Back

5 Tips Membangun Blueprint Layanan Bintang 5

Dalam dunia bisnis, Anda tentu sering mendengar diksi Blueprint. Diksi ini awalnya digunakan dalam bidang arsitektur untuk menyebut gambar rencana bentuk dan komposisi bangunan pada kertas berwarna biru. Namun lambat laun, diksi ini mengalami pergeseran makna menjadi lebih luas.

Dalam kamus Oxford, blueprint didefinisikan sebagai “detailed description of a plan”, sebuah rancangan yang dirumuskan berdasarkan tujuan. Berisi arahan setiap kegiatan organisasi secara berkelanjutan, dan acuan untuk membuat kerangka kerja. 

Saat Anda memutuskan untuk menerapkan layanan bintang 5 bagi pelanggan dan karyawan, langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat blueprint. Untuk membuat Anda lebih memahami dan mudah dalam membuat blueprint, ikuti 5 tips berikut ini:

  1. Tentukan Persona Brand Anda

 Beberapa pelaku bisnis kadang sulit membedakan apa itu brand dan merek. Walaupun secara literal kata brand dalam bahasa Indonesia diasosiasikan dengan merek tapi sesungguhnya memiliki makna yang lebih.

Brand  adalah pengalaman konsumen secara keseluruhan yang membedakan produk Anda dari para pesaingnya yang dilihat dari sisi konsumen. Sebuah brand lebih dari sekedar nama ataupun logo, melainkan janji mengenai pengalaman yang bisa didapatkan pelanggan.

Menciptakan pengalaman konsumen dimulai dari janji yang Anda sebutkan dalam berbagai media promosi seperti  iklan di televisi,  toko, secara online, melalui telepon, bahkan berhadapan langsung dengan karyawan. Artinya, pelanggan dapat menetapkan seperti apa organisasi Anda berdasarkan banyak faktor baik itu yang disengaja maupun tidak. Saat Anda membangun persona melalui berbagai media promosi, saat itu pula calon pelanggan memiliki keinginan untuk mendapatkan hal sesuai apa yang mereka lihat. Sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan pengalaman brand yang diinginkan organisasi Anda dan pelanggan.

  1. Bangun Citra Positif

Citra Brand  ditampilkan berupa personalitas unik dan pembeda antara brand atau produk anda dari brand lain yang ada di pasaran. Untuk itu penting bagi Anda membangun citra positif bagi brand Anda. Citra yang baik akan sangat berpengaruh pada jumlah penjualan produk.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan layanan yang dapat dikenal secara positif oleh pelanggan maupun karyawan Anda sendiri, yaitu:

  • Ciptakan layanan bintang 5 yang baik
  • Pastikan bahwa organisasi anda tahu bahwa Anda ingin menciptakan layanan bintang 5 yang baik
  • Dokumentasikan apa saja yang Anda lakukan
  • Bagikan kisah kesuksesan Anda
  • Memuaskan pelanggan dan buatlah mereka sangat senang sehingga mereka akan dengansendirinya mempromosikan layanan Anda dengan menceritakan pengalaman menyenangkan mereka ke orang lain
  • Pastikan bahwa anda dapat menyajikan apa yang sudah anda
  1. Pemberi solusi yang tepat

Layanan pelanggan hadir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dilakukan secara personal dengan terlebih dahulu pelanggan mengutarakan masalah atau keluhannya. Karena lebih personal, maka Anda perlu memastikan bahwa tim Anda dapat memberikan solusi yang tepat dalam waktu yang cepat.

Dengan pendekatan tersebut dan mengutamakan kebutuhan pelanggan, orang cenderung akan maumembayar sebuah solusi, terutama jika solusi tersebut tepat dan memang berharga.

  1. Karyawan Layanan Pelanggan adalah duta perusahaan

Ingatlah, bahwa sebagai karyawan di organisasi, Anda merupakan bagian dari brand. Untuk itu Anda perluterus memberikan layanan yang terbaik karena menjadi cerminan dari  brand. Ketika Anda mampu menyajikan layanan bintang 5 yang baik dan memuaskan, pelanggan yang senang Akan melihat brand tersebut sebagaimana Anda melayani mereka.

  1. Tahapan dalam proses pembelajaran

Melakukan layanan bintamg 5 tidak semudah seperti apa yang orang-orang pikirkan. Ada perjalanan terjal dan proses panjang untuk brand Anda benar-benar mendapatkan pengakuan dari pasar. Untuk itu Anda dan tim harus membuka diri untuk terus mau belajar dalam rangkaian proses ini.

Dalam proses pembelajaran terdapat 5 tahap yang akan anda lalui, yaitu:

  • Yipee curve: Merupakan posisi dimana Anda memulai menggunakan ide baru dan mendapatkan hasil yang baik dengan cepat. Pada saat ini, Anda perlu menikmatinya dan gunakan serta coba segala cara yang bisa Anda lakukan
  • “Oh no!” drop: Ketika Anda mengalami kegagalan dan apapun yang Anda lakukan terasa salah. Pada saat ini, akui dan pastikan bahwa Anda memiliki orang-orang di sekitar Anda yang mendukung untuk terus maju, sehingga yang perlu dilakukan adalah jangan berhenti.
  • Pit bounce: Titik terendah dimana kebanyakan orang berhenti mencoba karena mereka merasatidak dapat mendaki kembali padahal belum Pada saat ini, tulis ulang tujuan Anda dan buat keputusan untuk mencoba lagi dan lagi.
  • “Oh, I see” climb: Adalah ketika Anda mulai menyadari bahwa usaha Anda mulai terbayarkan. Segala teknik yang anda lakukan terasa lebih mudah dan layanan bintang 5 sudah menjadi teknik kehidupan. Pada saat ini, dokumentasikan pembelajaran yang Anda
  • Reward summit: Kondisi dimana segala kerja keras terbayarkan dan Anda mencapai kesuksesan. Pada saat ini, ajarkan orang lain apa yang sudah Anda pelajari sepanjang perjalanan.

Demikian 5 tips membangun blueprint layanan bintang 5. Semoga Anda dapat mengikuti dan mulai membuat blueprint versi Anda sendiri. Layanan bintang 5 mungkin butuh waktu untuk membuat Anda mencapainya tetapi bukan sesuatu yang mustahil. Pastikan pula Anda melibatkan sebanyak mungkin orang dalam organisasi Anda untuk membantu. Karena kerjasama akan membuat Anda lebih dekat mencapai tujuan.