Back

3 Kunci Sukses Sebagai Guru Di Era New Normal

Seiring berubahnya perkembangan zaman karena pandemi yang melanda seluruh dunia, Indonesia dihadapkan pada era new normal. Di mana setiap orang perlu mulai terbiasa dengan perubahan kebiasaan atau kesehariannya. Pada era new normal ini banyak hal lebih berpusat secara online. Begitu juga dengan bidang pendidikan, di mana guru harus ikut serta menyesuaikan diri dengan setiap perubahan yang terjadi dan tentunya hal ini menjadi sebuah tantangan baru.

Selain itu, saat ini siswa cenderung sudah memahami bagaimana cara menggunakan internet untuk belajar, sehingga tugas bagi guru adalah bagaimana dapat menggunakan teknologi tersebut dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang diberikan. Maka dari itu, sebagai pengajar, Anda perlu memahami bagaimana cara menjadi pendidik yang efektif di era new normal seperti sekarang. Terdapat 3 kunci sukses sebagai guru di era new normal, yaitu:

 

  1. Terbuka akan perubahan teknologi dan informasi

Seorang guru yang sukses dan efektif adalah mereka yang mau belajar dan mencoba hal baru. Dalam era new normal seperti saat ini, salah satu hal baru yang perlu dipelajari adalah perubahan teknologi dan informasi. Teknologi dapat memudahkan Anda dalam merancang proses kegiatan belajar mengajar dan juga meningkatkan efektivitas komunikasi dengan siswa. Para pelajar pada generasi ini memiliki kemampuan mempelajari teknologi yang sangat cepat, maka dari itu sebagai guru, Anda pun perlu ikut serta meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi. Apabila ada hal yang Anda tidak ketahui, jangan malu untuk mencari tahu sehingga Anda bisa menjadi guru yang sukses.

 

  1. Kreatif dalam kegiatan belajar dan mengajar

Era New normal membuat proses belajar mengajar terasa sangat terbatas, di mana setiap hari baik guru dan siswa akan terus dihadapkan dengan kelas online. Akan tetapi, bukan berarti pilihan Anda untuk berkreasi saat mengajar itu juga terbatas. Ide kreatif Anda sangat dibutuhkan untuk dapat memberikan variasi dalam kegiatan belajar. Cobalah untuk menjadi lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Ketika Anda mampu memberikan variasi yang menarik tetapi tetap efektif dalam mengajar, maka siswa akan menjadi lebih tertarik dan bersemangat untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Terdapat begitu banyak hal yang dapat Anda telusuri di internet untuk mencari ide pembelajaran yang baru. Cobalah untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, sehingga siswa tidak cepat bosan dengan proses belajar online serta menjaga mereka tetap fokus di dalam kelas.

 

  1. Memberikan contoh yang relevan

Masih sejalan dengan kunci sukses sebelumnya, saat mengajar Anda juga perlu memberikan contoh yang relevan dan berhubungan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Dengan memberikan contoh yang berhubungan dengan kehidupan siswa, maka mereka akan merasa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang diberikan. Anda bisa melakukan riset sederhana untuk mencari tahu apa saja yang dapat dijadikan contoh dan masih berhubungan dengan materi yang disampaikan. Sajikan secara interaktif sehingga dapat mengajak siswa lebih bersemangat dalam memahami materi. Anda juga bisa menggunakan sesi sharing oleh siswa yang ingin menyampaikan pengalamannya dan bisa dihubungkan dengan materi yang Anda berikan. Dengan begitu kelas akan menjadi lebih dinamis dan aktif.

Selain ketiga kunci sukses tersebut, ingatlah bahwa meskipun kelas diadakan secara jarak jauh, Anda masih dapat menjalankan tugas Anda sebagai guru seperti di dalam kelas. Anda perlu mampu mengelola waktu serta energi yang Anda miliki agar dapat terus mengajar secara efektif. Selain itu, Anda juga perlu tetap meningkatkan kemampuan mendengarkan Anda.

Ingat, sebuah komunikasi yang baik itu bersifat dua arah. Meskipun Anda terkendala dengan jarak jauh yang memisahkan dengan siswa, bukan berarti Anda tidak dapat mendengarkan masukan maupun keluhan dari mereka. Pasang telinga Anda dengan baik-baik dan pahami apa yang mereka hadapi juga. Cobalah untuk memberikan solusi yang terbaik sehingga kelas dapat tetap berjalan dengan efektif dan siswa mampu terus menerima materi pelajaran dengan menyenangkan.