Back

Manfaat Membangun Hubungan Dengan Orang lain Untuk Mencapai Big Potential

Sejak kecil, lingkungan mengajarkan bahwa satu-satunya cara untuk menjadi sukses adalah menjadi yang terbaik dibandingkan dengan yang lain. Tetapi ini tidak sepenuhnya benar, ketika Anda dapat membantu orang lain menjadi lebih baik, sebenarnya Anda juga meningkatkan peluang Anda untuk menjadi lebih baik. Ketika Anda belajar untuk mengoordinasikan dan berkolaborasi dengan orang-orang di sekitar Anda, maka Anda akan bersinar jauh lebih cerah, baik sebagai individu dan sebagai ekosistem. Demikian juga dalam pekerjaan, ketika Anda dapat menjadi dorongan positif di tempat kerja, maka Anda dapat membantu orang-orang di sekitar Anda untuk meningkatkan kreativitas, produktivitas, kemampuan, dan kinerja. Ini juga akan mendorong peluang Anda untuk menjadi sukses.

Orang-orang sukses biasanya orang yang berani meminta bantuan dari orang lain dan juga membantu orang lain untuk tumbuh. Meski begitu, banyak perusahaan dan organisasi mengukur dan menghargai kinerja tinggi dalam ukuran individu. Bahkan, pendekatan ini dapat membentuk pola pikir di dalamnya untuk menjadi sukses maka Anda harus menjadi orang terbesar dan tidak semua orang dapat berhasil. Bahkan, untuk dapat mencapai potensi tertinggi yang Anda miliki, Anda harus dapat beradaptasi, berkontribusi, dan memberikan manfaat bagi ekosistem di sekitar Anda dengan baik.

Ketika Anda berusaha sendiri, maka potensi yang bisa Anda capai sangat terbatas. Satu-satunya cara untuk menghilangkan batasan potensi tersebut adalah dengan berkolaborasi dan membantu orang lain untuk menjadi lebih baik. Ketika Anda mampu menciptakan lingkungan yang saling bekerja bersama untuk saling membantu dalam mencapai kesuksesan, maka Anda dapat meningkatkan kinerja maupun potensi diri Anda sendiri. Hal ini disebut sebagai virtuous cycle, yaitu sebuah perputaran masukan positif yang dapat membuat orang lain menjadi lebih baik sehingga sebagai gantinya dapat meningkatkan sumber daya, energi dan pengalaman Anda menjadi lebih baik lagi. Big potential atau potensi besar adalah suatu kesuksesan yang bisa Anda capai apabila Anda mampu berada dalam siklus virtuous tersebut.

Untuk bisa mencapai big potential, terdapat 5 tahap yang disebut sebagai SEEDS of big potential, yaitu Surround, Expand, Enhance, Defend, dan Sustain. Surround adalah ketika Anda mengelilingi diri Anda dengan sistem berisikan para influencer positif. Expand adalah ketika Anda memperluas kekuatan yang Anda miliki dengan cara membantu orang lain dari posisi Anda. Enhance adalah ketika Anda meningkatkan sumber daya Anda dengan menjadi penyebar pujian. Defend adalah ketika Anda melindungi sistem dari serangan negatif. Dan sustain adalah ketika Anda mempertahankan progres yang Anda lakukan dari 4 tahap sebelumnya dengan memicu terjadinya virtuous cycle.

Ekosistem potensi dan Virtuous Cycle

Untuk dapat mencapai potensi tertinggi yang dapat Anda capai, Anda memerlukan sistem pendukung yang dapat saling membantu dalam meningkatkan potensi setiap anggota di dalamnya. Ini dapat dilakukan dengan membangun ekosistem potensial. Ekosistem potensial adalah hubungan jaringan yang dapat menentukan tingkat keberhasilan dan hasil Anda yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari dampak apa yang dapat Anda berikan kepada orang-orang di sekitar dan juga pengaruh yang dapat mereka berikan kepada diri sendiri. Ketika Anda memiliki hubungan dalam komunitas atau jaringan dengan orang-orang positif, maka Anda juga akan dapat meningkatkan peluang untuk membuat diri Anda lebih positif. Kepribadian, kreativitas, energi, tingkat keterlibatan, curang, bahkan kinerja seseorang dapat diprediksi berdasarkan pada orang-orang di sekitarnya. Ketika seseorang terhubung dengan individu dengan potensi tinggi, itu dapat meningkatkan kemungkinan untuk orang itu untuk mencapai hasil potensial yang tinggi juga.

Bukan berarti Anda tidak boleh terlibat atau berkompetisi dengan orang lain. Ketika kompetisi dirancang dengan baik, maka tentunya akan dapat mengasah potensi Anda dan juga memberikan energi. Kompetisi yang produktif dan akan menjadi positif apabila dilakukan untuk membantu orang lain dan membukakan jalan. Tetapi kompetisi akan menjadi negatif ketika Anda melakukannya dengan harapan menjatuhkan orang lain agar Anda berhasil.

Hal ini dikarenakan ketika Anda terus membantu orang lain untuk menjadi sukses, maka Anda akan berada pada siklus Virtuous cycle. Siklus ini bagaikan spiral potensi yang menuju ke atas dimana dari setiap kesuksesan yang Anda capai, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak sumber daya yang dapat membantu Anda mencapai kesuksesan yang lebih tinggi. Siklus ini akan melipat gandakan hal-hal positif yang terjadi di sekitar Anda, membuat progres Anda di masa mendatang menjadi lebih mudah. Misalkan, ketika seorang pemimpin berbagi pujian yang didapat atas keberhasilan timnya yang didapatkan dari CEO dengan para anggota timnya, maka hal tersebut dapat meningkatkan semangat mereka dan membuat tim tersebut menghasilkan keberhasilan lebih besar lagi.

Maka dari itu, apapun posisi maupun jabatan Anda, Anda perlu mencari cara untuk bisa menciptakan virtuous cycles dengan menanamkan SEEDS of big potential dalam hidup dan pekerjaan Anda. Dengan menjalankan SEEDS maka Anda meningkatkan potensi Anda melewati batasan yang ada.