Back

10 Kegiatan Yang Dapat Membangun Percaya Diri

Apakah anda orang yang pemalu, dan anda ingin menjadi lebih percaya diri? Jika iya, berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan sehari-hari untuk membangun rasa percaya diri dalam diri anda. Jika anda rutin melakukannya, maka dengan perlahan anda akan menjadi lebih percaya pada diri anda sendiri. Ubah pola pikir negatif anda dan jadikan pola pikir anda positif sebelum melakukan kegiatan di bawah ini. Percayalah bahwa anda mampu menjalankan 10 kegiatan berikut dan menjadi individu yang lebih baik.

  1. Olahraga

    Dengan berolahraga, tubuh anda akan menjadi sehat dan pikiran anda menjadi segar. Ketika anda sering berolahraga, anda akan lebih berpikir positif dibandingkan negatif karena pikiran anda lebih segar dan terbuka dari sebelumnya. Luangkan waktu setidaknya 30 menit per hari untuk melakukan olahraga ringan jika anda tidak dapat meluangkan waktu untuk pergi ke gym atau berolahraga di tempat khusus. Anda bisa meluangkan waktu anda untuk jogging di pagi hari sebelum anda berangkat kerja atau malam hari setelah anda pulang bekerja. Anda juga mungkin bisa memilih untuk melakukan cardio di rumah sambil mengikuti video dari internet setiap harinya. Rasakan perubahan pada diri anda setelah anda melakukan olahraga secara rutin. Anda akan merasa jauh lebih segar dan menjadi lebih percaya diri karena anda lebih sehat dan memiliki tubuh yang fit.

  2. Perbaiki Penampilan

    Anda merasa suntuk dengan penampilan atau cara berpakaian anda saat ini? Jika iya, inilah saatnya bagi anda untuk melakukan perubahan penampilan anda. Tidak perlu yang terlalu drastis atau mahal, cukup jadilah diri sendiri. Pilihlah gaya berpakaian yang rapi tetapi anda sukai. Mungkin ubah gaya rambut anda atau dandanan anda sebelum keluar rumah. Anda akan merasa lebih percaya diri ketika anda berpenampilan rapi dan anda sukai karena anda akan merasa nyaman ketika berpergian. Penampilan yang sesuai keinginan akan membuat anda menjadi lebih bahagia dan positif dalam menghadapi hari anda ke depan. Tidak hanya itu, dengan berpenampilan baik, maka postur tubuh anda juga baik. Postur tubuh juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan postur duduk yang tegap memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi daripada yang duduk membungkuk (Brion, Petty, dan Wagner, 2009). Maka dari itu, mulai sekarang perhatikanlah penampilan anda dan bagaimana postur tubuh anda.

  3. Menggali Minat, Bakat, dan Kekuatan Anda

    Ketika anda mengetahui apa saja yang merupakan minat, bakat, serta kekuatan anda, maka anda akan menjadi jauh lebih percaya diri. Mulailah menggali ke dalam diri anda mengenai apa saja yang menarik minat anda. Apa yang membuat anda terdorong untuk maju dan terus belajar demi dapat menguasai kemampuan atau pengetahuan tersebut. Anda juga perlu mulai mencari apa sajakah yang merupakan kekuatan anda. Buatlah daftar kekuatan anda agar anda dapat mengingatnya nanti. Tanamkan dalam diri anda mengenai kemampuan anda ini, sehingga anda dapat menjadi lebih percaya diri dan yakin atas kemampuan anda. Dengan mengetahui apa minat dan kemampuan anda, maka anda tidak akan ragu ketika anda menghadapi tantangan dalam mencapai tujuan anda.

  4. Menambah Wawasan Pengetahuan

    Salah satu alasan mengapa anda merasa kurang percaya diri adalah karena anda tidak yakin dengan kompetensi yang anda miliki. Atasi ini dengan menambah wawasan pengetahuan anda. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, bisa dengan membaca buku, atau menonton video yang membahas kompetensi tersebut di internet. Jika anda tidak memiliki waktu untuk membaca atau menonton video, anda juga bisa mencari podcast yang membahas topik terkait saat anda melakukan perjalanan menuju kantor anda. Luangkanlah waktu anda saat akhir pekan atau saat anda libur untuk meningkatkan wawasan anda. Bersamaan dengan meningkatnya pemahaman dan pengetahuan anda mengenai kompetensi yang diinginkan, kepercayaan diri anda juga akan meningkat.

  5. Melatih Bakat dan Kemampuan Anda

    Mulailah mempelajari dan berlatih hal-hal yang sudah lama anda ingin lakukan. Berlatihlah terus menerus hingga anda menguasainya. Anda bisa mengasah bakat anda baik dengan belajar sendiri melalui situs-situs online yang ada, atau mengikuti training atau les yang dapat membantu anda meningkatkan kompetensi anda. Ketika anda berlatih sampai anda mahir dengan keterampilan yang anda pilih, maka anda akan merasa lebih percaya diri atas kemampuan anda tersebut.

  6. Berteman dengan Orang yang Optimis

    Isi dan kelilingi diri anda dengan orang-orang yang optimis. Ketika anda dikelilingi oleh orang-orang yang optimis dan positif, maka anda akan ikut serta memiliki cara pandang yang sama dengan mereka dan terbiasa memandang segala hal dengan optimis juga. Anda juga dapat belajar dari orang-orang tersebut mengenai bagaimana dapat mencapai kesuksesan atau tetap optimis di masa-masa sulit. Dengan mempelajari dan meneladani orang-orang yang positif, anda akan menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi rintangan yang akan anda hadapi.

  7. Mengikuti Kegiatan Sosial

    Perbanyak mengikuti kegiatan sosial di sekitar anda, baik itu di lingkungan rumah, atau di lingkungan kerja anda. Berbuat baik dan membantu orang yang kurang beruntung dari anda akan membuat anda merasa lebih bahagia karena anda berbagi dengan mereka. Anda juga akan merasa lebih percaya diri karena anda mengetahui bahwa anda mampu membantu orang lain yang membutuhkan. Selain itu, lingkaran pertemanan dan network anda juga akan bertambah.

  8. Ramah Pada Semua Orang

    Bersikap ramah pada semua orang dapat meningkatkan kepercayaan diri anda. Tersenyumlah pada semua orang yang berpapasan dengan anda. Selain akan meningkatkan rasa percaya diri, anda juga akan disenangi oleh orang lain karena perbuatan anda. Ketika anda berbuat baik pada orang lain, anda akan merasa lebih baik mengenai diri anda sendiri. Perasaan positif yang anda miliki terhadap diri anda sendiri akan mendorong diri anda untuk lebih yakin pada kemampuan yang anda miliki.

  9. Afirmasi diri

    Setiap malam, ingatlah kembali hal-hal positif dalam hidup anda. Bayangkan apa saja yang ada di sekitar anda yang dapat anda syukuri. Catatlah hal-hal positif, pencapaian, dan apa yang dapat anda syukuri setiap harinya sebelum anda tidur. Kemudian ucapkan pada diri anda sendiri bahwa anda telah berhasil melewati hari anda dengan baik. Anda mampu menjalani tantangan hari itu. Yakinkan diri anda bahwa anda percaya anda mampu menjalani tantangan yang siap menanti di hari esok.

  10. Mengikuti Kegiatan Sosial

    Perbanyak mengikuti kegiatan sosial di sekitar anda, baik itu di lingkungan rumah, atau di lingkungan kerja anda. Berbuat baik dan membantu orang yang kurang beruntung dari anda akan membuat anda merasa lebih bahagia karena anda berbagi dengan mereka. Anda juga akan merasa lebih percaya diri karena anda mengetahui bahwa anda mampu membantu orang lain yang membutuhkan. Selain itu, lingkaran pertemanan dan network anda juga akan bertambah.

Dengan melakukan 9 kegiatan di atas, anda akan menjadi individu yang lebih percaya diri dari sebelumnya. Dengan menjadi individu yang percaya diri, maka anda akan lebih mudah menjalani tantangan dan hambatan dalam hidup. Anda juga akan memandang kehidupan anda menjadi lebih positif dan dapat mencapai tujuan anda dengan sukses. Anda tidak akan takut gagal karena anda tahu bahwa anda mampu. Misalkan anda gagal, anda tidak akan mempermasalahkan hal tersebut dan menjadikannya pelajaran untuk mencapai tujuan anda berikutnya.