Back

5 Cara Mendapatkan Fokus dan Perhatian Audiens saat Presentasi

Suksesnya sebuah presentasi dinilai dari fokus dan perhatian audiens selama menyimak penjelasan Anda. Di mana, mereka akan mendapatkan pengetahuan baru dari presentasi yang Anda lakukan. Lalu, bagaimana cara mendapatkan fokus dan perhatian dari audiens tersebut?

Untuk mendapatkan fokus dan perhatian audiens saat presentasi, Anda perlu melakukannya dari menit pertama. Karena, jika Anda melewatkan satu menit pertama, fokus dan perhatian mereka akan teralihkan pada bahan bacaan, laptop, ponsel dan lain-lain.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan fokus serta perhatian audiens saat presentasi dengan mudah. Dalam artikel berikut ini, akan dibahas lima cara yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan fokus dan perhatian audiens.

 

5 Cara Mendapatkan Fokus dan Perhatian Audiens saat Presentasi

Menyampaikan presentasi yang menyenangkan dan dapat membuat audiens untuk fokus serta ikut terlibat dalam presentasi Anda adalah kesuksesan. Berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan fokus dan perhatian audiens:

1.    Mulai Presentasi dengan Sesuatu yang Menarik

Menit-menit awal presentasi adalah waktu yang perlu Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Itu karena, menit awal adalah titik di mana Anda harus menarik perhatian dari para audiens. Sehingga, audiensbisa memberikan perhatian dan fokusnya pada presentasi yang Anda lakukan.

Jadi, mulailah presentasi Anda dengan sesuatu yang menarik, seperti kesimpulan yang mengejutkan yang seharusnya berada di akhir presentasi atau visi yang ingin Anda tanamkan pada audiens Anda dan bagaimana cara mencapainya.

2.    Gunakan Aturan 10 menit (10-minutes Rule)

Pastikan Anda menggunakan aturan 10 menit saat presentasi, di mana aturan ini berarti Anda perlu melakukan perubahan strategis setiap 10 menit. Anda bisa melakukan perubahan cara penyampaian atau penggunaan media yang berbeda saat menyampaikan presentasi agar audiens tidak merasa jenuh saat presentasi berlangsung.

Perubahan ini dapat berupa berbagai hal, seperti mengajukan pertanyaan ke audiens, memberikan cerita yang relevan dengan hal yang sedang dibahas atau menggunakan klip video atau foto yang berbeda untuk menarik perhatian dari audiens.

3.    Gunakan Foto atau Video yang Menarik

Untuk dapat membuat audiens Anda memberikan perhatian pada presentasi yang Anda lakukan, Anda perlu menyertakan foto dan klip video yang menarik selama presentasi. Jika presentasi hanya diisi oleh penjelasan Anda, kemungkinan besar audiens akan merasa bosan dan mudah lupa dengan presentasi yang Anda lakukan.

Dalam Brain Rules: 12 Principles for Surviving and Thriving at Work, Home, and School, Dr. John Medina menyatakan bahwa adanya tampilan visual akan mengalahkan semua indra. Di mana informasi yang Anda dengar tiga hari yang lalu akan Anda ingat 10% jika hanya disampaikan dengan berbasis teks. Sementara, jika informasi yang disampaikan didukung oleh keberadaan visual seperti gambar dan video, Anda mampu mengingatnya sebesar 65%.

Jadi, cobalah cari gambar dan video dengan resolusi bagus yang tentunya berlisensi ya, baik itu gratis maupun berbayar, seperti Freepik, Shutterstock, iStockphoto dan Fotolia.

4.    Jangan Baca Slide Presentasi

Anda harus ingat, jika visual mengalahkan indera pendengaran. Jadi, jangan membuat slide presentasi yang padat dengan teks. Di mana, Anda hanya akan membaca teks yang ada pada slide tersebut.

Kombinasi gambar, video, dan teks pada slide akan membuat audiens lebih mudah paham akan presentasi yang Anda lakukan. Apalagi, jika informasi yang Anda sampaikan cukup rumit, Anda perlu memberikan gambaran atau ilustrasi yang bisa membuat audiens mengerti penjelasan Anda.

5.    Ajukan Pertanyaan ke audiens

Tak hanya membuat audiens fokus dan perhatian saat presentasi, Anda juga perlu membuat audiensmerasa terlibat dengan presentasi yang Anda lakukan. Cobalah ajukan pertanyaan kepada audiens mengenai konteks yang baru Anda jelaskan.

Apabila tidak ada seorang pun yang mengajukan diri untuk menjawab, Anda bisa menunjuk satu audiens untuk menjawabnya, kemudian meminta audiens lain untuk memberikan tanggapan.

Menyampaikan presentasi serta menerapkan lima cara mendapatkan fokus dan perhatian audiens di atas dapat membantu mensukseskan presentasi Anda. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pengetahuan baru dari presentasi yang telah Anda lakukan.

 

Referensi:

https://www.americanexpress.com/en-us/business/trends-and-insights/articles/how-to-keep-your-audience-focused-on-your-presentation/

https://www.inc.com/jayson-demers/10-presentation-tricks-to-keep-your-audience-awake.html