Back

6 Langkah Awal menjadi Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital menjadi salah satu profesi yang paling diminati di era digital saat ini. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi semakin pesat dan pertumbuhan bisnis semakin dinamis. Seorang digital marketer diperlukan untuk memasarkan produk perusahaan yang tentunya dilakukan secara digital pula.

Setiap organisasi ataupun perusahaan membutuhkan digital markerter agar bisnisnya tetap bertahan dan berjalan dengan optimal. Apabila Anda memang tertarik untuk terjun langsung ke bidang digital marketing, terlebih lagi, jika Anda adalah seorang pemula, maka Anda perlu memulai enam langkah berikut ini.

6 Langkah Awal untuk menjadi Digital Marketing

Ada enam langkah awal yang bisa Anda coba saat memutuskan untuk berkarier di dunia digital marketing. Enam langkah tersebut, yaitu:

  1. Aktif di Dunia Maya

Digital marketing tentunya sebuah pekerjaan yang mengharuskan Anda berhubungan dengan dunia maya, misalnya saja media sosial. Anda harus aktif di berbagai platform agar mudah ditemui dan ditelusuri jejak pengalaman Anda di bidang digital marketing. Selain itu, aktif di dunia maya akan menumbuhkan kepercayaan orang lain terhadap kemampuan Anda.

Aktif di dunia maya bukan berarti Anda harus membagikan kehidupan pribadi. Namun, lebih kepada menunjukkan kemampuan atau keterampilan yang Anda miliki. Jadikan dunia maya ini sebagai portofolio Anda agar dapat “dijual” kepada pihak yang membutuhkan Anda sebagai digital marketer mereka.

  1. Mengetahui Tren Terbaru di Berbagai Platform

Ketertarikan audiens terhadap suatu hal yang ada di media maya, senantiasa berubah dengan cepat. Belum lagi, tren yang ada di berbagai platform itu berbeda-beda. Anda perlu memahami tren yang sedang berkembang agar dapat menyesuaikan konten yang diminati oleh audiens.

Jika hal ini dapat Anda lakukan, maka tugas Anda memperkenalkan bisnis atau produk dapat dilakukan dengan mudah. Anda pun bisa menciptakan tren Anda sendiri yang nantinya akan diikuti oleh banyak orang.

  1. Melatih Kreativitas

Akan sulit untuk bertahan di industri digital marketing, jika Anda tidak memiliki kreativitas yang memadai. Anda perlu berpikir kreatif untuk menciptakan hal-hal baru dan unik yang mampu menarik pelanggan untuk membeli apa yang Anda tawarkan. 

  1. Memiliki Berbagai Keahlian

Anda perlu memiliki banyak keahlian untuk memudahkan jalan Anda menjadi digital marketer. Tidak cukup hanya dengan memiliki satu atau dua keahlian saja. Itu karena, digital marketing dilingkupi oleh berbagai ilmu dan keahlian yang beragam.

Beberapa keahlian yang diperlukan oleh digital marketer di antaranya: memahami penggunaan ads, Google Analytics, Customer Relationship Management (CRM), Search Engine Optimization (SEO), Content marketing, hingga psikologis manusia.

Profesi sebagai digital marketer dibagi menjadi dua jenis, yaitu specialist digital marketing dan generalist digital marketing. Jika Anda ingin menjadi specialist maka Anda harus benar-benar menguasi, setidaknya satu keahlian yang sudah disebutkan di atas. Jika ingin menjadi generalist maka Anda perlu memahami dasar dari semua keahlian yang sudah disebutkan.

Jenis mana yang Anda pilih, semua disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan Anda. Namun, Anda perlu memahami bahwa semua ilmu yang tadi sudah disebutkan akan saling bergantung satu sama lain.

  1. Perbanyak Praktik bukan Teori

Agar mahir di bidang digital marketing, maka Anda perlu memperbanyak praktik, dibandingkanempelajari teori saja. Itu karena manusia baru bisa memahamiengan lebih baik jika sudah mencobanya. Harus ada trial and error agar Anda memiliki pengalaman dan tumbuh menjadi lebih baik.

  1. Ikuti Pelatihan dari Ahli Terpercaya

Belajar dari ahlinya menjadi salah satu cara agar Anda dapat belajar dengan lebih cepat untuk menjadi seorang digital marketer. Ikuti pelatihan dari lembaga atau ahli terpercaya. Agar ilmu yang diberikan memang relevan untuk digunakan saat ini. Selain ilmu, sertifikat yang Anda dapatkan juga akan sangat berguna untuk ke depannya. Sertifikat akan menjadi bahan pertimbangan bagi orang lain untuk mempekerjakan atau menggunakan jasa Anda.

Itulah enam langkah awal yang perlu Anda pertimbangkan jika ingin berkarier di bidang digital marketing. Memang butuh waktu, usaha, pikiran, dan tak terkecuali modal agar Anda mahir di bidang ini. Semoga sukses!

 

Sumber: https://www.inspiringinterns.com/blog/2021/04/how-to-kickstart-a-career-in-digital-marketing/ , https://www.onlinemarketinginstitute.org/blog/2017/11/10-tips-start-career-digital-marketing/ , Kelas Digital Marketing Revou