Back

3 Strategi Dalam Menjaga Energi Bersama Untuk Mencapai Tujuan

Untuk mencapai Big potential, selain melakukan upaya yang sulit, Anda juga harus dapat mempertahankan dan memelihara apa yang telah Anda lakukan. Dalam strategi terakhir ini, Anda akan menemukan cara mempertahankan impuls yang telah Anda lakukan dengan menjadi magnet yang dapat menarik orang untuk membantu Anda.

Tanpa dorongan yang dapat memotivasi Anda untuk bergerak maju dan mencapai tujuan, maka Anda dapat berhenti atau bergerak mundur terutama ketika Anda menghadapi begitu banyak hal negatif yang dapat mempengaruhi motivasi Anda. Untuk itu Anda perlu membangun ekosistem yang dapat mempertahankan momentum yang ada sehingga dapat meningkatkan potensi Anda dan semua orang di ekosistem Anda. 

Berikut adalah 3 strategi yang dapat Anda gunakan untuk menjaga energi bersama untuk mencapai tujuan.

  1. Menghasilkan energi positif dengan mencari makna
  2. Menggunakan imajinasi nyata untuk membangun jalan ke tujuan
  3. Meningkatkan momentum dengan melakukan perayaan 

4 Strategi SEEDS Pertama berfungsi sebagai proses pertumbuhan, tetapi untuk mempertahankan pertumbuhan ini Anda harus memahami bahwa potensi besar adalah target yang terus bergerak, bukan tujuan akhir. Berikut adalah bagaimana Anda dapat mempertahankan kemajuan yang telah Anda lakukan dengan menciptakan virtuous cycleyang baik dari momentum positif yang dapat meningkatkan batasan potensial Anda menjadi lebih tinggi.

  1. Menghasilkan energi positif dengan mencari makna

Ketika Anda memandang pekerjaan atau apa yang Anda lakukan sekarang hanya sekedar pekerjaan, maka akan dengan mudah bagi Anda untuk kehilangan momentum. Ketika Anda menemukan makna dari pekerjaan Anda, maka dapat menjadi dorongan yang dapat membantu Anda untuk tetap maju dan memotivasi terutama ketika Anda menghadapi situasi yang sulit. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengubah pandangan Anda terhadap pekerjaan menjadi lebih bermakna.

  1. Menggunakan imajinasi nyata untuk membangun jalan ke tujuan

Semakin detail Anda membayangkan mengenai tujuan yang ingin Anda capai, semakin tinggi motivasi dan momentum yang Anda dapatkan untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Melakukan visualisasi terhadap tujuan tidak hanya sekedar duduk dan membayangkan apa yang akan terjadi. Anda perlu mampu membayangkan secara detail mengenai apa yang ingin Anda capai untuk dapat meningkatkan energi Anda dan menjadikannya sebagai tindakan nyata. Hal ini juga dapat menggerakkan Anda dan mengarahkan diri lebih dekat ke tujuan yang sudah dibayangkan serta membuat Anda merasa bahwa tujuan sangat mungkin untuk dicapai. Berikut adalah dua hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa melakukannya:

  • Memvisualisasikan rute keberhasilan

Visualisasi yang positif dapat membantu Anda mengarahkan energi ke hasil yang positif. Sedangkan visualisasi yang negatif dapat menghentikan momentum Anda. Semakin visualisasi Anda terasa nyata, maka hal tersebut akan semakin mempengaruhi tindakan Anda. Cobalah untuk secara sadar membayangkan hal yang positif dibandingkan hal negatif.

  • Menggunakan kekuatan cerita

Untuk bisa menanamkan visi bersama dengan pandangan yang sejalan, maka Anda dapat melakukannya dengan bercerita layaknya para penulis buku. Ceritakan dengan detail kepada anggota tim atau orang-orang yang ingin Anda ajak memiliki visi bersama mengenai seperti apa tujuan yang ingin Anda capai.

  1. Meningkatkan momentum dengan melakukan perayaan

Untuk dapat menjaga momentum dari progres yang sudah lakukan maka penting bagi Anda untuk merayakan setiap kemenangan yang dirasakan. Berikut adalah 2 perayaan yang perlu Anda lakukan untuk mempertahankan progres yang Anda lakukan.

  • Merayakan hal kecil

Anda tidak perlu menunggu sampai sesuatu yang hebat terjadi baru melakukan perayaan. Ketika Anda merayakan hal-hal sederhana, maka Anda dapat membantu orang lain untuk memandang diri mereka dengan lebih positif. hal ini akan meningkatkan kinerja dan energi orang tersebut untuk menjadi lebih produktif serta efektif. Cobalah untuk secara aktif mencari sesuatu dari diri orang lain mengenai apa yang dapat dirayakan dari yang sudah mereka lakukan atau kontribusikan dalam tim.

  • Merayakan kekuatan

Ketika seseorang merasa kekuatan atau kelebihannya diakui bahkan juga dirayakan, maka Anda dapat meningkatkan keterlibatan serta produktivitas orang tersebut. Kebanyakan perusahaan terlalu berfokus pada kelemahan maupun bagian yang perlu ditingkatkan oleh karyawan. Hal ini dapat membangun pola pikir yang salah dalam diri karyawan dan membuat mereka hanya berfokus pada kelemahan. Cobalah untuk mulai memberikan fokus pada kekuatan yang dimiliki oleh anggota tim Anda.

Itulah 3 strategi yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan progres yang telah Anda lakukan. Ketika Anda sudah menjalankan keempat bagian SEEDS of big potential, Anda perlu mengakhirinya dengan melakukan sustain agar dapat menjaga potensi Anda tetap tinggi.