Back

4 Hal yang Perlu Ada dalam Press Release Bisnis

Cara mudah dan efektif untuk mempromosikan bisnis, merek dagang, atau produk Anda kepada masyarakat, salah satunyaengan menjalin kerja sama dengan media massa. Baik itu media konvensional maupun media digital. Cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengundang para jurnalis untuk hadir ke konferensi pers yang Anda buat.

Ketika menjalin kerja sama maupun menggelar konferensi pers, Anda perlu menyiapkan dan membuat press release. Press release berguna sebagai bahan materi yang akan digunakan oleh tim periklanan atau para jurnalis untuk membuat konten. Maka dari itu, Anda perlu membuat press release dengan jelas dan mendetail.

Apa itu Press Release?

Sebelum mengetahui apa saja isi dari press release, Anda perlu memahami maksud dari press release itu sendiri. Press release atau siaran pers adalah dokumen singkat, seperti tulisan atau rekaman yang berisi informasi mengenai suatu hal, kemudian dibagikan kepada media atau pers. Biasanya dikirim langsung ke jurnalis atau editor yang menggunakan informasi tersebut untuk membuat konten.

4 Manfaat Membuat Press Release

Ada empat alasan mengapa Anda perlu membuat press release. Berikut ini, keempat alasan tersebut:

  1. Menarik Perhatian Masyarakat Luas

Media massa masih memiliki jangkauan yang sangat luas dan menyeluruh serta dapat diakses oleh siapa saja.

  1. Membangun Hubungan Baik dan Saling Menguntungkan

Mengirim press release kepada media massa atau jurnalis bisa memberi keuntungan bagi kedua belah pihak. Anda membutuhkan bantuan untuk mempromosikan bisnis atau produk, sedangkan para jurnalis membutuhkan bahan untuk tulisan atau konten mereka.

  1. Meningkatkan Optimasi Mesin Pencari Anda

Tidak cukup hanya mengandalkan kata kunci untuk meningkatkan peringkat website Anda di mesin pencarian. Anda perlu bantuan orang lain untuk menautkan link website Anda di website milik mereka. Tautan balik yang dilakukan oleh website lain akan memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa website Anda adalah website yang bagus dan dapat dipercaya.

  1. Membangun dan Mengontrol Citra Bisnis

Selain berisi informasi untuk tujuan promosi, press release juga bisa digunakan untuk membangun dan mengontrol citra bisnis Anda di hadapan masyarakat. Anda dapat membuat press release yang berisi sanggahan atas citra negatif yang Anda terima atau mengklarifikasi hal-hal yang kurang baik.

4 Hal yang Perlu Ada dalam Press Release

Press realese perlu dibuat mendetail untuk memudahkan tim periklanan atau jurnalis dalam membuat konten yang beragam. Press realese yang baik, setidaknya mencakup empat hal berikut ini:

  1. Multimedia Assets

Multimedia Assests diperlukan untuk membantu orang lain memahami isi dari informasi yang diberikan. Otak manusia akan bekerja lebih baik saat memproses informasi visual dibandingkan tulisan.

Selain itu, menambahkan gambar atau video ke dalam press release bisnis  akan mendorong minat dan perhatian orang lain pada informasi yang Anda berikan. Bagi tim periklanan dan juga jurnalis, ini akan membantu mereka memvisualisasikan konsep yang akan dibuat ke depannya.

  1. Kontak Informasi

Jangan lupa untuk menyertakan kontak informasi di press release yang Anda buat. Agar nantinya, wartawan bisa memverifikasi atau mendapat informasi dari sumber yang terpercaya.

  1. Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan menjadi salah satu elemen penting yang perlu ada di dalam press release. Tim media massa akan mempelajari bisnis Anda untuk menggali informasi lebih dalam dan menyangkutpautkan ke dalam konten yang hendak dibuat.

Meski sedikit, mereka akan memasukkan latar belakang Anda atau bisnis Anda. Anda bisa menuliskan latar belakang perusahaan atau menyertakan link website. Hal ini berguna untuk membantu menaikkan peringkat Anda di mesin pencarian.

  1. Perhatikan Headline, Sub Judul, dan Isi

Anda perlu membuat headline yang jelas dan tidak ambigu. Maksudnya headline harus menggambarkan isi keseluruhan informasi yang ada di dalam press release. Kemudian, membuat sub judul yang menarik. Sub judul harus dapat memancing minat dan rasa penasaran pembaca atau penonton.

Terakhir, buatlah isi yang mudah dipahami, agar konten yang dibuat oleh tim media massa sesuai dengan apa yang Anda inginkan serta tidak melenceng dari tujuan yang dimaksud.

Itulah empat hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat press release bisnis agar informasi yang ingin Anda sampaikan dapat dibuat dengan baik oleh tim media massa.

 

Sumber: https://blog.businesswire.com/what-to-include-with-your-news-releases-to-get-a-journalists-attention-insights-from-business-wires-2020-media-survey , https://blog.justreachout.io/how-to-write-press-release/