Back

Cara Menjadikan Berjualan sebagai Hobi Agar Lebih Efektif

Tentu saja setiap orang memiliki hobi atau kegiatan yang menyenangkan untuk bekerja. Ketika Anda melakukan hobi Anda, apa yang Anda rasakan? Tentu, Anda merasa bahagia bahkan menjadi lebih berenergi dan ingin terus melakukannya, bukan? Begitu juga dalam berjualan, ketika Anda melakukan berjualan sebagai salah satu hobi Anda, Anda dapat melakukan proses berjualan dengan antusias seolah-olah Anda melakukan hobi Anda yang lain. Ketika Anda bersemangat, Anda akan menemukan berbagai peluang baru yang muncul dalam hidup Anda.

Ketika Anda berjualan seperti melakukan hobi, Anda dapat membuat proses berjualan menjadi tidak melelahkan atau membuat Anda stress. Karena hobi adalah sesuatu yang dapat membuat Anda bahagia, sehingga Anda dapat meningkatkan energi dan membantu Anda berpikir lebih kreatif. Selain itu, Anda akan termotivasi secara alami untuk berbagi informasi dan masukan dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama. Cobalah untuk mulai melihat pekerjaan Anda seperti hobi.

Berikut adalah 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk mulai melihat berjualan sebagai hobi:

  1. Berhentilah berpikir dengan berlebihan

    Berhentilah berpikir berlebihan. Ingat apa yang Anda rasakan ketika Anda fokus melakukan hobi Anda, apakah Anda berpikir tentang seberapa besar hobi memberi Anda kebahagiaan? Tentu saja tidak. Begitu juga dengan pekerjaan Anda, fokuslah pada pekerjaannya dan jangan terlalu memikirkan pekerjaan yang berlebihan sehingga Anda dapat menikmati prosesnya lebih banyak.

  2. Bertemu dengan orang-orang yang suka menjual

    Hobi menjadi menarik karena Anda akan bertemu orang lain yang juga memiliki antusiasme untuk hal yang sama. Energi positif yang dihasilkan oleh orang lain dapat meningkatkan antusiasme dalam diri Anda juga.

  3. Tetap menantang diri sendiri

    Biasanya orang cenderung memulai melakukan hobi dari proses pemula, kemudiandengan perlahan akan bergerak menuju tingkat lebih mahir. Begitu juga dalam kerja, Anda harus terus mendorong diri anda untuk berusaha mencapai sesuatu yang lebih tinggi dari posisi anda sekarang.

  4. Kembangkan keterampilan baru

    Untuk dapat menjaga diri anda agar tetap maju ke depan dan membuat progress, anda perlu menemukan teknik dan strategi baru dengan terus mengembangkan keterampilan yang anda miliki.

  5. Bermain

    Hobi adalah salah salah satu waktu bermain bagi orang dewasa. Maka dari itu, anda perlu bersenang-senang dalam bekerja, jangan takut untuk menjadi diri sendiri dan beranilah dalam mengambil peluang yang ada.

Latih keterampilan menjual yang Anda miliki sehingga bisa lebih dari satu pekerjaan. Meski begitu, tentu saja mengubah pola pikir Anda dalam penjualan menjadi hobi tidak cukup. Setiap hari Anda harus dapat memulai hari dengan pola pikir yang benar. Seorang penjual yang mampu berpikir seperti pengusaha dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar daripada penjual yang hanya menerima pesanan. Untuk itu, Anda perlu mengubah pola pikir yang Anda miliki sehingga bisa menjadi penjual yang lebih sukses.

Berikut adalah 4 pola pikir yang perlu Anda ubah untuk dapat menjadi penjual yang memiliki pola pikir yang lebih efektif:

  1. Menunggu kesuksesan datang

Keberhasilan perlu dikejar, tidak ditunggu-tunggu. Anda tidak dapat tetap diam dan tiba-tiba menjadi sukses, tentu saja membutuhkan kerja keras dan upaya besar. Salah satu contoh yang dapat Anda lakukan dalam mengejar kesuksesan adalah menjadi lebih proaktif dalam berjualan. Misalkan Anda adalah pelayan restoran, dibandingkan dengan hanya menunggu dan menerima pesanan, Anda dapat memberi tahu pembeli tentang menu khusus hari itu dan menjelaskannya dengan menarik.

  1. Menyerah saat menghadapi penolakan

Untuk dapat menjadi penjual yang sukses, Anda tidak boleh menyerah ketika menghadapi penolakan dari calon pembeli. Penjual yang efektif sudah memiliki jawaban yang disiapkan bahkan sebelum melakukan penjualan terhadap beragam penolakan yang mungkin disampaikan oleh calon pembeli.

  1. Tergantung sepenuhnya pada perusahaan pemasaran

Penjual yang sukses tahu bahwa mereka tidak bisa hanya bergantung pada perusahaan. Penjual tahu bahwa mereka juga harus menginvestasikan waktu dalam mempromosikan diri mereka secara positif sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli produk dan layanan yang ditawarkan.

  1. Mengeluh ketika perusahaan tidak memberi mereka peralatan yang dibutuhkan

Menjadi penjual yang sukses, Anda harus memahami bahwa Anda perlu berinvestasi atas kesuksesan Anda sendiri. Ini termasuk waktu investasi atau uang untuk meningkatkan keterampilan yang Anda miliki dengan menghadiri pelatihan, atau dalam membeli peralatan yang diperlukan untuk membantu Anda mencapai kesuksesan.

Itu adalah 4 mentalitas penting bagi Anda untuk berubah sehingga Anda bisa menjadi penjual yang efektif. Penjual yang sukses mampu melakukan banyak hal secara mandiri. Jika Anda merasa belum menjadi orang yang dapat menjual secara independen dan efektif, Anda dapat menerapkan 5 tips berikut untuk memulai.

  1. Jika perusahaan tidak menyediakan pekerjaan atau klien kepada Anda, maka Anda harus mulai menegosiasikan klien atau menemukan klien dari dalam perusahaan yang memerlukan kemampuan Anda.
  2. Anda harus mulai mengembangkan rencana penjualan yang Anda rancang sendiri
  3. Saat menghadapi hambatan atau kegagalan, jangan pernah menyalahkan orang lain atau mengeluh. Ingatlah bahwa Anda bertanggung jawab penuh atas kesuksesan Anda sendiri.
  4. Tetapkan jadwal Anda setiap hari, ini diperlukan agar hari-hari Anda berjalan lancar. Luangkan waktu Anda setiap hari untuk mengatur sebagian besar keputusan yang dapat membentuk hari Anda.
  5. Jika perusahaan tidak menyediakan uang untuk membeli peralatan baru, materi pemasaran, atau asisten, Anda dapat menemukan solusi alternatif untuk memenuhi kebutuhan ini.

Itulah 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai sebagai penjual yang lebih mandiri dan efektif. Ketika diterapkan, dapat menjadi lebih mudah untuk mencapai kesuksesan sebagai penjual.

Untuk menjadi penjual yang sukses, tentu saja anda juga harus memiliki kepercayaan diri terutama dalam berjualan. Ingatlah bahwa anda tidak hanya menjual produk atau jasa, tetapi juga image diri anda sendiri. Saat nilai anda di mata pembeli sudah positif, maka mereka akan lebih bersedia untuk membeli apa yang Anda tawarkan. Salah satu hal yang perlu Anda ubah ketika Anda tidak memenuhi target penjualan adalah membuat perubahan dalam sikap. Usahakan agar merasa bahagia saat melakukan pekerjaan Anda. Berikut adalah 7 hal yang dapat Anda coba tingkatkan suasana hati Anda sebelum bekerja:

  1. Mendengarkan rekaman hal-hal yang memotivasi selama perjalanan menuju tempat bekerja.
  2. Dengarkan musik yang dapat meningkatkan antusiasme Anda.
  3. mendengarkan sesuatu yang lucu, bisa itu di program radio pagi hari atau dalam rekaman komedi berdiri yang Anda sukai?
  4. Berolahraga setiap hari agar tubuh tetap fit.
  5. Makan makanan yang dapat membuat Anda lebih bersemangat dan hindari makanan yang mengurangi energi.
  6. Ubah sesuatu di lingkungan kerja Anda, serta untuk menulis meja kerja Anda
  7. Coba gaya rambut atau pakaian baru.

Terlepas dari 7 hal ini, Anda dapat mencari cara lain yang dapat meningkatkan mood dan hasrat Anda sebelum bekerja. Lakukan setiap hari sehingga Anda selalu bekerja dengan semangat tinggi.

Itulah apa saja yang dapat anda lakukan untuk menjadikan jualan sebagai hobi anda, dengan menerapkannya maka anda dapat menjadi penjual yang lebih efektif.