Back

3 Hal Penting Untuk Dilakukan Setelah Closing

3 Hal Penting Untuk Dilakukan Setelah Closing

Bayangkan jika anda telah menjalankan proses negosiasi yang berat dengan klien penting. Setelah usaha yang keras dan diskusi yang panjang, akhirnya anda serta klien mencapai kesepakatan dan berhasil melakukan closing.

Tentu anda akan merasa sangat senang dan puas bukan? Meski begitu, anda perlu mengingat bahwa terdapat tiga hal penting yang penting untuk anda lakukan setelah berhasil melakukan closing, yaitu:

  1. Mengulas proses

Untuk dapat mengulang kembali keberhasilan anda dalam melakukan closing pada satu negosiasi di negosiasi berikutnya, maka anda perlu melakukan pengulasan proses negosiasi.

Setelah anda berhasil melakukan closing, cobalah untuk mencari tempat yang tenang secepat mungkin dan pikirkan kembali tentang proses negosiasi yang sudah anda jalankan. Pikirkan kembali apa yang bisa anda lakukan secara berbeda, konsekuensi dari memilih setiap pilihan tersebut, dan apa yang akhirnya anda lakukan.

Tujuan dari melakukan hal ini bukan untuk meragukan apa yang sudah anda lakukan sebelumnya, melainkan melakukan pengulasan keseluruhan proses negosiasi dengan tenang. Hal ini dapat berguna bagi anda dan bagaimana anda menjalankan proses negosiasi berikutnya, terutama apabila anda berhasil menjalankan negosiasi tersebut.

Berikut adalah daftar pertanyaan yang bisa anda jawab sepanjang melakukan pengulasan negosiasi, yaitu:

  1. Apa informasi tambahan yang bisa anda kumpulkan sebelum negosiasi dimulai? Dimana anda bisa mendapatkan informasi tersebut?
  2. Apakah anda mengetahui tentang pihak lawan dengan cukup dan sesuai dengan yang anda butuhkan?
  3. Apakah anda memiliki informasi yang anda butuhkan mengenai pasar?
  4. Apakah tujuan anda tepat untuk situasi negosiasi?
  5. Apakah batasan yang anda tetapkan tepat untuk situasi negosiasi? Apakah anda mempelajari hal baru selama negosiasi yang membuat anda mengubah batasan tersebut?
  6. Apakah anda mendengarkan pihak lawan sebaik yang anda bisa? Apakah terdapat beberapa situasi dimana anda tidak memiliki kesabaran untuk mendengarkan pihak lawan?
  7. Apakah anda sudah menyampaikan tawaran dengan jelas sepanjang negosiasi?
  8. Seberapa sering anda menggunakan tombol pause anda? Apa yang terjadi sehingga membuat anda perlu menggunakan tombol pause?
  9. Apakah anda langsung closing? Berapa kali anda berusaha melakukan closing?

 

  1. Melakukan follow up 

Setelah anda selesai melakukan negosiasi, jangan anda menganggap proses negosiasi telah selesai sampai anda melakukan setiap tahapan yang diperlukan untuk memastikan bahwa kesepakatan yang telah disetujui sudah berjalan dengan baik.

Tidak peduli apakah anda merupakan bagian dari sebuah organisasi yang besar, atau bernegosiasi untuk diri anda sendiri, anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kesepakatan berjalan sesuai dengan yang sudah dinegosiasikan.

Bahkan, ketika anda memiliki departemen sendiri yang mengatasi detil lanjutan dari negosiasi, anda tetap perlu menghubungi departemen tersebut setelah satu atau dua minggu untuk memastikan bahwa proses follow up berjalan dengan baik.

Anda perlu melakukan pemeriksaan ini dikarenakan apabila terjadi sesuatu yang berjalan di luar rencana, maka anda perlu melakukan follow up serta memastikan bahwa pihak lawan tahu anda dan organisasi berusaha untuk melakukan alternatifnya.

Karena ketika ada sesuatu yang berjalan dengan tidak baik, maka yang akan mendapat penilaian buruk adalah anda meskipun yang memegang tanggung jawab bagian itu bukan anda. Hal ini dikarenakan pihak lawan bernegosiasi dengan anda, sehingga tanggung jawab di mata mereka jatuh kepada anda.

Maka dari itu, jadikan follow up ke dalam salah satu daftar tanggung jawab pribadi anda untuk memastikan bahwa pihak lawan bahagia. Usaha dan kerja keras tambahan ini akan memberikan anda manfaat ke depannya dan menjaga reputasi anda.

  1. Merayakan Keberhasilan

Setelah anda selesai mengulas dan melakukan follow up, barulah anda merayakan hasil dari kesepakatan yang telah anda capai. Penting bagi anda untuk merayakan setiap keberhasilan baik itu kecil atau besar, hal ini bertujuan untuk mengapresiasi diri sehingga anda akan terus termotivasi untuk melakukan yang terbaik ke depannya.

Itulah tiga hal yang penting untuk anda lakukan setelah berhasil melakukan closing negosiasi. Lakukan secara konsisten hal tersebut agar mencapai kesepakatan dan keberhasilan bersama.