Back

Tips Sukses Melakukan Presentasi yang Efektif

Melakukan presentasi yang efektif bukan hal yang mudah. Terlebih lagi, jika presentasi dilakukan di depan banyak audiens. Anda harus memastikan apa yang Anda sampaikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh para audiens.

Meski terkesan sulit, namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukan presentasi yang baik. Maka dari itu, tulisan ini akan mencoba membantu Anda agar mampu mewujudkan presentasi yang efektif dengan tujuh tips berikut ini.

 

7 Tips Melakukan Presentasi yang Efektif

Ada tujuh tips yang dapat membantu Anda melakukan presentasi dengan baik dan efektif. Ketujuh tips tersebut, yaitu:

  1. Menyusun Presentasi

Sebuah presentasi harus memiliki alur dengan urutan yang jelas dan logis. Anda perlu memastikan jika setiap poin akan disampaikan secara berurutan dan salin berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Tujuan dari menyusun presentasi dengan urutan yang jelas dan saling terhubung, yaitu agar audiens mudah mengikuti dan dapat memahami materi atau pesan yang Anda sampaikan.  Sehingga, keefektifan dari aktivitas presentasi akan lebih jelas terasa.

  1. Susun Urutan Presentasi dari Masalah hingga Solusi

Setiap presentasi yang Anda buat tentu memiliki latar belakang atau tujuan mengapa harus Anda sampaikan kepada orang lain. Tidak jarang pula, presentasi dilakukan untuk membahas beberapa masalah yang terjadi di lingkungan sekitar.

Maka dari itu, Anda perlu menyusun materi presentasi mulai dari masalah hingga solusi. Memaparkan masalah terlebih dahulu berguna untuk memberi pemahaman yang lebih jelas kepada audiens tentang urgensi atau pentingnya pesan yang Anda sampaikan.

Setelah memaparkan masalah, barulah Anda beranjak untuk menyampaikan solusi atau permasalahan tersebut.

  1. Pesan dan Informasi Relevan dengan Audiens

Salah satu hal yang sering membuat presentasi tidak berjalan efektif, yaitu karena pesan ataupun informasi yang Anda sampaikan tidak relevan dengan keadaan audiens. Cobalah menyesuaikan materi presentasi dengan apa yang memang berhubungan dengan audiens Anda. Sehingga, mereka akan lebih tertarik untuk menyimak presentasi.

  1. Penggunakan Kata yang Mudah Dipahami

Selain pesan dan urutan yang jelas, penggunaan kata pun harus Anda perhatikan. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh audiens meski mereka hanya melihat dari slide presentasi. Termasuk pula ketika Anda menyampaikannya secara lisan.

  1. Menunjukkan Kepercayaan Diri

Saat Anda berbicara di depan audiens, Anda akan menjadi orang yang paling menonjol di antara yang lain. Semua perhatian akan tertuju pada Anda. Apa pun yang Anda lakukan akan memengaruhi keberhasilan dari presentasi itu sendiri. Menunjukkan kepercayaan diri sangat penting untuk dilakukan agar audiens merasa yakin dan percaya dengan apa yang Anda sampaikan.

  1. Presentasi yang Efektif dengan Menunjukkan Ketulusan

Ketulusan Anda saat berbicara dapat dirasakan oleh para audiens. Perhatikan intonasi dan bahasa yang Anda gunakan agar terdengar ramah dan bersahabat. Dengan begitu audiens akan lebih tertarik menyimak presentasi Anda.

  1. Visual Presentasi yang Menarik

Bantuan PowerPoint atau slide presentasi dapat membantu Anda menyampaikan materi dengan urut. Begitu pula dengan audiens, slide memudahkan mereka untuk memahami gambaran besar dari pesan yang disampaikan.

Akan tetapi, jika visual slide presentasi Anda tidak menarik, maka dapat menurunkan minat audiens untuk memerhatikan apa yang Anda sampaikan. Sehingga yang terjadi adalah presentasi Anda tidak berjalan dengan efektif.

Itulah tujuh tips sukses melakukan presentasi yang efektif. Cobalah untuk mempraktikkannya dan rasakan perbedaannya.  Selamat mencoba dan semoga berhasil.