Back

7 Jenis Informasi yang bisa anda dapatkan ditempat kerja

Dalam lingkungan profesional, tentu ada kalanya anda perlu mencari tahu informasi lebih banyak untuk dapat meningkatkan diri yang kemudian berakhir dengan mencapai hasil yang optimal dan sesuai dengan tujuan yang anda ingin capai di awal. Untuk hal itu, anda pastinya akan mencari tahu informasi atau hal-hal apa saja yang perlu diketahui dari lingkungan pekerjaan anda. Meski begitu, anda mungkin kesulitan dalam mencari tahu informasi apa yang paling tepat dan bagaimana bisa mendapatkannya. Maka dari itu berikut adalah 7 jenis informasi yang bisa anda dapatkan di tempat bekerja yang mampu membantu anda untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja diri anda.

Sebelum itu, perlu anda ketahui bahwa terdapat beragam sumber untuk mendapatkan informasi tersebut. Berdasarkan penelitian Myers dkk (2015), menunjukkan bahwa orang cenderung akan memilih untuk mencari tahu informasi kepada rekan kerja spesial. Yang dimaksud dengan rekan kerja spesial adalah rekan yang dapat anda ajak berkomunikasi mengenai tugas dan bahkan masalah keluarga dengan baik, rekan ini juga cenderung memberikan dukungan emosional, pribadi, serta masukan mengenai kinerja anda di tempat kerja dengan tangkat kepercayaan dan kedekatan yang tinggi.

Dalam penelitian Myers dkk menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis rekan kerja, yaitu rekan kerja informasi, rekan kerja kolega, dan rekan kerja spesial. Untuk rekan kerja informasi, kedekatan dan rasa percaya berada pada tingkat rendah. Sedangkan untuk rekan kerja kolega, kedekatan dan rasa percaya berada pada tingkat sedang. Untuk rekan kerja spesial, kedekatan dan rasa percaya berada pada tingkat tinggi. Maka tidak mengherankan jika hasil penelitian menunjukkan bahwa individu cenderung memilih untuk mencari informasi atau bertanya dan meminta masukan melalui rekan kerja spesial.

Berikut adalah 7 jenis informasi yang bisa anda dapatkan dari perusahaan atau rekan kerja anda.

  1. Technical Information

    Techinical Information atau informasi teknis adalah informasi yang dapat membantu anda untuk bekerja secara kompeten dalam melakukan tugas-tugas yang merupakan pekerjaan anda. Informasi ini bisa berupa bagaimana cara mengerjakan tugas yang perlu anda kerjakan, atau bagaimana cara mengoperasikan peralatan bantu anda bekerja. Anda dapat mencari tahu informasi ini baik dengan melakukan observasi dan mengamati rekan kerja anda yang memiliki pekerjaan yang sama dengan anda dan bertanya kepada mereka ketika ada hal yang kurang jelas atau anda tidak pahami. Anda juga bisa mendapatkan informasi ini dengan mempelajari manual atau buku yang mengajarkan anda bagaimana melakukan hal-hal yang seharusnya anda lakukan. Tentunya ketika anda mampu bertanya dan mendapatkan informasi dari rekan anda yang sudah terbiasa melakukan hal tersebut anda akan jauh lebih mudah memahami dan bahkan mencoba secara langsung teknis hal yang seharusnya anda kerjakan.

  2. Referent Information

    Referent Information atau informasi referensi adalah informasi yang dapat membantu anda untuk memenuhi ekspektasi dan standar yang ada dalam peran anda di pekerjaan anda. Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan memperhatikan apa saja yang menjadi standar atau harapan dari hasil pekerjaan anda. Sumber paling baik untuk bisa mengetahui ekspektasi atau standar ini dengan detil dan jelas adalah melalui orang yang memberikan anda tugas. Bisa itu atasan anda atau ketua tim anda jika itu merupakan tugas bersama. Cobalah cari tahu informasi mengenai ekspektasi ini dengan sejelas yang anda bisa agar anda dapat mencapai hasil yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat.

  3. Appraisal Information

    Appraisal Information atau informasi penilaian adalah informasi dalam bentuk menerima masukan mengenai kinerja pekerjaan anda. Informasi ini bisa anda dapatkan dari siapa saja, tetapi tentunya masukan paling penting adalah dari orang yang paling relevan dan berdampak dari hasil kinerja anda. Setelah anda selesai menyelesaikan tugas anda, tidak ada salahnya untuk meminta masukan mengenai hasil kerja atau kinerja anda selama bekerja. Baik itu kepada atasan, ketua tim, atau bahkan rekan kerja anda. semakin banyak anda menerima masukan dari beragam sumber, maka semakin baik pula anda mengetahui kekuatan dan kelemahan anda dalam bekerja. Hal ini dapat membantu anda untuk memperbaiki diri anda dan meningkatkan kinerja anda untuk ke depannya.

  4. Social Information

    Social information atau informasi sosial adalah informasi yang membantu anda mempelajari mengenai rekan kerja dan hubungan yang anda miliki dengan mereka. Ini adalah informasi yang anda butuhkan ketika anda ingin mengetahui dan mengenal lebih dekat mengenai rekan kerja anda atau bahkan mungkin atasan anda. Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan cara berbincang dengan orang yang bersangkutan dan menakar sendiri hubungan atau jaringan yang anda miliki dengan mereka. Jika memungkinkan dan patut, anda juga bisa meminta pendapat atau menanyai pihak ketiga mengenai orang yang anda ingin ketahui. Dengan begitu anda pun juga bisa meningkatkan hubungan anda dengan baik dan positif dengan orang lain sehingga jika anda perlu melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan mereka maka kerja sama anda akan menjadi baik dan lancar.

  5. Normative Information

    Normative information atau informasi normative adalah informasi yang membantu anda untuk mengetahui budaya yang ada di tempat kerja anda. informasi ini dapat sangat membantu anda terutama ketika anda merupakan karyawan baru atau baru saja pindah ke tim atau departemen yang berbeda. Anda dapat mempelajari budaya tempat kerja anda yang baru atau tim baru anda dengan mengobservasi lingkungan anda dan bagaimana orang-orang berinteraksi atau menghadapi suatu situasi. Anda juga dapat bertanya baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai apa saja yang patut dilakukan atau normanya ketika menghadapi suatu situasi tertentu. Dengan mempelajari budaya yang ada, maka anda dapat berbaur dan mengikuti alur kerja lingkungan anda yang baru dengan lebih baik dan percaya diri.

  6. Organizational information

    Organizational information atau informasi organisasi adalah informasi yang membantu anda untuk mengetahui kebijakan apa saja, prosedur, dan logistik yang ada di tempat anda bekerja. Informasi ini juga penting untuk diketahui dan dipahami terutama ketika anda berada di tempat kerja yang baru. Ketika anda memahami dengan baik kebijakan yang ada dan bagaimana prosedur pekerjaan, maka anda akan mampu menjalankan pekerjaan anda dengan lancar dan tidak terhambat hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Anda tidak akan berlama-lama memikirkan apakah sesuatu hal patut dilakukan atau tidak karena anda sudah mengetahui kebijakan apa saja dalam perusahaan tersebut. Anda dapat mengetahui informasi ini dari rekan kerja, atasan, atau bahkan dokumen yang bisa anda baca yang bersangkutan dan relevan untuk memberikan anda informasi yang dibutuhkan mengenai tempat anda bekerja.

  7. Political information

    Political information atau informasi politik adalah informasi mengenai struktur kepemimpinan dan otoritas di tempat anda bekerja. Informasi ini penting bagi anda untuk mengetahui posisi setiap orang, baik itu atasan anda maupun rekan kerja anda. Hal ini dapat mempermudah anda untuk mencari tahu siapa saja yang bertanggung jawab atas suatu hal atau ketika anda perlu berurusan dengan pihak tertentu. Anda dapat bertanya mengenai informasi ini kepada rekan kerja anda atau membaca data yang tersedia.

    Itulah 7 jenis informasi apa saja yang bisa anda dapatkan di tempat kerja. Ketika anda memahami apa saja informasi yang bisa anda dapatkan di tempat kerja, maka anda bisa mengoptimalkan kemampuan anda dalam berkomunikasi dengan rekan untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan.