Back

4 Strategi Penjualan Masa Kini Untuk Hasil Maksimal

Jual beli menjadi salah satu aktivitas yang tidak bisa lepas dari keseharian manusia. Aktivitas tersebut berkembang dengan sangat cepat dan lebih canggih dari sebelumnya. Seorang pebisnis atau penjual tidak bisa berdiam diri dengan mengandalkan strategi jual-beli yang lama. Kalau tidak, Anda akan kehilangan kesempatan untuk menarik konsumen dan kemudian disingkirkan oleh kompetitor lain.

Anda harus bersedia untuk maju dengan menerima berbagai perubahan strategi penjualan yang banyak dilakukan oleh pebisnis saat ini. Berbagai cara bisa dilakukan untuk terus mengikuti perubahan, baik di dalam maupun di luar industri Anda. Tujuannya, tentu saja agar memikat dan memengaruhi pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sayangnya, banyak sekali penjual yang terlalu sibuk untuk menjual produk atau jasa demi mendapat penghasilan, dibanding meluangkan waktu mencari cara untuk meningkatkan bisnisnya. Mencoba meningkatkan bisnis sama halnya dengan mengambil risiko. Risiko yang besar bisa meningkatkan risiko kerugian.

Alih-alih melakukan perubahan, penjual yang memiliki pandangan tertutup terhadap perubahan akan terlena dengan strategi penjualan lama. Padahal, strategi tersebut yang punya risiko kerugian yang lebih besar. Harapan memiliki bisnis yang sukses dan berjaya hanya sebatas angan.

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis atau penjual yang sukses, berikut ini empattrategi penjualan untuk mencapai hasil yang jauh lebih maksimal:

Strategi Penjualan Masa Kini

  1. Memaksimalkan Penggunaan Internet

Internet menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan dalam berbisnis. Di era milenial seperti saat ini, hampir semua aktivitas manusia tidak lepas dari penggunaan internet, termasuk kegiatan jual-beli. Anda harus selangkah lebih maju dari kompetitor lain dengan memanfaatkan dan memaksimalkan kemampuan internet.

Saat ini para pelanggan menggunakan internet sebagai sarana berbelanja. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan berbagai wadah penjualan untuk menawarkan produk atau jasa melalui internet. Caranya, yakni dengan memaksimalkan penggunaan media sosial, mendaftarkan bisnis Anda ke marketplace ternama atau membangun website penjualan sendiri.  

  1. Memahami Hal Mendasar dan Menemani Pelanggan pada Setiap Proses Pembelian

Teknik marketing atau pemasaran yang efektif memerlukan usaha yang terstruktur dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Penjual harus ada di sepanjang proses pengambilan keputusan pembelian.

Biasanya, sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, pelanggan akan melalui proses identifikasi kebutuhan atau masalah yang dimiliki. Kemudian, ia akan mencari produk atau jasa yang menjadi solusi atas kebutuhan tersebut. Selanjutnya, ada proses membandingkan harga dan mengukur risiko antara membeli atau tidak membeli. Ketika Anda mampu menemani pelanggan pada setiap proses pengambilan keputusan pembelian, maka keberhasilan dalam berjualan akan lebih terjamin.

Anda tidak harus selalu online untuk menemani pelanggan. Memasukkan deskripsi produk dengan jelas dan spesifik, bisa menjadi salah satu cara Anda untuk “menemani” pelanggan. Jika semua kemungkinan pertanyaan yang dimili pelanggan ada dalam deskripsi, maka mereka akan mudah menimbang, memilih dan menentukan untuk membeli produk Anda atau tidak.

  1. Memberikan Pertanyaan yang Tepat

Supaya menciptakan strategi penjualan yang efektif, Anda perlu mengidentifikasi cara yang dilakukan pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian. Berikut ini mpat pertanyaan yang perlu anda jawab agar bisa memaksimalkan strategi penjualan ke depannya.

  • Tempat Pelanggan Pertama Kali Menemukan Masalah atau Mengetahui Kebutuhan

Hal ini perlu Anda ketahui, sehingga Anda bisa menjadi orang pertama yang dapat menyadarkan atau memberi tahu tentang kebutuhan atau masalah yang pelanggan miliki.

  • Kemana Pelanggan akan Mencari Informasi Tambahan

Pastikan bahwa Anda menyediakan tempat untuk menjelaskan kepada pelanggan, apa saja produk dan jasa yang dapat Anda berikan.

  • Kemana Pelanggan Akan Pergi untuk Mengecek Harga

Cari tahu tempat pelanggan mengecek harga dan pastikan harga produk atau jasa tertera dengan benar dan jelas. Apabila anda ingin menaikkan harga, maka Anda perlu menjelaskan alasannya, terutama jika Anda memiliki tawaran ekstra.

  • Kemana pelanggan pergi mencari bantuan

Meski Anda sudah menyediakan tempat untuk informasi tambahan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, namun ada kalanya pelanggan ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan penjual. Maka dari itu, Anda harus tetap terhubung dengan pelanggan baik melalui telepon atau email.

  1. Mampu Memanfaatkan Perubahan

Seorang pelanggan bisa saja menemukan produk baru saat membeli sesuatu yang tidak berhubungan dengan kebutuhannya. Kemudian, ia pun ingin membelinya atas dasar emosional. Pastikan Anda tetap selangkah lebih awal dari pelanggan. Cara agar Anda dapat melakukannya, lakukanlah dua tips berikut:

  • Menggunakan Referensi Dan Testimoni

Referensi dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui perubahan di luar sana yang mungkin tidak Anda ketahui. Sedangkan testimoni dapat membantu mengetahui kelebihan atau kekurangan dari bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat mengetahui apa yang membuat pelanggan merasa ragu untuk membeli produk atau jasa. Dari situ, Anda akan mampu menetapkan rasa percaya pada benak pelanggan sepanjang proses pengambilan keputusan pembelian. Jika hal ini Anda lakukan, maka semakin rendah kemungkinan pelanggan untuk tidak jadi membeli.

  • Bertanya pada Pelanggan

Jangan ragu untuk bertanya bagaimana pelanggan akan mengambil keputusan dalam membeli produk atau jasa. Ketika terdapat perubahan dalam cara pelanggan berbelanja, maka Anda perlu menyiapkan diri untuk mengubah strategi penjualan.

Itulah empat strategi penjualan yang sering dilakukan oleh penjual masa kini. Terbuka akan perubahan dapat membuat Anda membangun bisnis yang lebih baik dan sukses. Jangan ragu untuk mencoba.