Back

5 Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Berhenti Mengeluh

Untuk dapat membangun budaya yang positif, maka penting bagi anda untuk dapat menghadapi orang-orang dengan energi vampire dalam organisasi. Peraturan No Complaining berfungsi agar karyawan tidak mengeluh kepada rekan kerja mereka terutama yang tidak mampu membantu atau memiliki posisi untuk mengatasi keluhan tersebut. Karena itu, karyawan didorong untuk membawa masalah yang mereka miliki kepada manajer atau orang yang memang memiliki posisi atau kendali untuk megatasi keluhan tersebut. Karena ketika karyawan mengeluh kepada orang yang tidak memiliki kendali atau tidak dapat memberi mereka solusi, maka keluhan tersebut hanya akan menjadi keluhan yang tidak bermakna dan tidak bermanfaat. Jenis keluhan ini hanya akan meningkatkan negativitas. Dengan mendorong karyawan untuk memikirkan kemungkinan solusi atas keluhan mereka, karyawan akan menjadi lebih diberdayakan dan menjadi pemecah masalah dibanding pembuat masalah.

Hal tersebut dapat dilakukan ketika perusahaan dan pemimpin mampu meningkatkan kepercayaan karyawan kepada mereka. Pemimpin harus mampu meningkatkan kepercayaan karyawan untuk mau dan nyaman berbagi keluhan serta gagasan kepada mereka. Penting bagi perusahaan untuk menyediakan sarana dan proses komunikasi yang mendukung bagi karyawan untuk dapat berbagi keluhan, gagasan, dan solusi. Dimana karyawan dapat mengetahui bahwa atasan mendengarkan mereka dan peduli dengan mereka, yang kemudian akan mempertimbangkan dengan serius gagasan yang diberikan.

Ketika anda melakukan sesuatu untuk mencapai kemenangan atau keberhasilan, maka anda perlu berkomitmen dengan diri anda sendiri bahwa meskipun anda gagal, anda tidak akan menyerah dan meninggalkan tujuan utama anda. keberhasilan itu pelru dikejar dan mengerahkan seluruh energi dan usaha yang anda miliki. Segala rintangan dan hambatan itu adalah hal-hal yang perlu dihadapi.

Budaya perusahaan yang positif dapat memberikan dampak langsung berupa anggota atau orang-orang dalam perusahaan tersebut menjadi lebih positif dan berfokus pada solusi. Sedangkan dampak berlanjutnya adalah akan menghasilkan energi positif serta terbentuknya sebuah budaya yang akan menarik lebih banyak karyawan berkualitas tinggi dan positif yang ingin bekerja di dalam perusahaan tersebut. Karyawan yang negatif akan keluar dengan sendirinya atau berkurang karena budaya tidak membiarkan energi negatif tersebut untuk tumbuh berkembang.

Agar peraturan ini dapat bertahan, maka terdapat beberapa hal atau saran yang dapat anda berikan atau implementasikan sebagai pengganti mengeluh. Berikut adalah 5 hal yang dapat dilakukan:

  1. Berlatih bersyukur: secara fisik anda tidak dapat stress dan bersyukur di waktu yang bersamaan, karena dua pikiran tidak dapat muncul di saat yang bersamaan. Ketika anda berfokus pada hal yang positif dan rasa syukur, maka anda tidak dapat menjadi negatif.Hal ini dapat dilakukan dengan selalu menghitung 3 apa yang anda syukuri di hari itu dan menunjukkan rasa syukur dan terima kasih anda kepada rekan kerja.
  2. Memuji orang lain: berfokuslah pada apa yang dilakukan dengan benar dibandingkan mengeluhkan apa yang dilakukan dengan salah. tentunya perlu memberi tahu apa kesalahan yang dilakukan sehingga mereka dapat tumbuh dan belajar, berikan 3 kali pujian lebih banyak dibanding kritik.
  3. Fokus pada sukses: mulailah jurnal kesuksesan dan fokuslah pada kesuksesan tersebut. Tuliskan apa saja kesuksesan anda setiap harinya, bisa itu berupa percakapan, keberhasilan, dan apa yang paling anda banggakan.
  4. Let Go: fokus pada hal-hal yang memang ada dalam kendali anda dan lepaskan hal-hal yang ada di luar kendali anda
  5. Berdoa dan bermeditasi: dengan melakukan kegiatan ini dapat mengurangi stress, meningkatkan energi positif, dan meningkatkan kesehatan, vitalitas, dan panjang umur.

Itulah alasan mengapa mengeluh perlu dihentikan dan 5 hal yang dapat anda lakukan untuk berhenti mengeluh. Terapkan dalam kehidupan pribadi maupun profesional anda dan anda pun akan merasakan manfaatnya.

citation
Gordon, J. (2018). The no complaining rule: Positive ways to deal with negativity at work. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.