Back

7 Alasan Menggunakan Digital marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut dunia bisnis untuk mengikutinya. Untuk bisa bertahan dalam dunia bisnis, Anda perlu memanfaatkan teknologi dalam semua kegiatan berbisnis. Salah satunya adalah dalam melakukan promosi untuk mengembangkan bisnis.

Digital marketing merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Pada artikel ini, kami akan membahas tujuh alasan kenapa Anda harus menggunakan digital marketing guna mengembangkan bisnis Anda.

 

Apa itu Digital marketing?

Digital marketing atau pemasaran online adalah promosi yang dilakukan kepada konsumen melalui internet atau media digital lainnya. Media digital yang digunakan untuk promosi ini beragam, mulai dari email, media sosial, iklan berbasis web hingga pesan teks maupun media pada berbagai saluran pemasaran.

 

7 Alasan Digital marketing Penting untuk Mengembangkan Bisnis Kecil

Dunia yang telah serba digital membuat bisnis juga menggunakannya untuk promosi. Digital marketing sudah menjadi keharusan yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk dapat bertahan pada era modern ini, baik bisnis kecil maupun bisnis besar. Berikut ini tujuh alasan kenapa Anda harus menggunakan digital marketing untuk mengembangkan bisnis.

1.     Memiliki Jangkauan yang luas

Hal pertama yang paling menguntungkan dari menggunakan digital marketing adalah memiliki jangkauan yang luas. Karena, memperluas bisnis Anda ke lokasi geografis baru menggunakan strategi pemasaran tradisional adalah hal yang melelahkan dan memakan waktu.

Oleh karena itu, menggunakan digital marketing dapat memudahkan Anda serta mengurangi waktu yang diperlukan.

Jika Anda menerapkan rencana pemasaran digital yang sesuai, maka Anda dapat dengan mudah memperluas bisnis ke area dan lokasi baru tanpa hambatan batas wilayah. Anda juga bisa mengatur pemasaran digital dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Sehingga, Anda bisa menargetkan jenis audiens yang sesuai dengan bisnis Anda tanpa kesulitan.

2.     Dapat Berekspansi ke Luar Negeri dan Masuk Pasar Global

Memiliki jangkauan bisnis yang luas juga akan mempermudah Anda untuk masuk ke pasar global. Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat lebih mudah menjangkau konsumen dari berbagai negara.

Jika membandingkan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat iklan di berbagai negara dengan menggunakan digital marketing, tentunya pemasaran digital ini akan lebih menguntungkan. Kemampuan kampanye pemasaran digital untuk bisa menargetkan konsumen dari berbagai geografis juga sangat berharga.

3.     Membangun Nama Brand

Untuk bisa membuat nama brand Anda terkenal, Anda perlu menjaga reputasi brand dengan membuktikan kualitas dan janji yang ada pada brand Anda. Karena, mendapatkan kepercayaan dari konsumen akan membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih baik dengan konsumen.

Menurut Safari SEO Agency, kesadaran akan brand atau  awareness of the brand merupakan salah satu elemen terkuat namun sering diabaikan dari kampanye pemasaran digital yang sukses. Untuk meningkatkan brand awareness ini, Anda dapat melakukannya dengan memiliki logo yang unik, memiliki tagline atau slogan yang dapat menggambarkan brand Anda profesional serta bisa diandalkan.

4.     Mendapatkan Revenue yang Lebih Baik

Rencana pemasaran digital yang efektif akan menghasilkan jumlah konsumen yang tinggi ke situs web atau media sosial Anda. Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengubah kunjungan konsumen tersebut menjadi konsumen tetap dengan melakukan email marketing dan strategi media sosial yang efektif.

Semakin banyak orang yang mengenal tentang bisnis Anda akan semakin baik. Karena, hal tersebut akan meningkatkan kemungkinan produk atau jasa Anda akan terjual serta akan meningkatkan pendapatan atau revenue dari bisnis Anda.

5.     Biaya Digital Marketing Lebih Terjangkau

Biasanya, bisnis kecil hingga menengah tidak memiliki modal yang cukup besar untuk bisa memasarkan produk dan jasanya melalui iklan TV, media cetak hingga billboard yang terkenal dengan biaya yang mahal.

Maka daripada itu, kehadiran digital marketing menjadi sebuah kesempatan besar untuk memasarkan produk atau jasa Anda dengan biaya yang terjangkau. Tak hanya memiliki biaya yang lebih kecil, pemasaran secara digital juga dapat menjangkau audiens yang sesuai dengan target bisnis Anda dalam jangkauan yang lebih luas.

6.     Meningkatkan Engagement dengan Konsumen

Digital marketing memungkinkan Anda untuk dapat melibatkan atau engagement dengan audiens yang seusai dengan target Anda. Sehingga, Anda dapat secara bertahap mengenal mereka dan apa yang mereka harapkan untuk ditemukan.

Anda bisa mulai mendekatkan diri dengan audiens melalui media sosial atau situs web Anda dengan melakukan percakapan atau survei guna mengenal mereka lebih jauh. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan komentar dan tanggapan mereka pada postingan Anda.

Dengan berinteraksi dengan audiens secara digital, Anda dapat mulai mengetahui apa yang mereka cari dan butuhkan. Daripada mencoba menebaknya, pemasaran digital memiliki kemungkinan yang lebih tinggi bagi Anda untuk mencari tahu siapa konsumen Anda sebenarnya.

7.     Meningkatkan ROI

Digital marketing juga dapat membantu meningkatkan ROI Anda. Semakin banyak lalu lintas atau traffic yang Anda dapatkan ke situs web Anda, semakin tinggi kemungkinan seseorang akan melakukan pembelian dan berinvestasi pada apa yang ditawarkan bisnis Anda.

Strategi digital marketing yang sangat mudah untuk dipantau dan dihitung membuat Anda dapat dengan mudah pula mengukur hasil aktual untuk mengetahui dampaknya terhadap bisnis Anda. Hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus arus lalu lintas yang berkelanjutan pada situs web Anda.

Itulah tujuh alasan yang perlu Anda pertimbangkan dalam menggunakan digital marketing. Dengan melakukan digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, maka mengembangkan bisnis Anda untuk menjadi lebih besar dan sukses bukanlah hal yang sulit. Karena, digital marketing dapat membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelanggan baru serta menawarkan produk dan jasa dengan mudah dalam jangkauan yang luas.

 

Referensi:

https://www.velocityconsultancy.com/how-digital-marketing-helps-to-boost-business-growth/

https://www.smallbizdaily.com/how-digital-marketing-helps-to-grow-your-business/

https://digitalmarketinginstitute.com/blog/why-digital-marketing-is-important-for-small-business