Back

7 Tanda bahwa Wawancara Kerja Anda Berjalan Baik

Wawancara merupakan tahap paling penting bagi seseorang yang sedang mencari pekerjaan. Biasanya, wawancara menjadi tahap paling akhir yang harus dilewati oleh para pelamar. Pada tahap inilah perekrut akan menimbang dengan sangat matang, apakah Anda layak untuk bergabung dengan perusahaan atau tidak.

Anda sudah menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Akan tetapi, apakah jawaban yang Anda berikan sudah memenuhi ekspektasi perekrut? Apakah Anda sudah mempresentasikan kemampuan dan kinerja Anda dengan baik? Jika Anda diberikan pertanyaan seperti di atas, apakah Anda bisa menjawab “ya?”

Nyatanya, masih banyak pelamar yang tidak percaya diri untuk menjawab “ya.” Mereka tidak yakin bahwa wawancara yang mereka lakukan sudah berjalan baik atau tidak. Alhasil, selama menunggu pengumuman, mereka akan sangat stres dan tertekan.

Meskipun tidak menjamin 100 persen Anda diterima bekerja, namun delapan tanda berikut ini dapat mengindikasikan bahwa Anda sudah menjalani wawancara dengan baik. Sehingga ke depannya, Anda tidak perlu terlalu cemas dan tertekan saat menunggu hasil wawancara.

8 Tanda bahwa Wawancara Kerja Anda Berjalan dengan Baik

Jika Anda mendapati beberapa tanda dari delapan tanda berikut ini, artinya wawancara kerja yang Anda lakukan sudah berjalan dengan baik.

  1. Percakapan Menyenangkan dan Mengalir dengan Baik

Pada dasarnya, wawancara adalah percakapan biasa yang dilakukan oleh Anda dan pewawancara. Jika percakapan tersebut dirasa mengalir dan menyenangkan, itu tandanya Anda sudah melakukannya dengan baik.

  1. Afirmasi Positif

Jika pewawancara mengatakan kata atau kalimat yang positif, maka ini menjadi salah satu tanda bahwa pewawancara tertarik dengan Anda. Afirmasi positif, misalnya melontarkan komentar yang baik, seperti “Saya rasa, Anda cocok di posisi ini,” “Pengalaman Anda bagus, sesuai dengan yang kami butuhkan.” Biasanya, mereka tidak akan berbohong untuk hal seperti ini.

  1. Perhatikan Bahasa Tubuh Pewawancara

Selain memperhatikan bahasa tubuh Anda sendiri, cobalah untuk memperhatikan bahasa tubuh pewawancara. Bahasa tubuh bisa menunjukkan apakah mereka memang tertarik untuk mempekerjakan Anda atau tidak.

Contohnya seperti ini. Perhatikan, apakah mereka sering melirik jam atau handphone? Jika iya, bisa jadi mereka bosan berbicara dengan Anda. Lalu, apakah mereka melipat tangan di dada? Itu bisa berarti mereka menutup diri dari Anda.

Bagaimana dengan senyum yang mereka tunjukkan? Apakah terlihat tulus atau menggambarkan ejekan? Senyum tulus biasanya akan terlihat kerutan di kedua sisi bibir dan tatapan mata terlihat bersinar. Sedangkan senyum tidak tulus, ia hanya menarik senyum di satu sisi dan pandangan mata terlihat dingin.

  1. Menjawab Pertanyaan dengan Yakin

Ketika Anda menjawab pertanyaan dengan penuh keyakinan, artinya Anda berhasil menjawab pertanyaan dengan baik. Kepercayaan diri dan jawaban tegas yang Anda tampilkan akan mendapat poin bagus dari pewawancara. Itu karena mereka melihat diri Anda sebagai orang yang kuat, tegas, dan penuh semangat.

  1. Anda Mengajukan Pertanyaan

perekrut lebih tertarik dengan pelamar yang aktif bertanya. Jika Anda mengajukan pertanyaan saat melakukan wawancara, artinya Anda sudah melakukannya dengan baik. Meski begitu, perhatikan pula pertanyaan yang Anda ajukan, apakah pertanyaan Anda penting dan mendalam atau tidak. Pertanyaan yang Anda ajukan dapat menentukan seberapa kritis Anda sebagai individu.

  1. Pembicaraan Beralih ke Tanggal

Jika pewawancara mulai berbicara tentang penjajakan berikutnya atau bertanya kapan Anda siap bekerja, ini bisa menjadi tanda yang baik bahwa Anda akan diterima bekerja di perusahaan tersebut. Pewawancara tidak akan bertanya hal ini, jika mereka tidak ingin mempekerjakan Anda.

  1. Wawancara Lewat dari Batas Waktu yang Ditentukan

Jika wawancara yang dilakukan melewati batas waktu karena pembicaraan di antara kalian sangat menarik, itu menjadi pertanda bahwa wawancara Anda sangat sukses. Pewawancara biasanya tidak mau meluangkan waktu untuk mengobrol panjang lebar kepada kandidat yang tidak potensial.

Itulah delapan tanda yang mengindikasikan bahwa Anda sudah melakukan wawancara kerja dengan baik. Semoga ke depannya, Anda mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

 

Sumber: https://www.inspiringinterns.com/blog/2021/06/8-signs-that-your-video-interview-went-well/ , https://candor.co/articles/interview-prep/the-job-is-in-the-bag-virtually