Back

6 Persiapan Sebelum Berbicara di Depan Umum

Banyak orang yang merasa takut saat diminta berbicara di depan umum, terlebih lagi ketika harus melakukan presentasi untuk menyampaikan sesuatu yang penting. Hal ini kebanyakan terjadi karena mereka kurang melakukan persiapan. Apa saja persiapan sebelum berbicara di depan umum yang perlu Anda lakukan?

Sebenarnya, ada beberapa hal yang wajib Anda persiapkan sebelum berbicara di depan umum agar penyampaian informasi yang Anda lakukan berjalan lancar. Pada artikel ini, akan dibahas enam persiapan wajib yang perlu Anda lakukan sebelum berbicara di depan umum.

6 Hal yang Bisa Dilakukan sebelum Berbicara di Depan Umum

1. Kenali Audiens dan Tempat Presentasi

Mengetahui siapa audiens yang akan mendengarkan presentasi Anda dapat membantu Anda untuk menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan mereka. Sehingga, informasi yang Anda sampaikan dapat berguna untuk kehidupan mereka.

Selain itu, Anda juga perlu mendapatkan banyak informasi mengenai dimana dan seperti apa tempat yang akan menjadi lokasi Anda melakukan presentasi, seperti di atas panggung dan menggunakan mikrofon atau tidak. Pastikan Anda mengetahui semua informasi yang dibutuhkan agar bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk berbicara di depan umum.

2. Buat Poin Utama dari Presentasi

Anda perlu membuat poin-poin utama dari presentasi atau pembicaraan yang Anda lakukan. Sehingga, Anda bisa menyampaikannya dengan lebih baik kepada audiens.

Cobalah untuk menguraikan materi Anda ke dalam beberapa kata kunci. Adanya kata kunci membuat Anda lebih mudah untuk mengingatnya, sehingga Anda bisa menyampaikannya dengan baik melalui garis besar dari kata kunci yang ada.

Selain itu, jika Anda tiba-tiba lupa dengan materi yang ingin Anda sampaikan, Anda bisa melihat catatan kecil tersebut untuk menggali memori apa yang Anda lupakan.

3. Mengatur Konten dengan Menarik

Setelah menentukan poin-poin utama yang ingin Anda tampilkan saat berbicara di depan umum, Anda juga perlu membuat konten dan mengaturnya agar menarik di mata audiens.

Atur konten yang ingin Anda sampaikan dengan mengedepankan kebutuhan dari audiens, seperti apa informasi yang ingin didapatkan oleh audiens, kebutuhan seperti apa yang dapat mempermudah hidup mereka dan lain-lain.

Pastikan, Anda menyampaikan konten tersebut dengan cara yang menarik. Misalnya, menggunakan, grafik, ilustrasi atau klip video. Sehingga, audiens tidak merasa jenuh saat menyimak presentasi Anda.

4. Siapkan Tampilan Visual

Presentasi dan berbicara di depan umum tak hanya tentang teks. Anda perlu mempersiapkan tampilan visual, seperti gambar, ilustrasi, dan klip video untuk lebih menggambarkan informasi yang ingin Anda sampaikan.

Adanya tampilan visual ini akan membantu audiens untuk mengingat dan memperjelas informasi yang Anda sampaikan. Sehingga, mereka bisa lebih memahami tentang hal yang Anda sampaikan saat presentasi.

5. Latihan dengan Teman

Saat Anda sering berbicara di depan umum, maka Anda akan semakin terbiasa dan kemampuan Anda pun akan semakin meningkat. Oleh karena itu, Anda perlu berlatih berbicara di depan beberapa teman atau orang yang Anda kenal.

Sehingga, Anda bisa mengetahui bagaimana perasaan saat berbicara di depan orang lain. Kemudian, Anda akan merasa terbiasa dan nyaman dari waktu ke waktu, karena sudah melakukan latihan. Jangan lupa untuk meminta saran dari teman atau orang yang telah menjadi partner Anda untuk latihan berbicara bersama.

6. Menenangkan Diri

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan diri sebelum presentasi adalah menenangkan diri. Jangan sampai diri Anda merasa gugup berlebihan hingga dapat mengacaukan acara tersebut.

Jadi, tenangkan diri dan tanamkan bahwa hal ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk bisa meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Katakan pada diri Anda sendiri, bahwa Anda bisa melakukannya dengan baik dan hebat.

Dengan begitu, Anda telah menanamkan afirmasi positif pada diri Anda sendiri agar bisa melewatinya dengan usaha yang maksimal.

Menerapkan keenam persiapan sebelum berbicara di depan umum tersebut membantu Anda untuk dapat menyampaikan informasi dengan efektif. Sehingga, pesan yang ingin Anda sampaikan dapat dimengerti oleh audiens. Selamat mencobanya ya.

 

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/how-to-prepare-for-public-speaking

https://crln.acrl.org/index.php/crlnews/article/view/19102/22119