Back

Cara dan Manfaat Mencatat Progres Untuk Menjadi Penjual Sukses

Semua tentu memiliki beberapa keinginan dan tujuan dalam hidup. Ini membuat semua orang mencoba melakukan apa pun untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam perjalanan untuk mencapai tujuan, Anda perlu melacak atau merekam kemajuan yang Anda lakukan. Ini bergunantuk melihat apakah Anda benartelah melakukan perubahan atau tidak bergerak sama sekali ke tujuan Anda. Ada 4 cara yang dapat Anda gunakan dalam melacak kemajuan yang Anda lakukan, yaitu:

 4 cara yang dapat Anda harus lakukan untuk melacak kemajuan

  1. Checklist

Anda dapat menggunakan sistem checklist baik secara tahunan, bulanan, mingguan, dan harian untuk membuat Anda tetap melacak kesuksesan dan mengukur kemajuan yang Anda lakukan. Periksa daftar di setiap akhir periode untuk menentukan seberapa baik Anda melakukan tugas, lalu menetapkan tujuan yang lebih menantang untuk masa depan.

  1. Success journal

Buat catatan setiap hari atau jalankan buku harian Anda untuk mengetahui apa yang sedang berjalan tanpa masalah dan apa pun yang tidak berjalan dengan baik.

  1. Idea of the week book

Setiap minggu, catat ide dan pertimbangkan apakah idenya layak untuk diimplementasikan. Jika Anda pikir itu sepadan, maka lakukan dan tulis hasil yang Anda dapatkan.

  1. Lifetime achievement book

Dibandingkan dengan menulis laba atau kesalahan finansial, Anda dapat menulis prestasi dan hambatan yang Anda hadapi dalam perjalanan untuk mencapai tujuan. Seiring berjalannya waktu, catatan dapat menjadi ukuran kesuksesan Anda dan dapat membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Ingatlah bahwa jika Anda memiliki atau bahkan tidak memiliki atasan, Anda masih harus menjadi pemimpin untuk diri Anda sendiri dan dapat bertanggung jawab untuk mencapai target dengan waktu yang maksimal. Jaga tanggung jawab yang Anda miliki, jangan menyalahkan orang lain karena kegagalan yang Anda dapatkan. Anda bisa mendapatkan kesuksesan ketika berani Anda bertanggung jawab atas semua tindakan Anda.

Sebagian besar penjual akan menjadi lebih sukses ketika mereka memiliki motivasi eksternal atau hadiah untuk bekerja secara optimal. Begitu juga dengan Anda, berikan hadiah untuk diri Anda sendiri untuk meningkatkan tingkat efektivitas penjualan Anda.

Dorong kolega dan anggota keluarga untuk memberi hadiah untuk diri mereka sendiri ketika mereka mencapai tujuan tertentu. Selain dapat meningkatkan efektivitas penjualan, imbalan juga akan membuat tujuan mereka akan lebih signifikan.

Untuk meningkatkan motivasi Anda dalam mencapai tujuan, beri diri Anda hadiah yang direalisasikan.

Ketika Anda tahu apa yang Anda inginkan, ciptakan gambaran nyata dalam pikiran Anda tentang hal itu dengan 4 cara, yaitu:

  1. Tuliskan deskripsi dengan rinci tentang hadiah tersebut. bisa dalam bentuk mobil baru, pensiun awal, atau kemampuan untuk membantu anggota keluarga dan teman-teman yang kurang beruntung.
  2. Buat kolase hadiah. Buat koleksi potongan-potongan gambar yang mengingatkan Anda pada hadiah yang diinginkan kemudian pasang di pintu kulkas, papan poster, atau pintu ruang kerja Anda.
  3. Cobalah hadiahnya. Rasakan sedikit dari hadiah tersebut. Jika hadiah yang Anda inginkan adalah mobil baru, Anda dapat menguji drive. Jika hadiah yang diinginkan adalah ponsel baru, Anda dapat pergi ke toko ponsel dan mencoba jenis yang Anda inginkan.
  4. Berbagi visi. Beri tahu keluarga, seorang teman, atau seorang kolega tentang hadiah untuk kesuksesan. Selain dapat membuat gambaran nyata dalam pikiran yang lebih jelas, Anda juga dapat meningkatkan motivasi dalam mencapai tujuan.

3 manfaat mengulas rencana penjualan anda

Memiliki rencana penjualan dengan desain yang sempurna dan melaksanakannya dengan maksimum, tidak selalu menjamin kesuksesan. Terkadang, Anda dapat melewatkan sedikit goal yang ingin Anda capai. Apapun hasil akhir yang telah Anda capai kemudian, penting bagi Anda untuk meninjau rencana penjualan secara teratur untuk melihat dan penyesuaian apa yang diperlukan untuk dapat kembali sesuai dengan jalur.

Melihat kembali rencana penjualan, dapat dilakukan untuk mengakomodasi kekurangan yang tidak terduga dan kemungkinan memiliki peluang yang muncul.

3 manfaat yang bisa Anda dapatkan saat meninjau rencana penjualan Anda.

  1. Evaluasi kemajuan Anda

Pada awalnya, Andatelah menetapkan tujuan dan periode prestasi. Ketika periode berakhir, melihat ke tujuan, Anda dapat mengetahui apakah tujuan telah terpenuhi atau tidak.

  1. Perbaiki jika rute yang salah

Ketika tujuan tidak tercapai, itu bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama adalah karena tujuan dan periode waktu yang desain tidak realistis. Membangun rencana yang terlalu ambisius, sehingga tidak dapat memenuhi tenggat waktu. Jika ini terjadi, Anda dapat mengatasinya dengan memperpanjang tenggat waktu sehingga Anda dapat kembali ke rute yang benar. Kedua adalah rencana yang tidak sempurna. Anda membangun rencana yang terlalu ambisius sehingga Anda tidak bias memenuhi deadline. Anda tahu bahwa rencana itu tidak sempurna dan mencoba mendesain ulang atau membuat penyesuaian rencana. Hapus bagian dari rencana yang tidak berfungsi dengan baik. Perubahan kecil dalam perjalanan awal dapat membuat perubahan penting dalam hasil yang harus diperoleh.

  1. Bangun kesuksesan

Sukses tak terduga terkadang membuat Anda kewalahan dibandingkan dengan kegagalan. Misalnya, produk penjualan berhasil dan dijual di pasaran, tetapi setelah itu, persediaanmenipis dan tidak dapat memberikan produk dengan cepat untuk memenuhi permintaan pelanggan. Untuk alasan ini, harus dipersiapkan untuk dapat menghadapi segala situasi yang tak terduga

Ini lah cara dari mengulas rencana penjualan yang telah Anda lakukan. Saat menerapkannya, maka Anda akan menjadi lebih siap dalam melakukan penjualan secara efektif.