Back

7 Ide Pemasaran yang Murah Meriah untuk Usaha Kecil

Jika Anda ingin bisnis Anda berkembang, maka Anda harus menyisihkan waktu dan uang Anda untuk melakukan pemasaran. Tetapi, jika bisnis Anda tidak memiliki banyak uang, maka tidak mungkin Anda dapat menghabiskan uang untuk membuat iklan di koran, radio atau papan reklame. Namun, Anda tak perlu khawatir, Anda hanya perlu menemukan pemasaran yang murah meriah namun efektif untuk usaha kecil Anda.

7 Ide Pemasaran Berbiaya Rendah untuk Meningkatkan Pendapatan Bisnis Anda

Pemasaran dengan anggaran yang kecil bukan merupakan hal yang mustahil. Anda hanya perlu membuat strategi yang cocok untuk meningkatkan pendapatan usaha Anda. Berikut ini, tujuh ide pemasaran dengan biaya rendah yang bisa Anda coba untuk menaikkan pendapatan usaha kecil Anda.

1.   Media sosial

Ide pertama yang satu ini sangat mungkin dilakukan bagi pemilik usaha dengan modal kecil yang ingin melakukan pemasaran. Karena, hampir semua orang memiliki dan menggunakan media sosial, maka tak ada salahnya juga bagi Anda untuk menggunakan media sosial untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.

Anda bisa melakukan pemasaran di media sosial dengan membuat orang lain tahu eksistensi Anda. Misalnya, sering komen pada postingan yang berhubungan dengan produk atau layanan Anda, atau sering posting foto dan stories baru di beranda media sosial Anda.

Anda juga dapat mem-posting konten yang mendorong orang untuk membeli dari bisnis Anda. Anda dapat mem-posting foto produk baru, kode kupon, dan kontes online. Intinya, Anda harus membuat orang lain mengetahui eksistensi Anda dan produk atau layanan apa yang Anda jual.

Jika Anda memiliki sedikit dana atau modal, Anda bisa mengalokasikannya untuk promosi di akun bisnis media sosial. Karena, dengan menggunakan akun bisnis, Anda akan terlihat lebih profesional serta mendapatkan banyak konsumen potensial.

2.   Mencari Mitra Bisnis

Salah satu cara promosi yang akan membuat Anda mendapat banyak konsumen baru dan relasi baru adalah dengan memiliki mitra bisnis. Cobalah cari dan bekerja sama dengan bisnis lokal di sekitar Anda. Dengan bekerja sama, Anda dapat saling mempromosikan produk atau layanan masing-masing serta memberikan kupon ke bisnis lain.

Pastikan, Anda bekerja sama bukan dengan pesaing, carilah mitra yang masih dalam satu sektor tetapi tidak akan saling merugikan. Misalnya, Anda menjual sepatu, maka cobalah cari mitra yang menjual tas atau pakaian lainnya yang bisa Anda buat menjadi produk limited edition.

3.     Menggunakan Kendaraan Perusahaan sebagai Media Promosi

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi atau perusahaan yang sering Anda kendarai, Anda dapat menggunakannya sebagai media promosi. Misalnya, menampilkan full sticker di badan mobil tersebut untuk promosi bisnis Anda atau hanya menempelkan stiker logo di kaca kanan, kiri atau belakang mobil Anda.

4.     Meletakan Papan Tanda di Trotoar

Jika bisnis Anda terletak di jalan utama yang dilalui banyak pejalan kaki, tak ada salahnya untuk meletakkan tanda seperti logo atau ajakan datang di trotoar dekat bisnis Anda berdiri. Anda bisa mengumumkan menu baru atau promosi baru dari bisnis Anda di papan tanda tersebut.

5.     Memberikan Kupon

Cara lainnya untuk mendapatkan konsumen dengan murah meriah adalah dengan memberikan kupon. Pemberian kupon ini akan membuat banyak orang datang berkunjung karena ingin menikmati diskon atau produk gratis yang Anda tawarkan.

6.   Melakukan Pemasaran ke Pelanggan yang Ada

Cara ini memiliki tujuan untuk menjadikan konsumen yang telah mampir ke bisnis Anda menjadi pelanggan tetap. Misalnya dengan memberikan kupon atau berita terbaru tentang bisnis Anda yang akan menarik perhatian konsumen untuk berkunjung kembali.

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa meminta email atau nomor mereka untuk dikirimkan informasi atau promo terbaru dari bisnis Anda.

7.   Memasang Iklan di Situs web

Di era digital seperti ini menjadi keharusan bagi Anda untuk memiliki situs web sendiri. Adanya situs web ini nantinya akan memudahkan calon konsumen dalam mencari tahu informasi mengenai bisnis Anda. Untuk membuat situs web Anda berada di bagian paling atas di mesin pencari, Anda perlu meningkatkan SEO dari situs web Anda.

Pastikan web Anda memiliki informasi tentang bisnis Anda secara lengkap. Mulai dari lokasi, jam buka, dan informasi kontak Anda. Tak hanya itu, situs web Anda juga harus memiliki informasi dasar tentang produk atau layanan yang Anda jual. Selain itu, Anda mungkin juga bisa menambahkan testimonial pelanggan untuk menyaring banyak konsumen baru lagi.

Itulah tujuh ide promosi murah meriah yang bisa Anda terapkan pada bisnis kecil Anda. Banyak cara yang mudah serta murah yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda sehingga tetap efektif meningkatkan penjualan.

 

Citation:

https://www.forbes.com/sites/mikekappel/2018/02/23/inexpensive-marketing-ideas-for-small-businesses/?sh=2c3f9aaa353f

https://www.entrepreneur.com/article/327097