Back

7 Cara Membangun Kampanye Integrated Marketing

Kampanye pemasaran yang bagus tidak hanya terkenal di seluruh dunia. Namun, kampanye pemasaran tersebut haruslah melekat dalam memori orang yang pernah melihatnya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai tujuh cara membangun kampanye integrated marketing yang bisa terkenal dan melekat dalam memori orang yang melihatnya.

Apa itu Integrated Marketing Communication (IMC)?

Mungkin, Anda pernah melihat kampanye integrated marketing atau IMC di televisi atau media digital lainnya, namun belum menyadari jika pemasaran tersebut masuk ke dalam jenis pemasaran ini.

Komunikasi pemasaran terintegrasi atau integrated marketing communication adalah suatu cara pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan Anda secara bersamaan melalui sebuah kampanye yang strategis. Pemasaran ini dilakukan secara terintegrasi agar menyelaraskan pesan dari produk atau layanan Anda sehingga bisa tersampaikan dengan baik ke publik.

Kehadiran pemasaran terintegrasi ini telah mematahkan perbedaan yang harus ada dalam setiap media iklan. Di mana, biasanya model dan cara beriklan bisa berbeda-beda tergantung dari media yang digunakan. Namun, dengan adanya integrated marketing, produsen bisa membuat iklan yang terintegrasi antara beberapa media iklan.

7 Cara Membangun Kampanye Integrated Marketing

Sebenarnya, tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana cara untuk bisa membangun kampanye pemasaran yang sukses dikenal dan selalu melekat dalam memori pelanggan. Namun, Anda bisa menerapkan tujuh cara membangun kampanye integrated marketing berikut ini untuk mempromosikan produk Anda.

1.    Membuat Rencana Tujuan secara Detail

Buatlah rencana kampanye secara SMART yaitu, spesifik (specific), terukur (measurable), realistis (achievable), relevan (relevant) dan memiliki batas waktu yang jelas (time bound-goals). Saat Anda menggunakan metode ini, rencana Anda akan lebih jelas dan terarah. Sehingga, Anda lebih mudah untuk melaksanakan rencana tersebut.

Pastikan juga tujuan yang Anda buat dapat meningkatkan engagement, peluang bisnis hingga revenueatau pendapatan.

2.    Tentukan Marketing Channel yang Tepat

Untuk bisa membuat integrated marketing yang sukses, Anda perlu menentukan marketing channelyang tepat untuk bisnis Anda. Ada banyak marketing channel yang bisa Anda gunakan. Mulai dari iklan TV hingga media digital seperti media sosial, email  dan website.

Anda perlu memastikan kampanye integrated marketing yang Anda buat bisa digunakan pada berbagaimarketing channel yang ada. Sehingga, Anda bisa menjangkau audiens dengan lebih luas dan bisa menyampaikan pesan dari kampanye Anda dengan baik.

3.    Identifikasi Karakteristik Konsumen sesuai Marketing Channel

Setiap marketing channel memiliki karakteristik konsumen yang berbeda-beda. Sehingga Anda perlu menyesuaikan promosi yang Anda tawarkan dengan karakteristik konsumen pada marketing channel tersebut.

Mengidentifikasi karakteristik konsumen berdasarkan marketing channel adalah cara yang bijaksana untuk dapat mengetahui dengan siapa dan bagaimana cara Anda berbicara dengan konsumen. Karena, dengan mengetahui karakteristik konsumen dengan lebih baik, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen dengan lebih spesifik.

4.    Membuat Identitas Visual yang Konsisten

Pastikan identitas visual yang dimiliki oleh bisnis Anda konsisten. Di mana saat konsumen melihat logo atau desain visual lainnya dari bisnis Anda, mereka mengetahui itu adalah milik bisnis Anda.

Konsistensi identitas visual ini penting, karena dengan keseragaman desain logo, grafis, dan desain visual lainnya akan memperkuat branding bisnis Anda di mata konsumen.

5.    Membuat Konten dan Pesan yang Adaptif

Tahapan yang satu ini adalah saat copywriting, desain grafis dan pekerja kreatif lainnya bekerja sama untuk membuat konten serta pesan yang terintegrasi. Mereka perlu bekerja sama untuk menghasilkan konten yang terintegrasi dengan berbagai marketing channel.

Hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat konten ini adalah adaptivitas. Pastikan konten dan pesan yang dibuat oleh tim kreatif Anda bersifat kreatif. Di mana konten dan pesan tersebut bisa Anda gunakan untuk promosi dengan berbagai marketing channel, baik itu TV, radio, media cetak hingga media digital seperti media sosial, email dan lain-lain. 

6.    Meluncurkan dan Mengawasi Jalannya Kampanye

Setelah membuat kampanye yang sesuai dengan target konsumen, identitas visual dan tujuan Anda, langkah selanjutnya adalah meluncurkan kampanye tersebut. Anda juga perlu mengawasi jalannya kampanye. Mulai dari tingkat antusias, tanggapan masyarakat hingga apakah pesan dari kampanye tersampaikan dengan baik atau tidak.

7.    Pelajari Kekurangan dan Keberhasilan dari Kampanye

Setelah meluncurkan kampanye integrated marketing, Anda bisa mulai pelajari kekurangan dan keberhasilan apa saja yang Anda dapatkan dari kampanye tersebut.

Pahami setiap komponen yang dibutuhkan dalam membuat kampanye integrated marketing, lalu terapkan pada kampanye yang akan Anda buat selanjutnya.

Itulah tahapan membangun kampanye integrated marketing yang sesuai dengan produk atau layanan Anda. Jika Anda menerapkan tujuh cara membangun kampanye integrated marketing di atas, maka Anda akan berhasil membuat kampanye yang dikenal publik dan melekat dalam memori konsumen.

 

Cititation:

https://blog.hubspot.com/marketing/integrated-marketing

https://www.cio.com/article/2377257/online-marketing-7-ways-to-create-a-successful-integrated-marketing-campaign.html