Back

4 Aspek untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Berbisnis dengan Anda

Bagi kebanyakan orang, ibu adalah sosok yang kita pedulikan dan hormati. Ajaran dan pedoman dari ibu dari kecil membangun kita untuk memahami apa pun yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga dapat membantu kita untuk tumbuh menjadi individu yang lebih baik dan sukses. Karena itu, kita tentu ingin selalu memberikan yang terbaik untuk ibu kita. Demikian juga di perusahaan, ketika Anda ingin perusahaan berhasil, Anda perlu menerapkan ajaran positif seperti yang diajarkan ibu Anda. Perusahaan harus dapat memberikan perhatian atau mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan situasi tersebut. Dengan begitu Anda dapat membangun hubungan yang seimbang dengan pelanggan.

Berdasarkan buku Would you do that to your mother karya Jeanne Bliss, ketika Anda ingin melakukan sesuatu, tanyakan pada diri sendiri "Apakah saya akan melakukan ini pada ibu saya?" Dengan begitu Anda dapat berpikir lebih jelas dan menghargai pelanggan sebelum membuat keputusan atau tindakan.

Pola pikir ini dapat membantu untuk karyawan yang bekerja di garis depan dan dalam organisasi sebagai tim. Untuk karyawan di garis depan dapat membantu mereka menyesuaikan respons terhadap pelanggan tergantung pada situasinya. Sedangkan tim dalam organisasi dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam melakukan bisnis dengan Anda. Bahkan, ketika digunakan oleh seorang pemimpin, itu dapat membantu memikirkan kembali apakah keputusan atau tindakan yang harus dilakukan oleh perusahaan dapat dengan benar membantu perusahaan tumbuh lebih besar. Perlakukan pelanggan dengan lebih baik seolah-olah Anda memperlakukan ibumu, maka Anda dapat memberikan pengalaman bisnis terbaik kepada pelanggan.

Di dalam buku ini juga menyebutkan bahwa ada 4 aspek yang perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, empat aspek tersebut adalah:

  1. Bangun karyawan untuk berkembang. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk dapat meningkatkan dan menginspirasi karyawan untuk bekerja.
  2. Memfasilitasi pelanggan untuk melakukan bisnis dengan Anda. Di mana Anda perlu fokus pada masalah umum yang sering muncul untuk pelanggan dan menyederhanakan atau menghapus masalah.
  3. Membantu pelanggan mencapai tujuan. Definisi tentang apa yang dapat ditawarkan perusahaan dan bagaimana menyajikannya kepada pelanggan sehingga lebih mampu membantu mereka mencapai tujuan.
  4. Tetapkan hubungan seimbang dengan pelanggan. Di mana Anda harus dapat merayakan dan memberikan hadiah kepada karyawan yang menjalankan nilai perusahaan yang dapat meningkatkan hubungan seimbang dengan pelanggan.

Itu 4 aspek yang perlu Anda ingat untuk dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam melakukan bisnis dengan Anda. Ketika Anda menerapkannya, maka Anda akan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda dan menjadi lebih sukses dalam melakukan bisnis. Penjelasan yang lebih mendalam tentang setiap aspek akan dibahas lebih lanjut dalam artikel berikutnya.