Back

Pentingnya Mindfulness dan Kesehatan Mental Karyawan

Pernahkan Anda merasa terjebak dengan jumlah pekerjaan yang terlalu banyak atau mendapat tekanan yang tinggi selama berada di kantor? Jika jawaban Anda pernah, maka Anda tidak sendiri. Ini adalah masalah yang umum dialami oleh karyawan di seluruh dunia. Sayangnya, hal ini memiliki efek psikologis yang buruk bagi karyawan hingga seringkali mereka kehilangan fokus dan tidak bisa mencapai performa terbaik.

Cara terbaik yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk menanggulangi masalah ini adalah dengan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mempelajari mindfulness dan menerapkannya di lingkungan pekerjaan.

Berkenalan dengan Mindfulness

Mindfulness sejatinya merupakan teknik meditasi kuno dari timur yang dikembangkan melalui serangkaian penelitian untuk menjadi solusi atas berbagai masalah psikologis yang dihadapi karyawan. Harapannya, terjadi perubahan positif bagi karyawan dalam hal kecerdasan emosional, kreativitas, inovasi, keterlibatan karyawan, hubungan interpersonal, kemampuan untuk melihat gambaran yang lebih besar, ketahanan, manajemen diri, penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, serta fokus dan konsentrasi.

Mudahnya, mindfulness adalah cara melatih diri karyawan untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran dan tidak berpihak. Ini adalah kemampuan yang sudah dimiliki setiap manusia sehingga Anda hanya perlu belajar cara melatihnya.

Dalam menerapkan mindfulness Anda perlu mengingat ABC, yaitu:

A adalah awareness – yaitu anda menjadi lebih sadar mengenai pikiran serta tindakan yang anda ambil

B adalah being with your experiences – anda menghindari kecenderungan untuk merespons secara spontan dan lebih berpikir sebelum memberikan reaksi.

C adalah choice – anda melihat segala sesuatu sebagaimana adanya, hal ini membuat Anda dapat berhenti sejenak untuk memilih respon yang tepat sebagai tanggapan atas suatu situasi.

Mitos seputar Mindfulness

Sayangnya, ada banyak mitos yang beredar dalam masyarakat dan cenderung bisa memberikan informasi yang menyesatkan tentang mindfulnes. Kesalahan menangkap informasi inilah yang membuat banyak orang ragu untuk mempelajari mindfulness. Berikut ini beberapa mitos tersebut:

1. Anda merasa perlu melakukan perjalanan jauh untuk belajar mindfulness

Faktanya, pakar mindfulness berpengalaman dapat Anda temui hampir di seluruh belahan dunia. Anda dapat menemui mereka secara langsung atau melalui online. Lembaga pendidikan yang mengajarkan mindfulness menawarkan berbagai kelas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan karyawan. Kelas dapat berlangsung di kantor, di ruang rapat hotel, atau bahkan melalui online dengan memanfaatkan berbagai aplikasi yang kini sedang naik daun.

Tetapi melakukan perjalanan juga kerap dipilih oleh lulusan pelatihan mindfulness. Perjalanan ini dilakukan bagi mereka yang ingin memperdalam pengetahuan, mengalami kedamaian dan ketenangan, atau mendapatkan pelajaran lebih lanjut. Perjalanan bersifat sukarela dan bukan merupakan kewajiban dalam pelatihan mindfulness.

2. Mempraktikan mindfulness akan bertentangan dengan keyakinan agama saya

Faktanya mindfulness bukan sebuah agama tetapi metode untuk membawa Anda meredam kebisingan mental dan menyelaraskannya. Tidak ada satupun hal dalam mindfulness yang mengajak Anda untuk meninggalkan agama atau mengurangi waktu Anda beribadah. Mindfulness dipraktikkan oleh orang-orang yang datang dengan latar agama dan keyakinan yang berbeda. Justru ketika Anda menjalankan keduanya dengan selaras, dapat membuat hidup lebih tenang.

3. Anda merasa terlalu sibuk dan tidak dapat meluangkan waktu untuk berdiam diri untuk waktu yang lama

Tahukah Anda bahwa para peneliti dari Universitas Harvad telah melakukan penelitian terhadap produktivitas pekerja? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seperempat juta orang di dunia cenderung menghabiskan hampir setengah dari jam kerja mereka dengan membiarkan pikirannya mengembara. Padahal Anda hanya membutuhkan waktu 15 menit saja untuk melatih mindfulness dan kembali fokus pada pekerjaan. 15 menit ini akan membantu Anda menjadi lebih produktif dan menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. Masalahnya, apakah Anda mau meluangkan waktu untuk berlatih atau lebih senang tetap melakukan kebiasaan lama Anda. Semua pilihan ada di tangan Anda.

4. Mempraktikan mindfulness dapat mengurangi ambisi dan dorongan Anda

Berlatih mindfulness justru akan membuat Anda melihat perspektif baru tentang kehidupan. Menjadi lebih kreatif untuk menemukan jalan mencapai tujuan dan ambisi Anda. Dalam hal pekerjaan, Anda akan menjadi lebih fokus untuk menyalurkan energi Anda secara lebih produktif dan mencegah terjadi kekacauan pada hasil kerja. Ini adalah cara yang tepat untuk membantu Anda mencapai ambisi dan tujuan karir.

5. Orang lain akan menganggap anda tidak serius dan prospek karier akan rusak

Keberhasilan mindfulness dalam meningkatkan kualitas hidup sudah dibuktikan oleh tokoh-tokoh sukses di dunia diantaranya Senator Tim Ryan dan Goldie Hawn. Jadi tidak ada alasan untuk Anda menunda latihan mindfulness ini.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengabaikan pandangan dan pendapat orang lain mengenai program latihan mindfulness yang Anda ikuti. Perlu Anda ketahui bahwa latihan mindfulness tidak selalu identik dengan duduk bersila di lantai. Justru ada banyak kegiatan sehari-hari lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk melatih mindfulness tanpa menarik perhatian. Karena mindfulness bisa dilatih kapan saja, di mana saja, bahkan saat Anda sedang bergerak sekalipun. Anda hanya perlu mengetahui caranya dan berlatih.

6. Mindfulness dan meditasi adalah satu hal yang sama

Faktanya memang dalam mindfulness kita juga turut mempraktikkan meditasi tertentu. Namun meditasi yang mana? Kebanyakan orang meyakini bahwa semua meditasi adalah sama yakni relaksasi, lalu membayangkan diri berada di tempat khusus yang tenang dan damai. Padahal teknik meditasi itu banyak macamnya dan penggunaanya disesuaikan dengan tujuan serta kondisi Anda.

Mindfulnes adalah tentang mencermati kehidupan Anda dan hal-hal yang menurut Anda sulit lalu menjelajahinya dengan keterbukaan. Mindfulnes adalah tentang mencermati kehidupan dan hal-hal yang menurut Anda sulit untuk dihadapi dengan lebih terbuka dibandingkan mencoba menghindarinya.

Manfaat mindfulness

Jika Anda masih ragu untuk mempelajari mindfulness, mari simak beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah berlatih mindfulness sebagai berikut:

Mindfulness baik untuk tubuh Anda: Berbagai penelitian di dunia menemukan fakta bahwa mindfulness dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan kualitas tidur. Manfaat ini bisa Anda rasakan setelah berlatih setidaknya delapan minggu.

Mindfulness baik untuk pikiran Anda: Melatih mindfulness akan membuat Anda dapat mengurangi emosi negatif dan stres. Hal ini pastinya akan meningkatkan rasa bahagia dan bisa menjadi senjata Anda dalam melawan depresi yang bisa datang kapan saja.

Mindfulness mengubah otak Anda: Penelitian melalui pemindaian otak sebelum dan sesudah berlatih mindfulness menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Faktanya, mindfulness telah meningkatkan kepadatan materi abu-abu di wilayah otak yang terkait dengan pembelajaran, memori, regulasi emosi, dan empati.

Mindfulness membantu Anda fokus: Saat melatih mindfulness, Anda akan diajak untuk menyadari keberadaan Anda saat ini dan menghilangkan suara-suara mengganggu yang datang dalam benak Anda. Ini membuktikan bahwa latihan mindfulness dapat membantu Anda meningkatkan ingatan, keterampilan perhatian, dan pengambilan keputusan. Sehingga Anda bisa memusatkan perhatian pada tugas-tugas Anda.

Mindfulness akan menumbuhkan empati: Penelitian menunjukkan bahwa mindfulness memberikan pengaruh pada aktivitas dalam jaringan saraf yang terlibat empati dan emosi. Sehingga membuat Anda lebih welas asih dan mudah tergerak untuk membantu sesama yang sedang membutuhkan.

Mindfulness dapat meningkatkan hubungan: Dengan latihan mindfuness, membuat Anda dapat lebih mudah mengatur emosi dan ini sangat berguna saat menjalin hubungan. Anda dan pasangan akan memiliki hubungan yang lebih optimis, rileks, dan mendekatkan satu sama lain. Selain itu, Anda juga dapat berpikir lebih logis saat menghadapi konflik dengan pasangan.

Mindfulness memengaruhi cara Anda melihat diri sendiri: Saat Anda memiliki mindfulness maka rasa diri Anda akan meningkat, mengetahui apa yang dicari dalam hidup, menentukan prioritas dan menentukan cara bagaimana mewujudkannya. Anda juga akan memiliki tubuh yang lebih sehat secara fisik dan mental terutama saat menghadapi berbagai kejadian negatif.

Mindfulness akan membuat Anda lebih tangguh: Beberapa bukti menunjukkan bahwa pelatihan mindfulness dapat membantu mereka yang mengalami trauma, tekanan pekerjaan yang luar biasa, kejadian yang menyakitkan dan depresi. Memperbaiki kesehatan mental dapat membuat hidup lebih bahagia.

Mindfulness dapat membantu memerangi prasangka: Saat Anda fokus dengan diri Anda saat ini, maka tak ada lagi ruang untuk prasangka-prasangka negatif menyusup dalam benak Anda. Sehingga Anda bisa menjalani hidup dengan pikiran yang positif.

Mindfulness baik untuk bisnis: Pelatihan mindfulness dapat membantu membuat pemimpin lebih percaya diri, meningkatkan kreativitas, mengurangi multitasking, dan meningkatkan kepuasan klien.

Mindfulness baik untuk orang tua dan calon orang tua: Penelitian menunjukkan bahwa kesadaran dapat mengurangi kecemasan terkait kehamilan, stres, dan depresi pada calon orang tua, dan bahkan dapat mengurangi risiko kelahiran prematur serta masalah perkembangan. Orang tua yang mempraktikkan pengasuhan dengan mindfulness memiliki hubungan yang lebih baik dengan anak-anak mereka.

Mindfulness dapat menyegarkan pikiran Anda: Latihan mindfulness bisa dianggap sebagai waktu istirahat yang akan menyegarkan kembali dan mempertajam pikiran Anda sehingga siap untuk aktivitas berikutnya. Anda perlu mengenali kapan performa puncak Anda terlewati, mengambil waktu istirahat kemudian mengambil langkah untuk membawa diri Anda kembali ke puncak. Seiring waktu, ini membantu Anda memusatkan perhatian ke tempat yang Anda inginkan.

Mindfulness juga membawa Anda bertatap muka dengan pengganggu batin Anda - suara di kepala Anda yang mengatakan bahwa Anda tidak cukup berbakat, tidak cukup pintar, atau tidak cukup baik. Dengan belajar memperlakukan pikiran seperti ini sebagai proses mental dan bukan fakta, pelaku intimidasi kehilangan cengkeramannya pada hidup Anda dan Anda menjadi bebas untuk mencapai potensi penuh Anda.

Mindfulness dapat meningkatkan kreativitas Anda: Kreativitas ditandai dengan munculnya banyak ide, mengubahnya menjadi satu konsep yang cemerlang dan realistis. Menerapkan mindfulness secara konsisten dapat meningkatkan munculnya pemikiran-pemikiran berkualitas yang bisa Anda ubah menjadi kreativitas.

Setelah mengenal apa itu mindfulness dan membaca banyaknya manfaat mindfulness, Anda dapat memahami pentingnya mindfulness terhadap hidup dan pekerjaan Anda. Anda dapat menjadikannya senjata untuk keluar dari stress dan tekanan di kantor. Penerapan mindfulness tentu saja akan membawa lebih banyak hal positif yang dapat Anda rasakan dalam jangka panjang. Lalu bagaimana cara melatih mindfulness? Kami akan membahasnya pada artikel selanjutnya.