Back

5 Manfaat Memiliki Growth Mindset

Apakah anda ingin mengetahui bagaimana cara untuk menjadi orang yang percaya diri, atau mungkin anda ingin meningkatkan kepercayaan diri anda? Jika iya, anda bisa melakukannya dengan menggunakan Growth Mindset. Growth Mindset adalah pola berpikir bahwa bakat dan kemampuan adalah hal yang dapat dikembangkan. Pola pikir ini berfokus pada keberanian untuk berusaha keras, belajar, dan menjadi lebih baik. Lawan dari Growth Mindset adalah Fixed mindset, yaitu ketika anda memandang bahwa bakat dan kemampuan adalah sesuatu yang tidak dapat berubah atau dikembangkan, dan sudah dimiliki sejak lahir.

Growth mindset membuat anda melihat bahwa proses belajar adalah hal yang utama, sehingga anda tidak merasa malu untuk meminta bantuan atau meminta diajarkan oleh orang lain. Anda malah akan menjadi lebih percaya diri untuk meminta diajarkan oleh orang yang lebih ahli karena anda tahu bahwa anda akan mendapatkan ilmu dan keterampilan langsung dari orang yang memang sudah mampu dan sukses dalam melakukan hal tersebut. Hal ini dapat membuat anda juga mampu untuk mencapai tujuan anda karena kemampuan yang anda pelajari dari orang ini merupakan kemampuan yang maksimal. Anda juga tidak akan takut ketika seseorang mengkritik anda dan hasil yang anda capai. Anda tahu bahwa kritik tersebut bukan merupakan serangan terhadap anda secara pribadi, melainkan merupakan masukan dan penilaian terhadap hasil kerja anda saat itu. Anda menerima kritik dan saran sebagai masukan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan anda, sehingga nantinya anda dapat mencapai tujuan anda dengan sukses.

Berdasarkan penelitian Carol S. Dweck mengenai growth mindset, proses berpikir orang-orang dengan pola berpikir ini adalah mereka menyadari bahwa kecerdasan mereka masih bisa dikembangkan. Hal ini mendorong mereka untuk terus belajar dan menjadikan proses belajar sebagai tujuan mereka. Orang-orang dengan growth mindset juga merasa bahwa usaha keras mereka dalam belajar dan berlatihlah yang menjadikan mereka lebih kuat. Yang kemudian hal-hal ini akan membawa mereka pada kesuksesan.

Maka dari itu, dengan mengubah pola pikir anda menjadi pola pikir growth mindset, anda akan menjadi individu yang lebih percaya diri ketika menghadapi segala rintangan dalam hidup dan yakin bahwa anda mampu mencapai tujuan anda. Berikut adalah 5 manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memiliki pola pikir growth mindset:

  1. Lebih percaya diri

    Hal ini dikarenakan anda akan berfokus pada proses pencapaian tujuan. Ketika anda berfokus pada hasil akhir yang harus sempurna, anda menjadi takut untuk mencoba atau melangkah. Anda akan takut gagal atau melakukan kesalahan, dimana mungkin akan membuat anda malu atau merasa rendah diri. Akan tetapi dengan growth mindset, anda tahu bahwa kegagalan serta kesalahan tersebut merupakan kesempatan bagi anda untuk berkembang lebih baik. Tentu anda tetap memiliki tujuan yang ingin anda capai dengan sukses, tetapi anda tidak akan membuang waktu dan energi anda untuk berlarut-larut pada ketakutan maupun kegagalan yang mungkin akan anda hadapi nantinya.

  2. Tidak takut gagal

    Bagi anda dengan pola pikir growth mindset, kegagalan merupakan salah satu batu pijakan atau proses bagi anda untuk suatu saat berhasil mendapatkan tujuan yang ingin anda capai. Anda juga akan mampu menghadapi kekurangan yang anda miliki. Anda tidak segan atau ragu untuk berlatih terus atau mempelajari bidang yang menurut anda kurang anda kuasai.

  3. Inovatif

    Karena orang dengan pola pikir growth mindset tidak takut gagal, mereka juga akan menjadi lebih berani dalam mengambil risiko dan berinovasi untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Ketika anda memandang talenta dan keterampilan sebagai sesuatu yang bisa terus dikembangkan, maka anda akan terus belajar dan menemukan cara-cara baru dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, kegigihan orang dengan growth mindset juga akan membantu mereka dalam menguji coba dan mengambil risiko yang dibutuhkan demi menemukan cara paling efektif dalam mencapai tujuan.

  4. Pantang menyerah dan mampu menerima kritik

    Dengan melakukan pola pikir growth mindset, anda akan lebih berani menghadapi tantangan dan pantang menyerah ketika menghadapi hambatan. Anda juga dapat menerima kritik secara lebih baik dan belajar dari kritik tersebut. Bagi anda, kritik merupakan masukan yang dapat membangun anda menjadi lebih baik. Anda tidak takut akan kritik karena anda tidak menganggapnya sebagai serangan terhadap diri anda secara pribadi, melainkan sebuah masukan bagi hasil kerja anda saat itu. Hal ini membuat anda mampu melihat masalah dan bagaimana cara mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  5. Menghargai orang lain

    Growth mindset juga membuat anda menghargai kesuksesan orang lain. Anda akan turut senang ketika orang lain di bidang yang sama dengan anda mencapai kesuksesan. Anda melihatnya sebagai inspirasi dan pembelajaran bagi anda bahwa anda pun bisa mencapai kesuksesan yang sama seperti orang tersebut. Anda tidak takut atau malah menjadi tidak percaya diri ketika melihat orang lain sukses karena bagi anda itu bukanlah tekanan untuk menjadi lebih baik dari orang tersebut, melainkan sebagai inspirasi bahwa jalan untuk mencapai kesuksesan itu tidak mustahil untuk dicapai.

Demikian 5 manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengubah pola pikir anda menjadi growth mindset. Jadilah pribadi yang lebih baik dan teruslah tumbuh.