Back

6 Cara Menjadi Guru yang Menginspirasi

Impian seorang guru adalah menjadi inspirasi bagi para muridnya. Untuk menjadi sosok yang menginspirasi murid, seorang guru perlu memiliki hal yang bisa disukai oleh mereka. Enam cara berikut ini akan membantu Anda untuk menjadi guru yang menginspirasi dan disukai oleh murid Anda.

Pengertian Guru

Dalam bahasa sansekerta secara etimologi guru berasal dari dua suku kata yaitu, “Gu” yang berarti “kegelapan” dan “Ru” yang berarti “cahaya”. Sementara secara harfiah, guru adalah seseorang yang menunjukkan cahaya terang dalam kegelapan.

Maka daripada itu, guru menjadi sosok yang dihormati oleh banyak orang. Karena, seorang guru memberikan cahaya terang berupa pengetahuan, kebijaksanaan dan kemampuan yang ia miliki untuk membimbing orang lain menuju masa depan yang cerah.

Kehadiran guru tidak hanya mengajarkan tentang pengetahuan, namun mereka juga mendidik muridnya menjadi pribadi yang baik agar siap menghadapi kehidupan di dunia yang sesungguhnya.

Tak jarang, orang-orang sukses hadir dari didikan guru yang mendorong dan menginspirasi diri mereka untuk terus belajar. Untuk menjadi guru yang dapat menginspirasi para muridnya, Anda tidak hanya perlu memperhatikan sisi akademiknya.

Namun, Anda juga perlu memiliki hubungan yang positif dengan mereka. Sehingga, Anda bisa memotivasi mereka untuk terus belajar dan berusaha untuk mencapai cita-cita mereka masing-masing.

6 Cara Menjadi Guru yang Menginspirasi

Tak hanya perlu pengetahuan yang luas, tapi guru yang bisa menginspirasi muridnya perlu memahami perasaan dan kebutuhan para muridnya. Lalu, membangun hubungan yang positif guna mendukung mereka untuk semangat belajar. Jika, Anda juga seorang guru dan ingin menjadi sosok guru yang menginspirasi, Anda bisa melakukan enam cara berikut ini:

1.   Bersikap Positif kepada Murid

Guru merupakan orang yang mengendalikan keadaan kelas, jika Anda datang dan bersikap negatif, maka hal tersebut bisa mempengaruhi keadaan kelas menjadi negatif pula.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berada dalam mood yang baik dan selalu bersikap positif selama mengajar di kelas. Sehingga, kelas bisa berjalan dengan kondusif dan murid-murid bisa menerima pelajaran dengan baik.

2.   Berikan Pujian atas Pencapaian Murid

Memberikan pujian kepada murid akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Hal ini akan mendorong diri mereka untuk menjadi lebih baik dan lebih rajin lagi dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Tidak hanya memberikan pujian saat murid berhasil dalam suatu hal atau mendapatkan nilai yang bagus. Namun, Anda juga perlu memberikan pujian atas usaha yang telah mereka lakukan. Sehingga, mereka tidak putus asa untuk mencoba dan meningkatkan kemampuannya.

3.   Dengarkan Perasaan Murid dan Berikan Nasihat

Cobalah sesekali mendengarkan cerita atau perasaan dari murid Anda. Dengarkan keluh kesah mereka tentang pelajaran, sekolah atau kehidupan. Kemudian berikan nasihat yang mendorong mereka untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Walaupun terkesan sederhana, menjadi pendengar yang baik dan memberikan nasihat pada murid Anda akan meningkatkan kepercayaan diri mereka dan tentunya hal tersebut sangat baik untuk perkembangan mereka.

4.   Mengajar dengan Tulus

Guru yang baik adalah seorang guru yang mengajarkan muridnya dengan tulus. Dengan mengajarkan pengetahuan, kebijaksanaan atau kemampuan dengan tulus, maka hal yang Anda ajarkan tersebut akan diterima oleh murid dengan baik.

Jadi, pastikan Anda selalu mengajar dengan setulus hati untuk menjadikan para penerus bangsa orang yang hebat dan bisa memajukan Indonesia.

5.   Mengambil Risiko saat Mengajar

Tak ada salahnya mengambil risiko dalam mengajar. Cobalah mengajar dengan cara-cara yang kreatif, di mana cara mengajar Anda bisa membuat murid lebih cepat paham dan mengerti tentang materi yang Anda ajarkan.

Jadi, jangan takut untuk berbeda dari biasanya, apabila hal tersebut bisa membawa Anda dan orang sekitar Anda menjadi lebih baik, maka lakukanlah.

6.   Mendorong Murid untuk Berusaha Maksimal dalam Belajar

Jangan pernah berhenti mendorong dan memotivasi mereka untuk berusaha semaksimal mungkin dalam belajar serta hal lainnya yang mereka sukai untuk menggapai masa depan yang indah.

Dengan dukungan yang tak pernah henti dan perhatian yang Anda berikan, Anda bisa membantu mereka untuk mencapai cita-citanya.

Dengan menerapkan keenam cara tersebut, Anda sebagai guru bisa memahami perasaan dan mengetahui kemampuan murid yang berbeda-beda. Sehingga, Anda bisa memaksimalkan potensi tersebut untuk mendorong mereka mencapai cita-cita. Maka, dengan begitu Anda bisa menjadi guru yang menginspirasi dan selalu diingat oleh para murid. Karena ketulusan Anda dalam mengajar dan mendidik telah membuat mereka menjadi orang yang sukses.