Back

6 Cara Memprioritaskan Tugas dan Bagaimana Mengeksekusi Rencana

Selama melakukan pekerjaan, tugas sering diprioritaskan berdasarkan kebutuhan tugas itu sendiri atau seberapa mendesak tenggat waktu. Dalam merancang rencana penjualan, anda akan menemukan bahwa ada berbagai jenis tugas yang perlu diselesaikan. Hal ini dapat menyebabkan bahwa tugas-tugas yang perlu diselesaikan dapat membuat Anda kewalahan, jadi Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Ketika ini terjadi, yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk memprioritaskan tugas.

Dalam menyiapkan prioritas tugas, Anda tidak perlu hanya mengurutkannya berdasarkan tingkat minat dalam tugas. Ada 6 cara yang dapat Anda lakukan dalam prioritas tugas, yaitu:

  1. Step-by-step:

Ketika tugas harus dilakukan berdasarkan urutan yang ada, maka anda dapat menyusunnya secara langsung sebagai urutan prioritas.

  1. Order of importance:

Tugas yang merupakan kunci atau inti dari keberhasilan suatu proyek perlu diselesaikan terlebih dahulu dibandingkan dengan tugas - tugas lain.

  1. Most profitable first: 

Ketika Anda memiliki satu tugas tertentu yang dapat memberi Anda kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan laba dalam waktu cepat, maka Anda perlu melakukan tugas tersebut terlebih dahulu.

  1. Hardest thing first:

Jika Anda merasa bahwa satu tugas terasa lebih sulit daripada yang lain, maka Anda dapat menyelesaikannya terlebih dahulu. Tugas-tugas yang sulit dapat menjadi blok mental yang dapat mencegah Anda melangkah maju, dengan menghadapinya terlebih dahulu maka Anda akan merasa bahwa proses selanjutnya akan lebih mudah.

  1. Easiest thing first:

Mungkin Anda merasa bahwa menghadapi tantangan yang paling sulit akan membuat Anda merasa kewalahan, oleh karena itu Anda dapat mulai dari yang mudah. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan momentum untuk pindah ke tugas berikutnya yang lebih sulit.

  1. Most obvious first:

Ada tugas yang paling jelas perlu Anda lakukan terlebih dahulu, maka Anda perlu melakukan tugas tersebut lebih dahulu daripada yang lain.

Setiap hari Anda harus memulai hari Anda dengan menyusun prioritas tugas dalam daftar tugas-tugas yang Anda miliki. Pilih antara 6 opsi tersebut yang menurut Anda paling cocok untuk Anda. Setelah memiliki rencana yang matang, maka langkah selanjutnya adalah menjalankannya. Anda dapat melakukan ini dengan mengeksekusi 7 hal berikut, yaitu:

  1. Stick to it, Anda perlu tekad untuk memastikan bahwa Anda akan menjalankan dan mengikuti rencana yang Anda buat.
  2. Training, dengan menghadiri pelatihan maka Anda dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk dapat menjalankan rencana dengan baik.
  3. Result, adalah apa yang Anda dapatkan dalam mencapai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.
  4. Enthusiasm, dapat memberi Anda ambisi dan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan rencana.
  5. Benefit, dapat memberi Anda motivasi untuk mencapai kesuksesan
  6. Optimisme, kepercayaan diri yang dapat membantu Anda menghadapi tantangan
  7. Reach, komitmen dalam mengambil risiko dan peluang yang dapat membuat Anda lebih baik secara profesional dan pribadi.

Itulah yang Anda perlu perhatikan dalam menyiapkan pengaturan prioritas tugas yang perlu anda kerjakan dan bagaimana menjalankannya. Dengan menerapkan langkah-langkah prioritas terlebih dahulu, Anda bisa menjadi penjual yang sukses.