Back

5 Tips Meningkatkan Pengalaman Berbelanja Pelanggan

Sebagai pebisnis yang hebat, Anda tidak bisa hanya mementingkan target penjualan saja. Pengalaman pelanggan saat berbelanja menjadi hal yang harus ikut diperhatikan. Pengalaman yang baik akan menimbulkan rasa puas dan kenangan yang bagus. Kepuasan pelanggan akan mengamankan posisi Anda dalam dunia bisnis.

Jika ingin bisnis Anda menjadi yang terdepan, maka Anda harus memperkenalkan metode baru dalam berjualan atau setidaknya meningkatkan metode yang sudah ada. Agar dapat melakukannya, berikut lima tips meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan:

Meningkatkan Pengalaman Berbelanja Pelanggan

  1. Cari Peluang untuk Melakukan Cross Selling

Cross selling merupakan usaha penjual untuk menawarkan produk atau jasa yang sama, namun dengan manfaat yang lebih besar. Misal, Anda menjual produk makanan cepat saji yang dalam satu paketnya berisi makanan dan minuman. Setelah melakukan cross selling, Anda menambahkan pencuci mulute dalam paket tersebut.

Sebelum Anda melakukan cross selling, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

  • Apakah produk atau jasa lain dapat dinikmati pelanggan dan melengkapi apa yang sudah ada?
  • Apakah produk atau jasa lain dapat memenuhi kebutuhan pelanggan?
  • Bagaimana cara agar pelanggan merasa lebih mudah dalam membeli atau menggunakan jasa Anda?
  • Apakah produk atau jasa tersebut dapat meningkatkan kegunaan dari yang dibeli?
  • Produk atau jasa apa yang sering digunakan pelanggan setelah menggunakan produk yang Anda tawarkan?
  1. Mengidentifikasi Metode Berjualan yang Baru

Inovasi muncul karena adanya masalah. Ketika hal itu terjadi, Anda bisa meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan dengan membuat metode berjualan yang baru. Berikut ini cara agar Anda mendapatkan gagasan baru dalam berjualan:

  • Tuliskan daftar masalah yang anda yakini menghalangi tercapainya sales goals.
  • Tuliskan daftar keluhan dan sugesti dari pelanggan
  • Susun daftar masalah Anda dalam urutan paling serius ke kurang serius, kemudian pilih lima besar dari daftar tersebut
  • Brainstorm solusi terhadap masalah yang terpilih
  • Pilih solusi terbaik untuk setiap masalah, selanjutnya implementasikan.

Jangan ragu untuk mengimplementasikan metode baru tersebut. Berhenti memikirkan tentang hasil akhir, seperti peningkatan penjualan. Pengalaman berbelanja yang menyenangkan, akan membuat konsumen datang kembali.

  1. Identifikasi Peluang yang Menghasilkan Keuntungan

Cara terbaru untuk berjualan tidak harus menghabiskan waktu maupun uang anda. Beberapa inovasi bisa menghemat waktu dan uang serta membuka peluang untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

Sering kali seorang pebisnis menggabungkan dua atau lebih bisnis menjadi satu. Misal, toko peralatan elektronik seringkali memiliki bagian service. Toko pakaian di pasar tradisional, juga menjual minuman dingin.

  1. Menyiapkan Pelanggan atas Perubahan

Tidak jarang pelanggan menolak perubahan, terlebih lagi jika mereka sudah terikat dengan cara lama dalam melakukan bisnis. Akan tetapi, apabila perubahan yang Anda tawarkan merupakan hal terbaik bagi mereka, maka Anda harus mempertahankannya.

Cara dan waktu terbaik dalam menyiapkan pelanggan atas perubahan, yakni sebelum perubahan tersebut terjadi. Berikut ini tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk meyakinkan pelanggan:

  • Tunjukkan kepada beberapa pelanggan mengenai gagasan perubahan yang ingin anda lakukan. Kemudian, minta pendapat mereka. Masukan yang Anda terima dapat meningkatkan gagasan menjadi lebih baik.
  • Lakukan test-drive. Jangan sampaikan gagasan pada semua pelanggan dalam satu waktu. Lakukan uji coba terlebih dahulu kepada sekelompok pelanggan yang terpilih.
  • Tetap beri pelanggan informasi terkini. Apabila Anda merasa tidak yakin dengan reaksi pelanggan mengenai perubahan, maka Anda perlu menyiapkan mereka untuk menghindari rasa terkejut. Jika anda yakin pelanggan akan menyukainya, sedikit kejutan dapat menjadi hal yang baik.
  1. Melayani Pelanggan yang Mahir

Pelanggan zaman sekarang adalah orang yang tech savvy atau melek teknologi. Mereka mahir mencari tahu berbagai informasi. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui produk atau jasa dengan sangat baik. Tujuannya agar Anda selangkah lebih maju dari para pelanggan dan membuat Anda terlihat lebih profesional. Anda pun dapat memberikan customer service lebih baik dari sebelumnya.

Itulah lima tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan. Pengalaman baik dan kepuasan pelanggan adalah nomor satu agar bisnis Anda tetap bertahan.