Back

4 Hal Penting Untuk Mencapai Kesuksesan Dalam Berjualan

Setiap orang sukses dari segala jenis profesi biasanya mencintai pekerjaan yang mereka lakukan. Bahkan, jika mereka tidak mendapatkan banyak bayaran atas pekerjaannya tersebut, mereka akan tetap melakukannya. Untuk dapat menjadi penjual yang sukses, maka anda pun perlu mencintai semua hal yang berhubungan dengan berjualan. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk bisa mencapai kesuksesan adalah dengan membayangkannya. Kebanyakan orang yang belum sukses tidak tahu apa yang mereka suka lakukan sehingga tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Bermimpilah yang tinggi, lalu tuliskan dengan detil mengenai impian tersebut.

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah walking the walk. Anda tentu sudah mengenal istilah walking the talk, atau yang biasa dimaksud sebagai menjalankan apa yang anda ucapkan. Nah sekarang adalah saatnya walk the walk, atau melakukan apa yang anda tahu harus lakukan. Setelah anda tahu apa yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan, maka langkah berikutnya adalah melakukannya. Berikut adalah 4 hal yang dapat anda lakukan untuk bisa memulai walking the walk:

1. Berlatih berjualan:

Keterampilan anda dalam berjualan perlu terus dilatih, baik itu di tempat kerja, di rumah, atau lingkungan sekitar anda. Ingatlah bahwa kunci dari penjualan adalah kemampuan anda dalam menciptakan dan menjaga hubungan personal dengan pelanggan. Berlatihlah dalam menciptakan hubungan yang bermakna dengan semua orang yang anda temui.

2. Menerima perubahan sebagai strategi untuk berkembang

Satu-satunya cara untuk bisa bertahan dalam era ini adalah dengan tidak menolak perubahan. Anda perlu berani mengambil risiko untuk bisa mengembangkan diri anda menjadi lebih baik. Dengan begitu, anda bisa menemukan lebih banyak peluang yang terbuka.

3. Berinvestasi terhadap diri sendiri

Anda perlu bersedia untuk berinvestasi terhadap perkembangan diri anda sendiri. Hal ini dapat anda lakukan dengan menggunakan gadget atau teknologi terbaru untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan, serta mempekerjakan asisten sehingga tugas dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lebih baik.

4. Memiliki pola hidup yang seimbang

Untuk menjadi sukses tidak hanya pada karir saja. Anda juga harus menjadi sehat, memiliki hubungan yang bermanfaat, dan mengurus keluarga dengan baik. Ketika anda memiliki pola hidup yang seimbang, maka anda akan dapat mencapai kesuksesan dengan lebih baik.

Bekerjalah untuk bisa sukses dalam berbagai area hidup anda. Jangan lupa bahwa kesuksesan itu bisa anda dapatkan dengan bantuan orang lain. Terutama dalam sales, ketika anda memiliki lebih banyak rekan, maka apa yang anda bisa dapatkan akan menjadi lebih banyak. Berikut adalah 4 tips yang dapat anda lakukan untuk menggunakan kekuatan rekan kerja dalam meningkatkan kesuksesan anda:

1. Identifikasi apa yang anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan

Cari tahu apa yang anda ingin lakukan tetapi tidak dapat terjadi karena kurangnya waktu dan keahlian. Kemudian, anda dapat mempekerjakan rekan yang memiliki keterampilan dalam bidang tersebut. Anda juga bisa melakukan outsourcing atau mempekerjakan intern atau anak magang.

2. Meningkatkan hubungan perdagangan

Tentunya dalam proses penjualan berfokus pada pertukaran barang dan jasa, tetapi hal yang mendorong terjadinya proses tersebut adalah hubungan antara individu yang bersangkutan. Ketika anda fokus pada hubungan dengan pelanggan, rekan, dan bahkan kompetitor, maka anda bisa meningkatkan penjualan dengan lebih banyak dibanding ketika hanya fokus pada proses pertukaran barang dan jasa.

3. Bekerja sama dengan partner pribadi

Ketika anda bekerja sendiri, mungkin anda akan dengan mudah melewatkan tanggung jawab karena anda hanya perlu bertanggung jawab atas diri anda sendiri. Denngan bekerja sama dengan rekan atau partner pribadi, anda dapat menetapkan tujuan bersama dan menjaga satu sama lain untuk tetap berada dalam jalurnya. Anda pun dapat mencapai kesuksesan yang lebih tinggi dibandingkan ketika melakukannya sendiri.

4. Mencari mentor atau coach

Ketika anda memiliki mentor atau sales coach, anda bisa meminta nasihat atau pendapat dari mereka. Seringkali, para mentor ini dapat menunjukkan jalan pintas yang mempermudah perjalanan anda mencapai tujuan, membukakan peluang besar, dan memastikan bahwa anda sudah melakukan setiap halnya untuk tetap berjalan sesuai rencana.

Di sisi lain, anda juga bisa menjadi mentor baik itu bagi siswa atau penjual lain yang belum berpengalaman atau berkualifikasi. Dengan begitu, anda bisa mengasah kemampuan anda, meningkatkan pengetahuan mengenai teknologi maupun teknik marketing dan sales terbaru, serta menciptakan hubungan yang kuat dengan jejaring baru dan aset di masa mendatang.

Itulah apa saja yang perlu anda perhatikan apabila anda ingin menjadi penjual yang sukses. Ketika anda menerapkannya maka anda dapat menjadi lebih efektif dalam berjualan.