan nafas yang panjang serta lambat untuk menenangkan dan mengurangi kecepatan detak jantung Anda.

Saat Anda telah merasakan ritme pernapasan yang stabil dan terkendali, maka itu saatnya untuk mulai melakukan presentasi.

4.    Berbicara secara Perlahan

Biasanya, berbicara gugup terjadi saat pikiran dan mulut Anda tidak berada dalam keadaan sinkron. Sehingga, cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan berbicara secara perlahan.

Memperlambat tempo berbicara Anda memang terlihat sulit, namun Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu memperjelas artikulasi dan berhenti berbicara untuk waktu yang singkat.

Anda dapat memperjelas artikulasi dengan mengucapkan kata-katanya secara berlebihan. Misalnya, melebih-lebihkan gerakan bibir, lidah, dan rahang  saat mengucapkan sebuah kata.

Selain itu, Anda juga dapat memperlambat pengucapan dengan berhenti untuk waktu yang singkat. Dengan berhenti berbicara, Anda dapat memikirkan hal selanjutnya yang ingin Anda katakan secara lebih jernih.

5.    Lakukan Bahasa Tubuh yang Alami

Untuk mengatasi rasa gugup yang Anda rasakan, Anda perlu menyalurkannya dengan baik, seperti melakukan gerakan ringan. Dengan menggerakan tubuh sesekali selama presentasi, Anda akan menjadi lebih rileks saat berbicara di depan banyak orang.

Gerakan bahasa tubuh yang Anda lakukan saat presentasi pun harus alami dan bervariasi sesuai dengan konten yang Anda sampaikan. Sehingga, tidak mengalihkan perhatian audiens yang seharusnya fokus terhadap konten yang disampaikan.

6.    Selipkan Sedikit Intermezzo

Menyelipkan sedikit humor atau intermezzo di tengah-tengah presentasi Anda dapat membuat suasana menjadi lebih rileks. Sampaikanlah sesuatu yang dapat meringankan dan mencairkan suasana, namun masih tetap berhubungan dengan konteks yang Anda sampaikan.

Mulai dari berinteraksi dengan peserta, menceritakan fenomena umum atau kejadian lucu yang sesuai dengan konten pembicaraan.

Dengan menerapkan enam tips mengatasai gagap saat presentasi di atas, Anda pasti dapat menyampaikan presentasi yang lancar dan jelas. Sehingga, audiens mendapatkan informasi serta pengetahuan baru yang bermanfaat bagi mereka.

 

Referensi:

https://stamurai.com/blog/stop-stuttering-during-presentations/

https://www.duarte.com/presentation-skills-resources/stop-that-stutter-7-steps-to-overcome-presentation-performance-anxiety/