Back

6 Cara Mempertahankan Pelanggan Bisnis

Mempertahankan pelanggan bukan hal yang mudah, namun perlu diusahakan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar. Pelanggan lama memiliki potensi yang besar untuk membantu meningkatkan penjualan. Kesetiaan mereka mengindikasikan bahwa apa yang ditawarkan oleh bisnis Anda adalah sesuatu yang berguna dan berkualitas.

Adanya kesetiaan dari pelanggan lama, maka pelanggan baru akan merasa yakin dengan produk atau layanan yang Anda miliki. Sehingga, mereka tidak akan ragu untuk membeli dari Anda.

Berhasil mempertahankan pelanggan sama artinya dengan memiliki pelanggan yang loyal dan setia. Mereka tidak akan segan untuk membeli produk atau layanan apapun yang Anda tawarkan. Meskipun, harga yang Anda berikan lebih tinggi dari kompetitor lain. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kepercayaan yang sudah terbangun antara pelanggan dan bisnis Anda.

6 Cara untuk Mempertahankan Pelanggan Bisnis Anda

Kehilangan pelanggan sama artinya dengan kerugian pada bisnis Anda. Maka dari itu, Anda perlu mencari cara untuk mempertahankan para pelanggan agar tidak pindah hati ke tempat lain. Jika Anda mengikuti enam cara untuk mempertahankan pelanggan berikut ini, maka bisnis Anda akan terus berkembang dan semakin maju. Enam cara tersebut, yaitu:

  1. Personalisasikan Pesan dan Berkomunikasi secara Teratur

Komunikasi yang terus dibangun akan membuat pelanggan tidak melupakan Anda ataupun bisnis Anda. Komunikasi tidak harus selalu bersifat dua arah. Meskipun hanya satu arah, misalnya seperti pesan informatif atau promosi dapat menjadi cara untuk mempertahankan pelanggan.

Syaratnya, Anda perlu mempersonalisasikan pesan yang menunjukkan bahwa Anda menyapa pelanggan secara pribadi. Salah satu caranya yaitu dengan menyebutkan nama pelanggan pada email yang Anda kirim.  Hal ini akan membuat pelanggan merasa dihormati keberadaannya dan senang untuk membaca pesan Anda secara menyeluruh.

  1. Menawarkan dan Menjual Produk kepada Pelanggan Lama

Banyak kasus di mana penjual lupa untuk menawarkan dagangannya kepada pelanggan lama. Pedagang terlalu fokus pada pelanggan baru yang kebanyakan masih ragu akan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan. Hingga pada akhirnya, Anda tidak memiliki pelanggan yang cukup untuk membuat bisnis Anda bertahan dengan baik. 

Sebaliknya, pelanggan lama sudah memahami dengan baik seperti apa produk atau layanan yang Anda miliki. Sehingga, investasi waktu dan sumber daya Anda untuk memberikan penawaran dapat lebih dioptimalkan dan tidak berujung sia-sia. Menawarkan produk atau layanan menjadi salah satu cara membangun kembali komunikasi dengan pelanggan lama. Jadi, jangan lupakan mereka begitu saja.

  1. Memiliki Customer Support yang Hebat

Anda perlu memiliki customer support yang hebat. Mereka bertugas untuk membantu pelanggan dengan cepat dan tepat. Sehingga, apapun masalah yang dimiliki pelanggan dapat teratasi dengan baik. Pelanggan yang merasa kecewa karena tidak mendapat pelayanan ataupun bantuan yang cukup, pastinya akan segera pergi dari Anda dan tidak mau kembali lagi.

  1. Membuat Program Loyalitas untuk Pelanggan Anda

Jika Anda sudah memiliki pelanggan dan loyal, maka perlu ada treatment khusus agar mereka semakin setia dengan Anda. Salah satu caranya adalah dengan membuat program loyalitas. Program ini dapat berupa memberikan diskon, hadiah khusus, atau sejenisnya yang dimaksudkan sebagai penghargaan atas kesetiaan pelanggan.

  1. Menyediakan Umpan Balik

Cara mempertahankan pelanggan lainnya, yaitu dengan menyediakan umpan balik yang bisa diisi oleh pelanggan, contohnya formulir kepuasan atau saran. Umpan balik bisa dijadikan sebagai cerminan perasaan pelanggan, keinginan pelanggan, ataupun penilaian terhadap bisnis Anda.

Anda dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan dari bisnis Anda. Sehingga untuk ke depannya, Anda dapat mengetahui langkah apa yang tepat untuk mengamankan dan mempertahankan pelanggan Anda.

  1. Memahami dan Berusaha Memenuhi Harapan Pelanggan

Setelah Anda menyediakan umpan balik, maka jangan berhenti sampai di sana. Gunakan informasi yang Anda dapat untuk melakukan tindakan yang diperlukan. Pahami dan berusahalah memenuhi apa yang menjadi harapan pelanggan Anda. Dengan begitu, pelanggan akan tetap setia dengan Anda.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mempertahankan pelanggan Anda, sebelum mereka memilih pergi ke tempat lain. Jadi, lakukan keenam cara di atas agar bisnis Anda dapat lebih maju daripada sebelumnya.

 

Sumber: https://supportbee.com/blog/customer-retention-strategies-you-can-implement-today , https://www.businessnewsdaily.com/5833-how-to-keep-customers.html