Back

4 Hal Penting yang Dilakukan Oleh Pemimpin Untuk Menjadi Role Model Yang Baik

Seorang pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk dapat mendorong, memotivasi, dan menginspirasi setiap anggotanya untuk dapat meningkatkan kinerja dan mencapai target atau tujuan yang sudah ditetapkan. Ketika sebuah tim sulit mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi, atau perilaku yang ditunjukkan tidak seperti yang diharapkan, hal ini bisa saja terjadi karena pemimpin belum berhasil menyampaikan dengan jelas apa yang diharapkan atau bahkan karena pemimpin belum berhasil bertindak sebagai role model yang baik bagi timnya. Hal ini menyebabkan karyawan tidak memiliki panutan yang bisa mereka jadikan teladan di dalam organisasi.

Ketika pemimpin mampu menjadi role model yang baik bagi timnya, maka mereka akan dapat memotivasi dan bahkan menginspirasi karyawannya. Karyawan yang terinspirasi juga akan menjadi jauh lebih produktif dan bahkan dapat menginspirasi karyawan lain di sekitar mereka untuk juga mampu mencapai tujuan yang lebih tinggi lagi.

Untuk dapat menjadi role model yang baik, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan apakah values atau nilai-nilai yang akan Anda pegang sebagai pemimpin. Kemudian, Anda perlu memberikan contoh dengan cara menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut dalam segala perilaku dan tindakan Anda. Dengan menjadi contoh nyata, Anda dapat menunjukkan secara langsung value yang Anda miliki. Ketika apa yang Anda ucapkan dan lakukan itu selaras, maka orang-orang akan semakin mempercayai Anda dan juga meningkatkan kredibilitas yang Anda miliki sebagai pemimpin.

Agar Anda bisa menjadi pemimpin yang dapat menginspirasi dan menjadi role model yang baik, Anda perlu menyadari bahwa hanya memberi inspirasi saja tidaklah cukup. Sebagai pemimpin Anda perlu memiliki toleransi terhadap stres yang tinggi, tidak merendahkan diri sendiri, dan bersikap optimis. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kerendahan hati dan empati untuk dapat tetap terhubung dengan setiap anggota tim Anda. Keterbukaan atas masukan dan tanggung jawab juga Anda perlukan untuk menjadi pemimpin yang baik. Mindfulness juga tidak kalah pentingnya bagi seorang pemimpin, karena dapat membantu Anda untuk tetap tenang ketika dalam situasi yang menekan, mampu berempati dengan sekitar, dan dapat mendengarkan dengan seksama.

Terdapat 4 hal yang perlu Anda lakukan atau contohkan sebagai pemimpin sehingga dapat menjadi panutanoleh anggota tim Anda, yaitu:

  1. Jujur

Kejujuran adalah hal paling penting yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Ketika Anda jujur, maka proses komunikasi akan berjalan dengan lancar dan efektif, sehingga bisa menciptakan pemahaman yang baik antara pembicara dan pendengar. Bertindak jujur bukan hanya sekedar tidak berbohong, melainkan juga bertindak secara konsisten antara apa yang Anda ucapkan dan Anda lakukan. Selain itu, segala perilaku maupun tindakan Anda pun sesuai dengan nilai maupun etika yang Anda pegang. Anggota tim Anda akan jauh lebih menghargai pemimpin yang memiliki pendirian dan berpegang teguh pada pendirian tersebut. Mereka tidak akan mempercayai pemimpin yang tidak mampu menunjukkan atau bertindak sesuai dengan nilai dan standar yang pemimpin tersebut miliki.

  1. Memiliki Visi

Setiap pemimpin yang sukses selalu memiliki visi terutama untuk jangka panjang. Hal ini penting untuk dapat membantu Anda melihat ke masa depan dan menetapkan tujuan organisasi secara jangka panjang. Dengan begitu, Anda akan mengetahui secara jelas ke mana Anda perlu melangkah dan strategi apa saja yang perlu diambil untuk dapat mencapainya. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menyampaikan apa visi misi yang Anda miliki sebagai pemimpin, sehingga anggota tim maupun karyawan Anda mengetahui apa peran mereka dalam mencapai tujuan organisasi.

  1. Memberi inspirasi

Karyawan tentunya menginginkan pemimpin yang antusias, penuh semangat, dan berpandangan positif mengenai masa depan. Maka dari itu pemimpin perlu mampu memberikan inspirasi, dan juga dapat menyampaikan wawasan dengan cara yang antusias dan berenergi. Sikap positif pemimpin juga bisa membuat karyawan merasa pekerjaan yang mereka lakukan lebih bermakna. Jika seorang pemimpin tidak menunjukkan semangat juang yang tinggi, maka karyawan juga tidak akan menunjukkan semangat juang yang tinggi. Tingginya semangat juang seseorang berhubungan erat dengan komitmen, terdapat 5 kunci komitmen yaitu:

  • Komitmen terhadap organisasi: Dimana seseorang berkomitmen untuk membangun organisasi, mendukung manajemen yang lebih tinggi, bergerak berdasarkan nilai-nilai dasar organisasi.
  • Komitmen terhadap diri sendiri: Pemimpin yang baik menunjukkan kekuatan dan kesan positif dalam segala situasi.
  • Komitmen terhadap konsumen: Pemimpin mampu berkomunikasi dengan jelas terhadap pelanggan, mendahulukan pelanggan, dan memperlakukan pelanggan sebagai prioritas utama
  • Komitmen terhadap orang lain: Pemimpin mampu menunjukkan dedikasi terhadap karyawan yang bekerja untuk mereka. Mampu menggunakan gaya kepemimpinan yang tepat untuk menolong agar karyawan dapat sukses, serta memberi umpan balik yang membangun.
  • Komitmen terhadap tugas: Pemimpin memberikan arti dan relevansi saat memberikan tugas pada karyawan. Mereka juga mengarahkan dan fokus dalam menyelesaikan tugas.
  1. Kompeten

Seorang pemimpin yang baik juga merupakan pemimpin yang kompeten dalam melakukan segala tanggung jawabnya. Hal ini dapat Anda tunjukkan dengan memberikan pengarahan, pendampingan, maupun pelatihan yang tepat kepada karyawan yang membutuhkan, dan tetap mencapai target yang dimiliki organisasi.

Itulah apa saja yang perlu Anda lakukan untuk bisa menjadi role model yang baik sebagai pemimpin. Ingatlah, apabila Anda ingin mengubah sesuatu, maka Anda perlu mulai melakukannya dengan mengubah perilaku Anda sendiri. Jadilah contoh bagi karyawan atau anggota tim Anda seperti apa perilaku atau hasil yang ingin dicapai. Semakin Anda mampu menginspirasi mereka, maka semakin tinggi juga kinerja yang akan mereka lakukan.

 

Citation:

https://dev.ppm-manajemen.ac.id/id_ID/blog/artikel-manajemen-18/post/tugas-berat-seorang-pemimpin-menjadi-role-model-1-1740

https://media.neliti.com/media/publications/121388-ID-kepemimpinan-berkarakter-sebagai-model-p.pdf

https://hbr.org/2017/04/how-to-be-an-inspiring-leader