Back

5 Cara Menjaga Fokus saat Menjadi Pendengar

Seringkali dalam percakapan, pendengar akan menciptakan gangguan atau hambatan bagi dirinya sendiri untuk menerima pesan dengan baik. Hal ini dapat berupa, memikirkan hal lain, memikirkan masalah pribadi, atau terlalu fokus pada bagian kecil dari pesan yang tidak disukai.

Saat Anda sebagai pendengar mulai kehilangan fokus, maka pesan yang diterima akan menjadi terpisah, terpotong, atau tidak lengkap. Hingga kemudian, Anda akan kesulitan saat menarik kesimpulan atau makna pesan atau bahkan keliru dalam memahaminya.

Memang tidak mudah untuk menjadi pendengar, terlebih lagi jika percakapan yang berlangsung itu sangat panjang. Akan tetapi, Anda harus tetap fokus agar komunikasi tidak berjalan sia-sia. Kesalahan dalam memahami pesan akan sangat merugikan bagi diri sendiri, pembicara, dan bahkan orang lain.

Maka dari itu, Anda perlu berkonsentrasi pada percakapan yang berlangsung dengan menjaga fokus. Berikut ini adalah lima cara yang dapat Anda lakukan sebagai untuk menjaga fokus dan konsentrasi:

5 cara Menjaga Fokus sebagai Pendengar

Ada lima cara yang bisa Anda lakukan sebagai pendengar agar dapat menjaga fokus dengan baik:

  1. Hilangkan Hambatan

Gangguan adalah keadaan di mana seseorang dapat kehilangan fokus karena ada hal lain yang memecah konsentrasinya. Terkadang, Anda memang tidak dapat menghindar dari gangguan yang datang. Namun, Anda tetap bisa berusaha untuk menghentikan atau bahkan menghilangkannya.

Salah satu gangguan yang sering terjadi kepada pendengar, yaitu berasal dari gadget mereka sendiri. Ada baiknya untuk mematikan atau silent handphone Anda. Hindari juga untuk melakukan tugas lain saat sedang berbicara dengan orang lain. Misalnya, mengobrol sambil menonton televisi, mendengar radio, atau bermain game. Berikan perhatian penuh kepada pembicara dan maksimalkan konsentrasi Anda.

  1. Mencatat

Terkadang pembicara ingin Anda menyampaikan sebuah informasi penting kepada orang lain. Sedangkan tugas Anda adalah mendengarkan dan menyampaikan kepada orang lain tersebut. Agar tidak ada pesan yang terlewat, maka mencatatlah pesan pada sebuah kertas. Tuliskan key points yang penting. Cara ini pun dapat berguna untuk membantu Anda berkonsentrasi pada apa yang dibicarakan pembicara.

  1. Visualisasikan Pesan

Tips ini akan sangat berguna terutama ketika Anda sedang berinteraksi melalui telepon. Mencoba membayangkan apa yang diucapkan oleh pembicara, dapat menjaga Anda untuk tetap mendengarkan dan memahami pesan dengan lebih baik. Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati agar tidak tenggelam dalam lamunan.

  1. Bertanya ketika Perhatian Anda Teralihkan

Kehilangan fokus atau konsentrasi saat mendengarkan pembicara adalah hal yang wajar. Jika Anda mengalami hal tersebut, cobalah untuk bertanya secepat yang Anda bisa. Kemudian perhatikan dengan baik saat pembicara menjelaskan pesannya kembali.

Ini seperti gangguan di atas gangguan. Anda mencoba menghilangkan gangguan yang terjadi dengan membuat gangguan baru, yaitu dengan bertanya. Ini cukup ampuh untuk menjaga fokus Anda terhadap percakapan.

  1. Melakukan Klarifikasi

Ketika pembahasan merupakan sesuatu yang tidak begitu Anda pahami, maka tanyakan pertanyaan untuk mengklarifikasi pemahaman Anda. Sehingga, tidak akan terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan pesan.

Jika Anda memang sedang dalam kondisi yang kurang baik untuk menjadi pendengar, maka cobalah untuk komunikasikan dengan pembicara. Cari waktu yang memang dirasa tepat dan sesuai untuk membicarakan pesan yang penting. Anda tidak boleh memaksakan diri jika sedang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Jika dilakukan, itu hanya akan menimbulkan kesalahpahaman antara Anda dan pembicara.

Akan tetapi, jika Anda berada dalam kondisi baik untuk menjadi pendengar dan penerima pesan, maka tetap jaga fokus hingga akhir percakapan. Lakukan lima cara yang sudah diberikan tadi untuk membantu memudahkan Anda sebagai pendengar yang baik. Selamat menerapkan cara tersebut.