Back

Cara Terbaik untuk Memahami Orang Lain

Hanya ada satu cara untuk dapat memahami orang lain. Sebelum Anda mendapat jawabannya, silakan simak artikel ini hingga selesai. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengerti apa itu usaha untuk memahami orang lain.

Ada sebuah pepatah dalam buku The 7 Habits of Highly Effective People milik Stephen R. Covey. “Sebelum Anda bisa memakai sepatu orang lain, maka Anda harus melepas sepatu Anda terlebih dahulu.”

Makna dari pepatah di atas menjelaskan kepada Anda bahwa cara untuk memahami orang lain adalah dengan berada di posisi orang tersebut. Namun, hal ini tidak bisa diartikan secara gamblang.

Memosisikan diri di posisi orang lain, berarti Anda mau dan bersedia mendalami, serta merasakan apa yang dipikirkan atau dirasakan seseorang. Hingga pada akhirnya, Anda merasa hal itu juga terjadi pada Anda.

Apa Manfaat dari Memahami Orang lain?

Menurut Stephen R. Covey, memahami orang lain adalah kebiasaan yang nantinya akan membuat orang lain ikut bersedia memahami Anda. Kebiasaan ini disebut dengan Seek First to Understand, Then to Be Understood atau memahami lebih dahulu, baru dipahami.

Saat seseorang sudah memahami orang lain, maka rasa peduli dan ingin membantu akan timbul. Selain itu, hubungan yang terjalin di antara keduanya pun akan semakin erat. Bukankah ketiga hal itu sangat dibutuhkah oleh manusia untuk menjalani kehidupan sosial yang baik?

Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Memahami Orang Lain?

Untuk menjawab pertanyaan ini, cobalah untuk mengikuti instruksi berikut ini:

Bayangkan Anda adalah seorang penulis yang ingin memiliki sebuah laptop baru untuk bekerja. Kemudian, Anda pergi ke toko elektronik untuk membelinya. Setelah Anda sampai di sana, Anda pun menemui penjual dan mengatakan Anda ingin membeli sebuah laptop. Akan tetapi, sebelum Anda menjelaskan laptop seperti apa yang Anda butuhkan, sang penjual mengatakan bahwa dia sudah tahu seperti apa laptop yang Anda maksud.

Sang penjual pun memberikan laptop yang saat ini paling sering dicari oleh banyak orang. Laptop dengan spesifikasi mumpuni, cocok untuk mengedit gambar ataupun video. Anda pun mengatakan jika itu bukan laptop yang Anda inginkan. Sang penjual terus mengatakan bahwa Anda tidak akan kecewa jika membeli laptop itu karena semua orang memakai merek yang sama.

Saat Anda mengalami hal seperti di atas, apakah Anda akan kembali ke toko tersebut di mana sang penjual tidak mau memahami apa yang Anda butuhkan? Kemungkinan besar, Anda tidak akan kembali lagi ke sana.

Manusia cenderung ingin berbuat sesuatu layaknya seorang pahlawan, termasuk Anda. Hanya saja, jika Anda ingin membantu orang lain, namun tidak memahami masalah yang sebenarnya terjadi, orang tersebut berakhir dengan membenci Anda. Mereka menganggap Anda tidak mengerti atau memahami perasaan mereka.

Jika hal seperti ini terus saja Anda lakukan, bukan tidak mungkin orang-orang akan menjauhi Anda. Tidak ada orang yang mau berhubungan apalagi mau memahami Anda dengan baik. Hubungan sosial yang buruk akan mempengaruhi kehidupan Anda. Anda akan sering merasa tidak memiliki siapapun, kesepian, tertekan, hingga depresi.

Cara Terbaik untuk Memahami orang Lain

Sekarang, Anda sudah siap untuk mengetahui cara terbaik untuk memahami orang lain. Satu-satunya cara dengan mendengarkan mereka. Ya, mendengarkan adalah kunci utama untuk memahami seseorang. Anda perlu mendengarkan terlebih dahulu, baru kemudian berbicara.

Cobalah lihat sesuatu dari sudut pandang orang lain sebelum membagikan sudut pandang Anda sendiri. Nantinya, Anda akan membuka dan menemukan dunia pemahaman yang baru, hingga hubungan sosial kalian akan semakin baik dan erat.

Mencoba mendengarkan, artinya Anda berusaha melihat dari sudut pandang yang berbeda, hingga mampu memahami apa yang dirasakan orang lain. Melalui cara ini, seseorang akan merasa dihormati, dihargai, dan dipedulikan. Bukan kah Anda pun ingin mendapat perlakuan yang sama? Jika Anda mampu melakukannya, maka orang lain akan berusaha melalukan hal yang sama kepada Anda.

Anda dapat menunjukkan kepedulian hanya dengan meluangkan waktu untuk mendengarkan tanpa menghakimi atau memberikan nasihat. Cobalah sesekali untuk diam dan mendengarkan curahan hati seseorang. Tanpa Anda sadari, orang tersebut akan memberikan lebih banyak cerita atau informasi daripada yang pernah Anda bayangkan.

 Sekarang, Anda sudah tahu cara terbaik untuk memahami orang lain. Jadi, terapkan mulai dari sekarang ya.