Back

Teknik Pomodoro, Meningkatkan Fokus dan Mengatur Waktu dengan Baik

Mengatur waktu yang baik dan tepat sering menjadi masalah bagi para karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Jika Anda juga sering mengalaminya, maka tak ada salahnya untuk melakukan teknik pomodoro membuat Anda lebih fokus dan mengatur waktu dengan baik selama bekerja.

 

Apa itu Teknik Pomodoro?

Teknik pomodoro adalah sebuah sistem manajemen waktu yang mendorong seseorang untuk bekerja sesuai dengan waktu yang mereka miliki. Dengan menggunakan teknik ini, Anda membagi hari kerja Anda menjadi potongan-potongan 25 menit yang dipisahkan oleh istirahat lima menit. Setelah empat kali pomodoro, Anda dapat beristirahat lebih lama yaitu, sekitar 15 sampai dengan 20 menit.

Teknik Pomodoro sendiri pertama kali dikembangkan oleh mahasiswa bernama Francesco Cirillo pada akhir 1980-an. Cirillo berjuang untuk fokus dalam studinya dan menyelesaikan tugas yang ia miliki. Namun, ia merasa kewalahan dan memutuskan untuk belajar dengan fokus selama 10 menit saja.

Untuk melakukannya, ia pergi ke dapur dan mengambil sebuah pengatur waktu berbentuk tomat dan menggunakannya sebagai timer untuk menghitung waktu belajar. Peristiwa itulah yang menjadi awal mula teknik pomodoro lahir, di mana nama pomodoro diambil dari timer tomat yang digunakan oleh Cirillo.

 

3 Alasan Teknik Pomodoro Efektif untuk Mengatur Waktu dan Fokus

Kebanyakan orang merasa tidak bisa mengatur waktunya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau kegiatan. Padahal, dengan menerapkan teknik pomodoro yang tepat, Anda bisa menyelesaikan sesuatu seusai dengan waktu yang telah ditetapkan. Jika Anda masih merasa ragu dengan teknik pomodoro ini, mari simak tiga alasan kenapa teknik pomodoro efektif untuk mengatur waktu serta fokus Anda.

1.     Kemudahan untuk Memulai

Sebuah penelitian menyatakan bahwa penundaan yang banyak orang lakukan tidak disebabkan oleh kemalasan. Justru, mereka menunda pekerjaannya untuk menghindari perasaan negative yang dirasakan saat melihat sulit dan panjangnya pekerjaan yang mereka miliki.

Perasaan tidak nyaman akan ketidakpastian dari keberhasilan pekerjaan ini yang membuat banyak orang sering menunda pekerjaan mereka dan mengalihkannya dengan kegiatan lain.

Untuk menghilangkan perasaan ini, Anda perlu untuk membuat daftar kecil dari semua pekerjaan yang akan Anda lakukan. Karena, dengan mengerucutkan pekerjaan Anda menjadi aktivitas-aktivitas kecil, Anda tidak akan merasa terintimidasi atau kebingungan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Strategi pengerucutan pekerjaan atau pemecahan tugas ini mirip dengan teknik pomodoro. Di mana Anda perlu memecah tugas atau proyek Anda menjadi sesuatu yang hanya perlu Anda lakukan selama 25 menit ke depan.

Sehingga, Anda akan tetap fokus dalam mengerjakan pekerjaan kecil tersebut dalam 25 menit ke depan sebelum memulai pekerjaan lainnya untuk 25 menit selanjutnya.

2.     Melawan Gangguan

Tidak jarang Anda merasa kesal saat Anda sedang fokus mengerjakan sesuatu dengan ide yang mengalir, namun harus terganggu oleh suatu hal. Apalagi untuk kembali fokus dalam mengerjakan pekerjaan merupakan hal yang cukup sulit.

Dengan menerapkan teknik pomodoro, Anda dapat melawan semua gangguan tersebut dan melatih kembali otak Anda untuk fokus. Karena, setiap pomodoro didedikasikan untuk satu tugas dan setiap istirahat adalah kesempatan untuk mengatur ulang dan mengembalikan perhatian Anda pada apa yang seharusnya Anda kerjakan.

Saat Anda menggunakan teknik pomodoro, Anda memiliki pengukuran yang jelas tentang waktu. Sehingga, dengan upaya yang terbatas, Anda tetap bisa merenungkan dan merencanakan hari-Anda dengan lebih akurat dan efisien.

3.     Mengatur Produktivitas

Mengatur produktivitas adalah suatu hal yang cukup sulit, namun dengan menerapkan teknik pomodoro akan membantu Anda untuk lebih konsentrasi dan konsisten dalam mengerjakan sesuatu.

Anda hanya memerlukan awal yang baru untuk mengevaluasi kembali tujuan Anda, menantang diri Anda untuk fokus, dan membatasi gangguan. Sehingga, Anda bisa membuat pola kerja yang sesuai untuk Anda.

Pastikan diri Anda termotivasi untuk membangun kesuksesan dengan menerapkan teknik pomodoro yang bisa membantu Anda untuk lebih produktif guna mencapai kesuksesan.

Setelah mengetahui pengertian dan alasan menggunakan teknik pomodoro untuk mengatur waktu bekerja lebih baik, sudah saatnya Anda menerapkan teknik pomodoro dalam kegiatan sehari-hari agar memudahkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Simak teknik pomodoro apa saja yang bisa membantu Anda bekerja lebih baik pada artikel berikutnya.

 

Referensi:

https://todoist.com/productivity-methods/pomodoro-technique 

https://www.themuse.com/advice/take-it-from-someone-who-hates-productivity-hacksthe-pomodoro-technique-actually-works#:~:text=The%20Pomodoro%20Technique%20is%20a,are%20referred%20to%20as%20pomodoros