Back

Pentingnya Membangun Tim Sprint

Dalam melakukan Sprint tentunya anda memerlukan sebuah tim, atau individu yang akan terus bersama sepanjang minggu Sprint dan berkomitmen untuk fokus mengerjakan Sprint sampai akhir. Anggota tim ini akan saling membantu untuk memahami masalah dan memutuskan bagian mana yang perlu dijadikan fokus. Sepanjang minggu Sprint, tim ini akan merancang solusi, mengkritik gagasan, membangun prototype, dan mengulas hasil uji coba dengan pelanggan.

Jumlah anggota tim Sprint yang ideal maksimal 8 orang. Hal ini dikarenakan Sprint diharuskan bergerak dengan cepat dan juga untuk mempermudah dalam menjaga fokus serta produktivitas setiap anggotanya. Tim Sprint juga perlu berisikan individu dengan beragam keahlian, terutama yang memiliki keahlian mendalam dan memiliki semangat untuk menghadapi tantangan yang ada. Berikut adalah beberapa peran yang bisa anda libatkan dalam tim. Tidak semua peran harus ada, beberapa peran bisa diisi sebanyak 2 hingga 3 orang.

1. Decider:
Peran yang HARUS ada di setiap tim Sprint, memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan bagi tim anda. biasanya merupakan CEO perusahaan atau CEO dari projek tertentu. Jika ternyata tidak bisa mengikuti Sprint sepanjang waktu, pastikan bahwa Decider terlibat dalam beberapa pertemuan penting dan mendelegasikan satu atau dua decider yang dapat terus mengikuti Sprint sampai akhir.

Decider adalah peran yang penting untuk terlibat dalam setiap pergerakan Sprint demi memastikan bahwa solusi yang ditetapkan sudah tepat dan sesuai dengan prioritas yang ingin dicapai. Jika Decider tidak mampu turut serta sepanjang waktu, berikut adalah key point dimana Decider perlu ada:

  • Senin: untuk memberikan perspektif mereka mengenai masalah
  • Rabu: untuk membantu memilih gagasan yang tepat untuk diuji
  • Jumat: untuk melihat bagaimana reaksi pelanggan terhadap prototype yang dibuat

2. Finance Expert:
Individu yang bisa menjelaskan darimana perusahaan mendapatkan uang dan kemana uang tersebut digunakan.

3. Marketing Expert:
Individu yang mampu merancang pesan perusahaan

4. Customer Expert:
Individu yang setiap hari berhadapan dengan pelanggan secara langsung atau 1-on-1

5. Tech/logistics Expert:
Individu yang memahami apa yang bisa dibangun dan diberikan oleh perusahaan ke pelanggan

6. Design Expert:
Individu yang merancang produk yang dibuat perusahaan

Jika anda memiliki lebih dari 7 orang yang anda rasa harus turus berpartisipasi dalam Sprint, anda bisa menjadwalkan orang-orang tersebut untuk datang sebagai Ahli atau Expert pada hari Senin. Pada kunjungan mereka, para Ahli ini bisa memberitahu kepada tim Sprint mengenai apa yang mereka pahami dan opini mereka.

Setelah Tim Sprint, Decider, dan beberapa Ahli yang akan datang sudah ditetapkan, berikutnya anda memerlukan fasilitator sebagai orang yang memandu dan menjalankan Sprint.

Fasilitator bertanggung jawab penuh untuk mengelola waktu, percakapan, dan proses keseluruhan Sprint. Individu perlu mampu memimpin rapat, merangkum diskusi, dan memberitahu kapan saatnya berhenti berdiskusi dan melanjutkan kegiatan. Fasilitator harus tidak boleh bias dalam membuat keputusan, karena itu fasilitator dan decider tidak boleh merupakan satu orang yang sama.

Ingatlah, bahwa keberagaman dalam tim Sprint itu penting. Hal ini dikarenakan setiap individu dapat memberikan kontribusi penting, baik itu mengenai informasi, gagasan baru, atau observasi mereka terhadap pelanggan.

Citation:
Knapp, J. (2016). Sprint: How to solve big problems and test. New York: Simon & Schuster