Back

6 Tips Untuk Dapat Berbaur Ke Dalam Lingkungan Kerja Baru

Anda baru pertama kali bekerja? Atau baru pindah tempat kerja? Tentunya cukup menegangkan terutama jika Anda baru akan bekerja untuk pertama kalinya. Tetapi tidak perlu khawatir, yakinlah bahwa Anda mampu berbaur dengan rekan-rekan kerja Anda nantinya. Tidak usah mengkhawatirkan tentang apakah rekan-rekan Anda sudah memiliki lingkaran pertemanan masing-masing, karena Anda masih bisa masuk dan bergabung dengan mereka terutama jika Anda menerapkan 6 tips yang akan disampaikan di artikel ini.

 

Tips Pertama

Meninggalkan kesan pertama yang positif.

Tentunya Anda ingin meninggalkan kesan pertama yang positif mengenai diri Anda di perusahaan. Ini mudah sekali Anda lakukan, salah satunya adalah dengan datang lebih awal di hari pertama Anda bekerja. Dengan datang lebih awal, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menjalani hari dan tugas Anda nantinya. Selain itu, Anda juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyapa dan berkenalan dengan rekan-rekan kerja. Setelah hari pertama datang tepat waktu, pastikan hal tersebut anda pertahankan.

Jangan lupa untuk mengingat nama rekan-rekan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dan memperhatikan ketika berkenalan tadi. Tetapi jika Anda adalah tipe orang yang sulit menghafal wajah dan nama orang, Anda juga tidak perlu khawatir. Menanyakan kembali nama rekan bukan suatu perbuatan yang salah. Ketika rekan Anda memberitahu nama mereka kembali, Anda ulangi nama tersebut secara vokal. Ini akan mengurangi kemungkinan Anda lupa dengan nama rekan tersebut. Jika kantor Anda memiliki orang yang sangat banyak, akan sangat wajar bagi Anda untuk tidak langsung mengingat nama semua orang. Jadi tidak usah khawatir dan jangan terlalu menyalahkan diri sendiri ketika Anda lupa. Tanyakan kembali dan semua akan baik-baik saja.

 

Tips Kedua

Ramah 

Senyum adalah gesture paling sederhana dan mudah Anda lakukan kepada orang lain. Dengan murah senyum Anda akan terlihat ramah dan terbuka. Karena, rekan-rekan Anda akan lebih nyaman dan cenderung memilih untuk bersama orang yang ramah dan juga bersikap positif.

Jangan takut atau overthinking dengan pikiran-pikiran negatif bahwa rekan Anda tidak mau berhubungan dengan Anda, atau memiliki pendapat yang aneh-aneh tentang Anda. Apalagi jika Anda belum mencoba. Singkirkan pikiran-pikiran itu dan ubahlah mindset Anda menjadi positif. Yakinlah dengan diri Anda sendiri dan sapalah rekan Anda. Orang akan membalas senyuman dan keramahan Anda. Jika rekan Anda berbuat baik kepada Anda, atau mengajak Anda untuk bergabung, berikan mereka apresiasi.

 

Tips Ketiga

Observasi dan Ikuti

Mungkin Anda bukan jenis orang yang mampu langsung berbaur dengan rekan secara natural, atau mungkin Anda orang yang introvert dan pemalu. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengamati lingkungan dan bagaimana rekan-rekan Anda berinteraksi dengan satu sama lain. Perhatikan hal-hal positif apa saja yang dapat Anda tiru dan jadikan pedoman tentang apa saja yang bisa Anda lakukan serta apa saja yang perlu dihindari.

Jangan lupa dengan nada dan volume suara Anda. Ada saat di mana Anda perlu berbisik atau berbicara dengan pelan, dan ada juga saat di mana Anda perlu berbicara dengan lantang. Perhatikan sekitar dan ikuti volume suara rekan-rekan Anda. Meskipun begitu Anda tidak perlu berbohong atau berpura-pura menjadi orang lain. Tetaplah menjadi diri Anda sendiri

 

Tips Keempat

Luangkan waktu bersama rekan Anda

Ketika rekan Anda mengajak Anda mengobrol saat waktu istirahat atau mengajak makan siang bersama, ada baiknya bagi Anda untuk ikut serta. Dengan meluangkan waktu bersama lebih banyak, Anda akan menjadi lebih akrab dan mengenal satu sama lain lebih dalam. Saat istirahat dan makan siang adalah saat yang tepat untuk mengobrol mengenai hal-hal ringan yang tidak dapat dibicarakan saat sedang bekerja. Dengan bercengkerama ringan ini, Anda akan perlahan-lahan semakin akrab dengan rekan-rekan Anda dan untuk selanjutnya dapat mempermudah Anda untuk bisa membuka percakapan dengan mereka di kemudian hari.

Anda juga tidak perlu ragu atau takut untuk menjadi orang pertama yang mengajak rekan Anda berbicara atau makan bersama. Terkadang Anda perlu memiliki inisiatif untuk mengajak terlebih dahulu. Rekan Anda akan merasa bahwa Anda juga senang dan antusias ingin berteman dengan mereka dan tidak hanya ikut karena diajak saja.

 

Tips Kelima

Bersikap sopan

Jagalah sopan santun Anda pada semua orang. Tidak hanya pada atasan atau rekan kerja Anda, tetapi juga dengan orang-orang yang mungkin posisi jabatannya di bawah Anda. Tetaplah sopan dengan semua orang dan mereka juga akan menghormati Anda. Seperti kalimat ‘perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan’. Terapkan lah dan Anda akan disegani dan disenangi orang lain.

Salah satu cara paling mudah bagi Anda untuk menunjukkan dan menghargai orang lain adalah menjadi pendengar yang baik. Jenis mendengarkan yang paling efektif dan paling baik adalah mendengarkan dengan aktif. Mendengarkan dengan aktif adalah mendengarkan apa yang lawan bicara Anda ucapkan dengan perhatian penuh. Tunjukan bahwa Anda fokus dan tertarik dengan apa yang dibahas. Mendengarkan dengan aktif juga berarti Anda tidak memotong pembicaraan rekan Anda. Dengan melakukan ini, rekan Anda akan merasa dihargai dan ketika Anda berbicara, mereka akan melakukan hal yang sama pada Anda.

 

Tips Keenam

Tidak Mengeluh 

Baru saja Anda masuk kantor atau baru pindah tempat kerja, tetapi Anda sudah menemukan hal-hal yang menyebalkan. Bisa saja itu pekerjaan Anda yang terlalu sulit atau terlalu banyak, atau rekan yang ternyata menyebalkan. Atau mungkin atasan Anda yang terlalu galak atau tidak menyenangkan. Perasaan kesal atau lelah yang muncul adalah hal yang manusiawi dan wajar. Akan tetapi, janganlah Anda mengeluhkannya, apalagi ke media sosial. Simpan semua keluhan Anda dan ganti cara pandang Anda. Abaikan segala hal negatif tersebut dan lihatlah sisi positif yang Anda dapatkan di sekitar Anda. Mengeluarkan keluhan Anda ke orang lain atau terutama ke media sosial adalah perbuatan yang tidak profesional. Terutama jika Anda adalah orang yang baru masuk ke dalam perusahaan.

Jika diperlukan, Anda bisa mengatasi rekan kerja yang menyebalkan dengan mencoba memahami mereka terlebih dahulu. Dengarkan apa yang mereka utarakan dan coba memahami apa yang ingin disampaikan. Jika ada sesuatu yang kurang jelas atau Anda tidak pahami, tanyakan kembali kepada rekan Anda untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahpahaman. Ketika Anda melakukan ini, rekan Anda akan merasa bahwa Anda peduli dan mereka akan lebih menghargai Anda.

Itulah 6 tips yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah anda berbaur dengan lingkungan kerja yang baru.

 

Citation

Janasz, S. C., Dowd, K. O., & Schneider, B. Z. (2002). Interpersonal skills in organization. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.