Back

7 Cara Menumbuhkan Perilaku Kreatif dan Inovatif dalam Berbisnis

Apakah Anda pernah merasa jika bisnis Anda kurang kreatif dan tidak inovatif? Jika Anda pernah merasakannya, maka hal itu berarti sudah waktunya bagi Anda untuk mulai menumbuhkan perilaku kreatif dan inovatif untuk mengembangkan bisnis Anda.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai tujuh cara untuk menumbuhkan perilaku kreatif dan inovatif dalam berbisnis. Tetapi, sebelumnya Anda harus mengetahui apa itu perilaku kreatif dan inovatif dalam berbisnis berikut ini. 

 

Apa itu Perilaku Kreatif dan Inovatif dalam Berbisnis?

Banyak orang yang berpikir jika kreativitas hanya dilakukan oleh para pelaku seni di atas kanvas atau media seni lainnya. Padahal, kreativitas bisa hadir dalam berbagai sektor, salah satunya adalah bisnis. Apa yang terjadi saat Anda membawa kreativitas dalam bisnis Anda?

Biasanya, kreativitas adalah sebuah proses membawa ide baru atau cara baru dalam menangani sebuah masalah. Saat Anda membawa cara tersebut dalam menyelesaikan sebuah masalah bisnis, nantinya kreativitas tersebut akan berbuah inovasi yang akan menghadirkan pendekatan dan hasil yang bermanfaat untuk menyelesaikan masalah.

Kreativitas dan inovasi selalu berjalan saling beriringan. Tidak akan ada inovasi tanpa adanya kreativitas. Karena, kreativitas merupakan sebuah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru yang unik. Sedangkan inovasi merupakan implementasi dari kreativitas tersebut. Mulai dari pengenalan ide, munculnya solusi, melakukan proses dan hadirnya produk baru.

 

Kenapa Perilaku Kreatif dan Inovatif Penting dalam Berbisnis?

Karena kedua perilaku tersebut akan membawa sebuah bisnis menuju kesuksesan saat dikelola dengan baik. Sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya kreativitas dan inovasi yang mendukung bisnis tersebut berjalan.

Saat ini, sebuah kreativitas dan inovasi merupakan hal yang penting dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan adanya kreativitas yang berbuah menjadi inovasi akan mendorong sebuah ide menjadi kenyataan.

 

7 Cara Menumbuhkan Perilaku Inovatif dan Kreatif dalam Bisnis Anda

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya kehadiran perilaku kreatif dan inovatif dalam bisnis, maka selanjutnya Anda harus mulai menumbuhkan kedua perilaku tersebut ke dalam bisnis Anda. Berikut ini tujuh cara menumbuhkan perilaku kreatif dan inovatif dalam bisnis Anda.

1.   Menghadiri Acara Seminar

Biasanya, ide-ide kreatif dapat muncul dari berbagai hal dan tempat. Salah satu tempat yang akan menyegarkan pikiran Anda, namun tetap menginspirasi adalah acara seminar atau konferensi.

Acara seminar atau konferensi merupakan sumber yang bagus untuk menyegarkan pikiran serta menginspirasi. Ini adalah tempat di mana Anda dapat bertemu pengusaha lain yang berpikiran sama, mendengar pembicaraan menarik dari para pemimpin lain serta berelasi dengan bisnis lain.

Dengan sering pergi ke acara seminar seperti ini, tentunya pikiran Anda akan lebih terbuka dan merangsang kreativitas Anda menjadi semakin tajam.

2.   Membuat Lingkungan Kerja yang Terbuka, Inovatif dan Kreatif

Cara lainnya untuk menumbuhkan kreativitas adalah dengan memiliki lingkungan kerja yang terbuka, kreatif dan tentunya inovatif. Banyak perusahaan seperti Google, Gojek, Shopee dan lain-lain yang memberikan satu space atau ruangan untuk karyawannya beristirahat serta menyegarkan pikiran. Biasanya, ruangan ini berisi aneka makanan ringan, minuman dan game yang bisa dimainkan bersama-sama.

Tetapi, Anda tidak perlu memaksakan diri dengan mengikuti sistem mereka. Anda hanya perlu memberikan sedikit kebebasan pada Anda dan tim Anda dengan mendorong komunikasi, sikap positif serta lingkungan kerja yang minim stres. Karena, semua hal ini akan mendukung fleksibilitas mental yang lebih besar dan pemikiran yang tidak terbelenggu, sehingga menghasilkan inovasi yang menguntungkan.

3.   Selalu Membaca

Tak hanya datang ke acara seminar atau konferensi, Anda juga bisa menumbuhkan kreativitas dengan banyak membaca. Banyak membaca berarti banyak pengetahuan dan berwawasan luas. Hal ini nantinya akan merangsang pikiran Anda untuk berpikir lebih kritis dan kreatif lagi dalam menghadapi berbagai masalah.

Anda bisa membaca buku, koran atau majalah yang berhubungan dengan bisnis ataupun bacaan fiksi yang akan membuat pikiran Anda lebih kreatif. Sehingga, Anda bisa menghubungkan semua bacaan tersebut dengan masalah yang mungkin akan terjadi pada Anda.

4.   Melakukan Brainstorm dengan Anggota Tim Lainnya

Berbagi pikiran atau brainstorm akan membuat pikiran Anda menjadi lebih terbuka serta mendapat pandangan baru yang berbeda dari biasanya. Anda bisa mendiskusikan topik yang berhubungan dengan pekerjaan atau bertukar pikiran tentang cara mengatasi hambatan dan masalah.

Selain itu, Anda bisa juga mengajak tim Anda untuk saling melemparkan ide kreatif yang mereka miliki atau pernah mereka lakukan di perusahaan lama, dan kemudian membuat strategi kreatif sendiri dari ide-ide tersebut.

5.   Mendukung Adanya Perbedaan Budaya atau Perilaku

Perbedaan gaya bekerja, proses berpikir, serta sudut pandang yang beragam dapat menghindari adanya pemikiran kelompok yang homogen dan tidak mendapatkan solusi terbaik. Oleh karena itu, Anda perlu mendukung adanya perbedaan di tim Anda, sehingga pola pikir mereka pun berbeda-beda.

Anda juga bisa mendorong tim Anda untuk saling berinteraksi dan bertukar pikiran. Jadi, pola pikir mereka pun akan berkembang dengan baik dan dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang membawa inovasi.

6.   Memiliki Waktu yang Cukup untuk Latihan Berperilaku Kreatif dan Inovatif

Perilaku kreatif atau inovatif juga harus dilatih untuk tetap dalam kondisi yang prima. Salah satu caranya adalah dengan memberikan waktu satu atau dua jam sehari untuk berlatih berpikir kreatif dengan sesuatu yang spesifik.

Misalnya, Anda berimajinasi bagaimana ponsel dalam 10 hingga 20 tahun ke depan akan berevolusi. Apakah menjadi lebih kecil atau justru berubah menjadi lebih besar lagi seperti awal munculnya dahulu. Kegiatan imajinasi ini nantinya akan merangsang pikiran Anda untuk berpikir kreatif.

7.   Memiliki Hubungan Baik dengan Konsumen

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen akan memberikan Anda banyak keuntungan. Salah satunya adalah mendapatkan saran atau feedback serta inspirasi gratis untuk bisnis Anda. Anda bisa menanyakan kesan pesan dan pandangan mereka terhadap produk atau jasa yang Anda miliki.

Itulah tujuh cara untuk menumbuhkan perilaku inovatif dan kreatif dalam berbisnis yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan melakukan secara konsisten, maka bisnis Anda pasti bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Citation:

https://theproductivitypro.com/blog/2013/04/increasing-creativity-in-your-organization-six-ways-to-spark-innovative-thinking/

https://www.forbes.com/sites/yec/2018/03/13/seven-ways-to-cultivate-innovation-and-creativity-in-business/?sh=617483752336 

https://www.topuniversities.com/blog/5-ways-improve-your-creative-thinking 

https://foru.co.id/id/blog/2018/11/05/the-importance-of-creativity-and-innovation-in-business/