Back

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Merancang Brand Presence secara Online

Brand presence menjadi salah satu usaha seorang pebisnis untuk menghadirkan dan memasarkan merek dagang yang dimiliki. Ada lima hal yang perlu dilakukan saat merancang brand presence secara online agar usaha yang Anda lakukan menjadi lebih efektif.

5 Hal untuk Merancang Brand Presence

Hal terpenting dari segala usaha untuk merancang brand presence adalah konsistensi. Setiap alat marketing harus dapat dikenali dengan mudah oleh calon pelanggan, baik dalam ruang lingkup offline maupun online.

Gunakan desain dasar, warna, font dan logo yang sama dalam setiap alat marketing Anda. Pastikan bahwa kartu nama, peralatan tulis, brosur, pamflet, newletters, website maupun blog Anda memiliki brand presenceyang sama.

Jika Anda bukan lah seorang designer, maka menggunakan jasa profesional penting untuk dilakukan saat membuat alat marketing. Itu karena Anda harus menggunakan alat marketing tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, ada lima hal lain yang pelu dilakukan saat merancang brand presence terutama dalam ruang lingkup online:

  1. Memiliki Domain atau Website Khusus

Saat merambah pasar online, Anda wajib memiliki domain atau website khusus. Pelanggan akan tahu harus kemana ketika mereka mencari Anda atau produk yang Anda miliki. Apabila anda merupakan penjual yang bekerja untuk sebuah perusahaan, maka domain ini dapat anda gunakan untuk membantu pelanggan menemukan perusahaan tempat anda bekerja. Pastikan bahwa website atau domain ini memiliki desain yang konsisten dengan alat marketing anda yang lain.

  1. Membuat Blog

Entah Anda memiliki website atau tidak, membuat blog dapat membantu Anda tetap terhubung dengan komunitas blogging. Menjaga hubungan dalam komunitas baik itu online ataupun offline dapat menjadi kunci atas keberhasilan penjualan secara jangka panjang.

Jagalah agar apa yang anda post agar tetap terlihat profesional. Pikirkan bagaimana pesan yang tertulis dapat mencerminkan diri Anda dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi pelanggan tentang diri Anda.

  1. Berkontribusi dalam Komunitas Online

Bahkan setelah memiliki blog ataupun website sendiri, Anda tetap perlu hadir dalam komunitas online. Berkontribusilah dalam menjawab blog orang lain dengan informasi yang anda milki. Jika memungkinkan dan sesuai pada tempatnya, Anda bisa membahas mengenai website dan blog anda agar mendapatkan traffic dari komunitas tersebut ke situs anda.

  1. Memiliki e-Newsletter

Saat ini, memiliki e-Newsletter menjadi alat marketing baru yang sering dipraktikan oleh para pebisnis.e-Newsletter dapat mendistribusikan informasi terbaru atau mempromosikan mengenai apa yang anda jual melalui email atau unggahan di website anda. Melalui cara tersebut membuat Anda dapat terus menjaga hubungan dengan pelanggan secara berkala tanpa terasa seperti penjual yang memaksa.

  1. Menambahkan Signature pada Akhir Email

Setiap program email memiliki pilihan untuk menambahkan signature pada setiap pesan yang dikirimkan. Anda bisa sertakan nama, informasi dan website anda pada signature email anda.

Tentunya menciptakan brand presence di internet bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan sekali saja. Ketikamembuat sebuah website, Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Anda perlu terus mengisinya dengan berbagai konten terbaru. Jika tidak, maka orang-orang akan berhenti mengunjungi website Anda dan berdampak pada penurunan bisnis yang Anda miliki.

Itulah lima hal yang perlu Anda lakukan saat merancang brand presence yang menarik. Jika menerapkan hal-hal tersebut dapat membuat pelanggan mudah mengingat bisnis atau produk yang Anda miliki.