Back

7 Cara Membangun Sikap Positif yang Berguna di Dunia Kerja

Sikap positif sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Baik itu sikap kepada rekan kerja, atasan, maupun dengan diri Anda sendiri. Memiliki sikap positif akan membantu Anda di berbagai aspek pekerjaan, bahkan kehidupan. Ada tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun sikap positif.

 

Sikap Positif dapat Disalurkan

Setiap individu senang bila berada di sekitar orang yang memiliki sikap positif. Terlebih lagi, jika itu menyangkut dunia kerja. Sikap yang positif dapat menularkan energi serta semangat yang positif kepada orang lain. Itulah mengapa, jarang ada individu yang mau membangun hubungan atau berdekatan dengan orang yang memiliki sikap negatif.

Dunia kerja adalah dunia yang bisa dibilang keras, penuh dengan tekanan, emosi dan ambisi. Sehingga, dampak dari semua itu adalah perubahan sikap seseorang ke arah yang cenderung negatif. Meskipun, bisa jadi itu bukan menjadi keinginan dari individu tersebut.

Maka dari itu, Anda perlu berusaha keras untuk menjadi individu yang mempunyai sikap positif. Itu semua dimulai dari mengubah kebiasaan lama yang tidak efektif dengan kebiasaan baru yang jauh lebih baik dan produktif.

Ya, sikap positif dapat membuat Anda menjadi lebih produktif dari biasanya karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk merenung dan memikirkan hal-hal buruk. Apalagi, jika harus bersitegang dengan orang lain. Sikap negatif cenderung meningkatkan emosi Anda dan membuat orang lain tidak nyaman. Bukan tidak mungkin, akan ada konflik yang terjadi antara Anda dan rekan kerja, akibat sikap negatif yang Anda miliki.

 

Manfaat Memiliki Sikap Positif di Dunia Kerja

Saat bekerja, tentunya Anda ingin berada di lingkungan yang positif, menyenangkan dan saling mendukung satu sama lain. Semua itu akan membuat pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan untuk dikerjakan.

Selain itu, sikap positif akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, kerja sama tim yang lebih optimal, dan pencapaian hasil yang lebih maksimal. Hanya saja, dibandingkan dengan mengharapkan lingkungan kerja yang positif, akan jauh lebih baik jika Anda sendiri yang mulai membangunnya.

 

Apa Saja Sikap Positif Itu?

Sikap positif itu ada banyak macamnya. Akan tetapi, ada beberapa sikap yang mendasar, di antaranya:

  1. Bersikap Optimis
  2. Memiliki Simpati dan Empati
  3. Selalu Bersyukur
  4. Memiliki Pemikiran Terbuka
  5. Proaktif
  6. Semangat untuk Belajar
  7. Ada Kemauan dan Keberanian untuk Mengatasi Rasa takut
  8. Percaya pada Kemampuan Diri Sendiri
  9. Meyakini bahwa Setiap Orang memiliki Nilai yang Berharga

 

7 Cara Membangun Sikap Positif yang Perlu Anda Miliki

Lalu, bagaimana cara untuk membangun sikap yang positif? Ada tujuh cara yang perlu Anda lakukan:

  1. Menetapkan Tujuan

Baik itu kehidupan pribadi maupun profesional, Anda perlu memiliki tujuan yang jelas. Hal ini berguna untuk membantu Anda mengetahui tentang apa saja yang perlu atau bisa dilakukan dan apa saja yang harus dihindari.

Tujuan yang jelas akan memberikan Anda petunjuk dan motivasi untuk mencapainya. Terutama, ketika muncul hambatan atau rintangan yang sulit. Adanya tujuan akan membuat Anda dapat segera bangkit lagi.

 

  1. Merefleksikan Kebiasan Baru

Anda perlu melakukan refleksi mengenai efektivitas dari kebiasaan baru. Apakah kebiasaan yang dijalankan itu, membawa Anda lebih dekat dengan tujuan. Di sisi lain, jika Anda merasa kesulitan dalammenjalankan kebiasaan baru tersebut, pertimbangkan kembali untuk melanjutkan atau mengubahnya.

 

  1. Disiplin Diri

Suatu tindakan atau perbuatan tidak akan menjadi kebiasaan, jika tidak dilakukan dengan disiplin.Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memiliki disiplin diri yang kuat dalam membangun sikap yang positif. Ciptakan kumpulan atau representasi visual mengenai apa yang ingin Anda capai. Ini berguna untuk terus mengingatkan Anda, mengapa kebiasaan baru tersebut penting untuk mencapai tujuan.

 

  1. Mendapatkan Dukungan

Selain disiplin diri yang kuat, Anda juga membutuhkan dukungan dari orang lain agar tetap konsisten dalam usaha membangun kebisasan dan sikap positif. Anda dapat meminta bantuan kepada rekan kerja, teman, atau keluarga. Dukungan ini bisa berupa, melakukan pengecekan terhadap progres Anda. Bahkan, jika Anda dan orang lain tersebut memiliki tujuan yang serupa, Anda dapat saling mendukung dan menjaga progres satu sama lain.

 

  1. Miliki Pola Pikir Positif

Ketika Anda memiliki pola pikir yang positif, Anda akan mampu melihat peluang bahkan ketika menghadapi hambatan atau situasi yang sulit. Orang yang bersikap positif pun dapat mempengaruhi rekan kerja ataupun anggota timnya untuk memiliki sikap yang positif pula.

Tidak seperti orang dengan sikap negatif, di mana mereka hanya akan membebani dan membuat orang-orang di sekitar mereka juga ikut merasa tertekan. Maka dari itu, Anda perlu mengelola pikiran dan emosi dengan baik.  

 

  1. Kerendahan Hati dan Empati

Rendah hati akan membuat Anda lebih jujur saat menghadapi hal yang tidak diketahui atau yang tidak bisa dilakukan. Hal ini dapat membuat Anda tidak malu untuk bertanya dan belajar, serta meningkatkan pemahaman dan juga keterampilan.

Selain itu, memiliki kerendahan hati akan membuat Anda lebih mudah berempati dengan orang lain. Empati, yaitu usaha Anda untuk memposisikan diri sendiri di posisi orang lain untuk memahami kondisi orang tersebut dengan sungguh-sungguh. 

Ketika Anda mampu berempati dengan rekan maupun anggota tim Anda, maka Anda akan membangun sebuah hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan kepercayaan satu sama lain.

 

  1. Integritas

Integritas adalah ketika Anda memiliki pemikiran, ucapan dan tindakan yang selaras. Memegang teguh nilai, prinsip dan komitmen yang Anda miliki. Orang dengan integritas tinggi akan lebih mudah mendapat kepercayaan dan penghormatan dari orang lain.

Di dalam dunia kerja, rekan kerja ataupun anggota tim akan lebih terbuka kepada Anda. Hal itu pun meningkatkan keprofesionalitasan Anda sebagai pegawai, di mana tugas dan pekerjaan yang dikerjakan memiliki hasil dengan kualitas tinggi.

Sikap positif sangat dibutuhkan di dunia kerja karena manfaatnya bukan hanya untuk diri Anda sendiri, namun juga rekan kerja dan perusahaan. Maka dari itu, terapkan ketujuh cara tadi untuk membangun sikap positif Anda.